Preprint has been published in a journal as an article
DOI of the published article https://doi.org/10.61796/ijeirc.v1i10.222
Preprint / Version 1

Analysis of E-Promotion, Product Quality, and Product Innovation on Somethinc Product Purchase Decisions (Case Study of Somethincofficial Consumers Or Instagram Followers)


Analisis E-Promotion, Product Quality, dan Product Innovation terhadap Keputusan Pembelian Produk Somethinc (Studi Kasus Pada Konsumen Atau Followers Instagram somethincofficial)

##article.authors##

DOI:

https://doi.org/10.21070/ups.6908

Keywords:

E-Promotion, Product Quality, Product Innovation, Purchase Decisions

Abstract

The purpose of this research is to determine e-promotion, product quality and product innovation on purchasing decisions for somethinc products (Case Study of Somethincofficial Consumers or Instagram Followers). Using a quantitative approach, this approach uses quantitative data to analyze a particular phenomenon, event or problem. Sampling was taken using non-technical probability sampling using a purposive sampling method, the number of samples was 103 consumers or followers of the somethincofficial Instagram account. The data analysis technique uses the Partial Least Square Approach (PLS) using SmartPLS software. The research results include: E-Promotion has a significant positive effect on purchasing decisions, Product quality has a significant positive effect on purchasing decisions, and Prudcut Innovation has a not significant effect on purchasing decisions.

Downloads

Download data is not yet available.

References

S. Ismayana and N. Hayati, “Pengaruh Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Produk Lipstik Pixy,”J. Sains Manaj. akunt., jilid. VIII, tidak. 2, hlm. 1–10, 2018.

M. Isna Khoniatur Rohmah, “Pengaruh Harga, Brand Image Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Pada Produk Somethinc,”Memilih. Gubernur J. Tata Kelola Pemilu Indonesia., jilid. 12, tidak. 2, hal. 6, 2020.

R. Desty Wulandari and D. Alananto Iskandar, “Pengaruh Citra Merek Dan Kalitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Pada Produk Kosmetik,”J.Ris. Manaj. dan Bisnis Fak. Ekon. UNIAT, jilid. 3, tidak. 1, hal. 11–18, 2018.

S. Ernawati, “Pengaruh Gaya Hidup dan Motivasi Terhadap Keputusan Pembelian Produk Somethinc di Kota Bima,”Ekon. Keuangan, Investasi dan Syariah, jilid. 4, tidak. 2, hal.556– 560, 2022, doi: 10.47065/ekuitas.v4i2.1602.

A. Nabilaturrahmah and S. Siregar, “Pengaruh Viral Marketing, Brand Image, dan e-WOM terhadap Minat Beli Produk Somethinc pada Followers Instagram @somethincofficial,”J.Ilm. Wahana Pendidik., jilid. 8, tidak. 7, hlm. 41–49, 2022, doi: 10.5281/zenodo.6534500.

RN Anwar dan WA Wardani, “Pengaruh electronic word ofmouth dan country of origin terhadap keputusan pembelian produk skincare lokal serum wajahSesuatu, ”Nilai Wajar J. Ilm. akunt. …, jilid. 5, tidak. 12, hlm. 1–9, 2023.

R. Rahmawaty, “Pengaruh Ulasan Pelanggan, Influencer, dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Serum Somethinc Pada E-Commerce Shopee,”J. Pengusaha Muda., jilid. 3, tidak. 1, hal. 71–90, 2024.

DI Hawkins dan DL Mothersbaugh,Perilaku konsumen: Membangun strategi pemasaran. 2016.

D. Ayu Rara Sukmawati, M. Mathori, A. Marzuki, and S. Widya Wiwaha, “Pengaruh Promosi, Harga, Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Produk Skincare Somethinc (Studi pada Konsumen di Daerah Istimewa Yogyakarta),” 2022.

FLSP Kristyani dan Jatmiko, “Pengaruh Electronic Word of Mouth dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Produk Luxcrime,”J.Ilm. Wahana Pendidik., jilid. 9, tidak. 8, hlm.187–198, 2023.

F. Indriani, Muhammad Yani, dan Mas Oetarjo, “Dampak Strategi Promosi Digital, Kualitas Pelayanan dan Word of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Studi Pada Lesehan Citra,”El-Mal J. Kaji. Ekon. Bisnis Islam, jilid. 5, tidak. 5, hal.3954–3971, 2024, doi: 10.47467/elmal.v5i5.2199.

Askar Khalid, “Pengaruh E-Promotion Dan User Interface Terhadap Keputusan Pembelian Di Tokopedia (Studi Kasus Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Islam Malang),”Aplikasi. Mikrobiol. Bioteknologi., jilid. 85, tidak. 1, hal. 2071–2079, 2021.

OA Lidiastuty, “Pengaruh E-Promotion, Harga, Dan Packagung Terhadap Niat Pembelian Produk Make Up YOU (Studi Kasus di Wilayah Kabupaten Rembang),” 2020.

