The impact of Price, Location and Promotion on Consumer Purchase Interest at Zack & Nad Cafe in Sidoarjo
Pengaruh Harga, Lokasi dan Promosi Terhadap Minat Beli Konsumen Pada Zack & Nad Cafe di Sidoarjo
DOI:
https://doi.org/10.21070/ups.6684Keywords:
Price, Location, Promotion, Customer Purchase InterestAbstract
Developments in the world of marketing are currently experiencing very significant changes. This makes competition in various fields increasingly competitive to attract as many consumers as possible. This makes Zack and Nad Cafe implement a marketing strategy to attract buyers' interest. The aim of this research is to partially determine the influence of price, location and promotion on consumer purchasing interest in Zack and Nad Cafe. The quantitative method was chosen as the research method with the number of respondents being 100 consumers who had purchased and visited Zack and Nad Café. Non-probability sampling was chosen as the sampling method using a purposive sampling technique. The data collection technique in this research used a questionnaire using a Likert scale which was then analyzed using multiple linear regression analysis techniques. From the results of the hypothesis test, it can be concluded that partially price has a positive and significant effect on consumer buying interest. Location has a positive and significant effect on consumer buying interest. And promotions have a positive and significant effect on consumer buying interest.
Perkembangan di dunia pemasaran saat ini mengalami perubahaan yang sangat signifikan. Hal ini membuat persaingan diberbagai bidang semakin bersaing menarik konsumen sebanyak-banyaknya. Hal tersebut membuat Zack and Nad Cafe melakukan strategi pemasaran agar dapat menarik minat pembeli. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui secara parsial pengaruh harga, lokasi dan promosi terhadap minat beli konsumen Zack and Nad Cafe. Metode kuantitatif dipilih sebagai metode penelitian dengan jumlah responden 100 konsumen yang pernah membeli dan mengunjungi Zack and Nad Café. Non probability sampling dipilih sebagai metode pengambilan sampel dengan teknik purposive sampling.Teknik pengambilan data dalam penelitian ini menggunakan kuesioner dengan menggunakan skala likert yang kemudian dianalisis dengan teknik analisi regresi linier berganda. Hasil uji hipotesis dapat ditarik kesimpulan bahwa secara parsial harga berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli konsumen. Lokasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli konsumen. Serta promosi berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli konsumen.
Downloads
References
L. Adiningrum, F. Yunanda, T. Angelita, S. Mulyaningsih, and T. Puspa, “Analisis Strategi Bisnis Kedai Kopi Coffee Latar,” J. Ekon. Trisakti, vol. 2, no. 2, pp. 391–404, 2022, doi: 10.25105/jet.v2i2.14360.
A. W. B. Harlim and H. Siagian, “Pengaruh Marketing Mix 7P Terhadap Purchase Intention Pada Coffee Shop Yang Berada di Sekitar Jalan Siwalankerto Surabaya,” AGORA, vol. 8, no. 2, 2020.
M. D. Maulana and M. Hariasih, “Pengaruh Harga Kualitas Produk , Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Pada Konsumen E-Commerce Shopee ( Studi Pada Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Sidoarjo ),” Indones. J. Law Econ. Rev., vol. 19, no. 2, pp. 1–12, 2024, doi: https://doi.org/DOI 10.21070/ijler.v19i2.1093.
M. U. Dosi, F. Fourqoniah, and A. Sanjaya, “Pengaruh Harga, Produk, Lokasi, Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Pada Kedai Kopi Borneo Di Kota Samarinda,” J. Istiqro J. Huk. Islam. Ekon. dan Bisnis, vol. 9, no. 2, pp. 131–144, 2023, doi: 10.30739/istiqro.v9i2.1863.
G. Prihatiningtyas and U. Chasanah, “Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Di Blanco Coffee Yogyakarta,” J. Ris. Manaj., vol. 9, no. 2, pp. 1–18, 2022, doi: https://doi.org/10.32477/jrm.v9i2.369 Online.
N. Ofianti and M. Hariasih, “Pengaruh Kualitas Produk, Harga, dan Promosi Penjualan Terhadap Keputusan Pembelian Tape Singkong,” Indones. J. Cult. Community Dev., vol. 13, pp. 1–14, 2022.
S. A. Nur, I. W. Utami, and F. W. Saputro, “Pengaruh Marketing Mix 7P Terhadap Minat Beli Konsumen Di Dodolan Coffee Solo,” J. Rekayasa Proses dan Ind. Terap., vol. 1, no. 3, pp. 155–172, 2023.
S. A. Maldin and F. Elisabeth, “Pengaruh Marketing Mix 4P Terhadap Minat Beli Konsumen di Dae Jang Geum Restaurant Rosedal Kota Batam,” J. BENING, vol. 9, no. 2, pp. 37–53, 2022.
M. S. Hidayat, “Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Lokasi, Promosi dan Kualitas Layanan terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Coffee Shop di Kota Gresik,” Performa J. Manaj. dan Start-Up Bisnis, vol. 6, no. 4, pp. 360–369, 2021.
A. S. Akbar, D. L. Ningrum, and M. R. Alparisin, “Pengaruh Lokasi, Harga dan Promosi Terhadap Minat Beli Konsumen pada Kopi Ketje Lampung,” J. Enterp. dan Bisnis, vol. 1, no. 2, pp. 101–107, 2020.
F. Rangkuti, Analisis SWOT: Teknik Membedah Kasus Bisnis. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama, 2018.
T. L. Wheleen and J. D. Hunger, Strategic Management and Business Policy Globalization, Innovation and Sustainability. Harlow: Pearson Education, Inc, 2018.
P. Kotler and K. L. Keller, Manajemen Pemasaran, Edisi 13,. USA: Pearson Education, 2018.
Kotler and Amstrong, Dasar-dasar Pemasaran, Jilid 1, E. Jakarta: Erlangga, 2017.
F. Tjiptono, Strategi Pemasaran Edisi 4. Yogyakarta: Andi, 2015.
N. M. Thaariq, M. Hariasih, and D. K. Sari, “Keputusan Pembelian ditinjau dari Ekuitas Merek , Promosi dan Harga pada Konveksi Herya di Sidoarjo,” Manag. Stud. Entrep. J., vol. 4, no. 6, pp. 8323–8341, 2023.
Panuju, Komunikasi Pemasaran. Jakarta: Kencana Prenada Media Group, 2019.
A. Yuliacipta and W. D. Warsitasari, “Pengaruh Lokasi, Kualitas Produk, Dan Store Atmosphere Terhadap Minat Beli Knsumen Ruang Luang Coffee,” JESK J. Ekon. dan Stud. Kebijak., vol. 4, no. 2, pp. 13–24, 2023.
Sugiyono, Metode Penelitian Manajemen. Bandung: Alfabeta, 2018.
I. Ghozali, Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 25. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro, 2018.
M. Jannah, Metodologi Penelitian Kuantitatif Untuk Psikologi. Surabaya: Unesa University Press, 2018.
L. V. Alfian and M. K. Adhie, “Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Minat Beli Ulang Produk Yakult di Bandar Lampung,” Semnas Has. Penelit. dan Pengabdi. Masy., pp. 20–28, 2023.
Downloads
Additional Files
Posted
License
Copyright (c) 2024 UMSIDA Preprints Server
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.