Evaluation of Key Performance Indicators (KPI) in the Framework of Balanced Scorecard (BSC) as an Effort to Achieve Center of Excellence Vocational School in Sidoarjo
Evaluasi Key Performance Indicator (KPI) dalam Rerangka Balanced Scorecard (BSC) sebagai Upaya Mencapai SMK Pusat Keunggulan di Sidoarjo
DOI:
https://doi.org/10.21070/ups.6942Keywords:
SMK Pusat Keunggulan, Key Performance Indicator, Teaching Factory, Balance Scorecard, SMK Center Of Excellent, Kurikulum Merdeka, link and match 8 iAbstract
SMKN 1 Sidoarjo adalah salah satu SMK di Indonesia yang mendapatkan program bantuan SMK Pusat Keunggulan dari Kemendikbudristek mulai dari SMK COE 2020 hingga SMK PK SPD lanjutan tahun 2023. Dengan program bantuan ini diharapkan SMKN 1 Sidoarjo dapat ditetapkan sebagai SMK Pusat Keunggulan yang mampu meningkatkan kolaborasi yang terukur nyata dengan dunia kerja dalam membangun SMK berkualitas baik sehingga menjadi mercusuar kinerja dan pusat belajar SMK lain. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengevaluasi kinerja SMKN 1 Sidoarjo sebagai Lembaga Pendidikan sekolah menengah kejuruan yang menghasilkan lulusan SMK berkarakter Pelajar Pancasila dan Bekerja, melanjutkan studi , dan berwirausaha. Melalui Key Performa Indikator yang disusun, diharapkan SMKN 1 Sidoarjo mampu mengontrol keberhasilan proses Pendidikan yang di telah disusun dalam tujuan rencana pengembangan SMK sesuai 8 Standar Nasional Pendidikan.
Downloads
References
A. Arika, M. S. Nawir, A. Ubaidillah, M. Yusuf, en Z. Zulihi, “Strategi Implementasi Program CoE (Center of Excellence) pada Kompetensi Keahlian Teknik Instalasi Tenaga Listrik”, Cetta J. Ilmu Pendidik., vol 6, no 2, bll 288–305, 2023, doi: 10.37329/cetta.v6i2.2379.
A. Dwi et al., “Mencetak Sdm Terampil Dan Berkarakter Melalui Implementasi Model Ipjbl Pada Pendidikan Vokasi Di Era Industri 4.0”, 2016.
J. S. Akyuwen, R. Kempa, en S. Rumfot, “Peran Kepala Sekolah dalam Pengembangan Teaching Factory (TEFA) pada SMK Pusat Keunggulan yang Ada di Kota Ambon”, EDUKASIA J. Pendidik. dan Pembelajaran, vol 4, no 2, bll 1145–1154, 2023, [Online]. Available at: https://jurnaledukasia.org/index.php/edukasia/article/view/407
M. Fahmi, J. Syah, en C. Suyatmini, “Evaluasi Pelaksanaan Teaching Factory”, vol 12, no 2, bll 203–215, 2020.
Ley 25.632, “済無No Title No Title No Title”, bll 1–11, 2002.
O. Arifudin, A. Mayasari, en U. Ulfah, “Implementasi Balanced Scorecard dalam Mewujudkan Pendidikan Tinggi World Class”, Edumaspul J. Pendidik., vol 5, no 2, bll 767–775, 2021, doi: 10.33487/edumaspul.v5i2.2333.
P. S. Akuntansi, F. Ekonomi, U. Bhayangkara, en J. Raya, “ANALISIS PENERAPAN METODE BALANCE SCORECARD DALAM MENGUKUR KINERJA PT . KENCANA PESAKA ABADI”, vol 19, no 2, bll 114–125, 2023.
L. F. Viera Valencia en D. Garcia Giraldo, “済無No Title No Title No Title”, Angew. Chemie Int. Ed. 6(11), 951–952., vol 2, 2019.
E. Rosyifa, “Optimalisasi Key Performance Indicators ( KPI ) Melalui Pendekatan Balance Scorecard Upaya Mengimplementasikan Performance Management System ( PMS ) Pada Perguruan Tinggi Untung Rahardja Muhamad Yusup empat perspektif yaitu perspektif finansial , perspekt”, 2012.
D. Sekolah, M. Kejuruan, D. Jenderal, P. Vokasi, en K. Pendidikan, “Mengapa Tefa ?”, 2023.
Downloads
Additional Files
Posted
License
Copyright (c) 2025 UMSIDA Preprints Server

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