Muhammad Edy Supriyadi, “Pengaruh Citra Merek, Kualitas Produk, Dan Kemasan Produk Terhadap Minat Beli Produk Skincare Somethinc,”J.Ekon. dan Manaj., jilid. 2, tidak. 2, hal.135–149, 2023, doi: 10.56127/jekma.v2i2.742.

MF Andrian, L. Indayani, and M. Yani, “Analisis kualitas Produk, Variasi Produk, dan Suasana Toko Terhadap Minat Beli Ulang Pada Konsumen Mie Gacoan Krian Sidoarjo,”J.Ekon. Akun Bisnis., jilid. 7, tidak. 3, hal. 4621–4638, 2024, doi: 10.31539/costing.v7i3.8996.

PR Juli, IN Suardhika, and GY Hendrawan, “Pengaruh Inovasi Produk , Kualitas Produk Dan Digital Marketing Terhadap Keputusan Pembelian Pada Angelo Store Ubud Bali,”J.Nilai, jilid. 2, tidak. 2, hal.373–385, 2021.

R. Indriani, D. Fitria, and Fatihatunnisa, “Pengaruh Inovasi Produk Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Pada Konsumen Wardah Toko Lova Kota Bengkulu),”Akuntansi, Manaj. Dan Ekon. Islam, jilid. 6, tidak. 1, hal.74–86, 2023.

S. Rahayu, S. Restuti, dan T. Taufiqurrahman, “Pengaruh Gaya Hidup, Inovasi Produk dan Citra Merek Terhadap Kepuasan Konsumen Melalui Keputusan Pembelian Skincare Wardah di Kota Pekanbaru,”MOTEKAR J. Multidisiplin Teknol. dan Arsit., jilid. 1, tidak. 2, hal.329–340, 2023, doi: 10.57235/motekar.v1i2.1185.

FMASR Hadya, “Pengaruh Kualitas Dan Harga Produk Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Toko Nazurah Hijab Di Kubang Tungkek Kabupaten Lima Puluh Kota,”Sains (80-. )., jilid. 7, tidak. 1, hlm. 1–8, 2022.

I. Ayu Chandra Lestari, P. Manajemen, F. Ekonomi, dan B. dan Pariwisata,“Pengaruh Penggunaan Celebrity Endorser dan Online Consumer Review Terhadap Minat Beli Konsumen Pada Make Up Artist Kadek Bali Wedding di Kabupaten Gianyar,” 2023.

SL Prastowo, EM Djaenudin, dan NV Apiyanti, “Pengaruh e-Promotion, Pelayanan, Kemudahan, e-WOM Terhadap Keputusan Pembelian, melalui Perilaku Konsumen di Marketplace Lazada,”J. Ecodemica J. Ekon. Manaj. dan Bisnis, jilid. 7, tidak. 1, hal. 130– 141, 2023, doi: 10.31294/eco.v7i1.15241.

GA Philip Kotler, “Prinsip Pemasaran, Edisi ke-16,” hlm.1–62, 2016.

N. Bachri, S. Biby, F. Ekonomi, dan U. Malikussaleh, “Jurnal Bisnis dan Kajian Strategi Manajemen Green Marketing Dan Keputusan Pembelian Produk Tupperware Jurnal Bisnis dan Kajian Strategi Manajemen,” vol. 7, hlm.109–125, 2023.

EP Kusumah, R. Huriyati, dan PD Dirgantari, “E-Promosi dalam Keputusan Pembelian Pelanggan 'Kopi Kenangan',”Proses. Gumpalan ke-5. Konf. Bisnis, Manajer. pengusaha. (GCBME 2020), jilid. 187, tidak. Gcbme 2020, hlm. 407–410, 2021, doi: 10.2991/aebmr.k.210831.081.

AS Pramudita dan RE Agustia, “E-Service Quality dan E-Promotion Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen pada Website Traveloka.com,”Kompetitif, jilid. 15, tidak. 2, hal. 106–114, 2020, doi: 10.36618/competitive.v15i2.961.

R. Rahmadhani and AE Prihatini, “Pengaruh Electronic Word Of Mouth dan Perceived Risk Terhadap Keputusan Pembelian Pada Konsumen Tokopedia,”J.Adm.dan Bisnis, jilid. 8, hlm. 23–30, 2019.

U. Hasdiana,Metode Penelitian Kuantitatif, jilid. 11, tidak. 1.2018.

WL Space, “Metode Penelitian untuk Bisnis: Pendekatan Pengembangan Keterampilan,”Kepemimpinan. Organ. Dev. J., jilid. 34, tidak. 7, hal.700–701, 2013, doi: 10.1108/lodj-06-2013-0079.

D. Sari, M. Yani, L. Indayani, dan D. Chabibah, “Peran Inovasi Produk dan Orientasi Kewirausahaan Terhadap Kinerja Pemasaran Melalui Keunggulan Kompetitif,” 2022, doi: 10.4108/eai.10-8-2022.2320835.

S.Singh, R.Kaur, dan LP Dana,Pemodelan persamaan struktural kuadrat terkecil parsial. 2024. doi: 10.1201/9781032725581-7.

Posted

2025-01-10