Preprint has been submitted for publication in journal
Preprint / Version 1

Optimizing Marketing Strategy Through Digital Marketing for MSME Products in the Culinary Sector in Tanggulangin District, Sidoarjo Regency


Optimalisasi Strategi Pemasaran Melalui Digital Marketing Pada Produk UMKM Bidang Kuliner di Kecamatan Tanggulangin Kabupaten Sidoarjo

##article.authors##

DOI:

https://doi.org/10.21070/ups.6443

Keywords:

Marketing strategy, digital marketing, MSMEs in the culinary sector

Abstract

This study aims to identify effective digital marketing strategies for MSME food products in the Tanggulangin area of Sidoarjo Regency, using a qualitative approach. This investigation studies five MSMEs in Tanggulangin's culinary sector, including Warung Pring Bali, Warung Candi Ubud, Omah Kidul, LTS Kedungbanteng, and Rujak Cingur Tanggulangin. Interviews and focus groups were analyzed, revealing that MSME owners in the food industry must understand digital marketing to enhance their competitiveness amid business challenges. Many MSMEs have enhanced their marketing strategies through social media, while others still lag behind. For those in the food service industry to succeed, collaboration among various groups is essential. MSME activists in Tanggulangin face significant challenges due to heightened competition in the food service industry.

Downloads

Download data is not yet available.

References

S. Arlinda and J. Hendro, “Penerapan Digital Marketing Dalam Menarik Minat Beli Produk UMKM Kecamatan Grogol Petamburan Jakarta Barat,” Ikraith-Ekonomika, vol. 7, no. 2, pp. 184– 192, 2024, doi: 10.37817/ikraith-ekonomika.v7i2.3347.

Mey Kurnia Lestari, Masruchin, and Diah Krisnaningsih, “Analisis Strategi Pemasaran Online Produk Fashion Pada UMKM di Kota Surabaya,” Syarikat J. Rumpun Ekon. Syariah, vol. 5, no. 2, pp. 143–159, 2022, doi: 10.25299/syarikat.2022.vol5(2).10519.

N. G. Sagita, M. Kartikasari, M. H. Asyrofi, and K. R. Hayati, “Optimalisasi Digital Marketing untuk Pengembangan UMKM Kelurahan Kebonsari Kecamatan Jambangan Kota Surabaya,” J. Abdi Masy. Indones., vol. 2, no. 4, pp. 1325–1332, 2022, doi: 10.54082/jamsi.430.

M. A. Sifwah, Z. Z. Nikhal, A. P. Dewi, N. Nurcahyani, and R. N. Latifah, “Penerapan Digital Marketing Sebagai Strategi Pemasaran Untuk Meningkatkan Daya Saing UMKM,” MANTAP J. Manag. Accounting, Tax Prod., vol. 2, no. 1, pp. 109–118, 2024, doi: 10.57235/mantap.v2i1.1592.

N. S. Jatmiko, “Strategi Pemasaran Ideal di Era Digital untuk Meningkatkan Penjualan Produk UMKM,” Plakat J. Pelayanan Kpd. Masy., vol. 4, no. 2, p. 253, 2022, doi: 10.30872/plakat.v4i2.8955.

D.- Wijayanti, S. Suyanto, and S. Sukesi, “Pengaruh Digital Marketing, Kualitas Pelayanan Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Melalui Kepuasan Konsumen Di Masa Pandemi,” E-Jurnal Manaj. Univ. Udayana, vol. 12, no. 2, p. 117, 2023, doi: 10.24843/ejmunud.2023.v12.i02.p01.

R. Septianta, H. Welsa, and N. Kusuma Ningrum, “Pengaruh Digital Marketing dan Desain Produk terhadap Kepuasan Konsumen dengan Keputusan Pembelian sebagai Variabel Intervening,” Al-Kharaj J. Ekon. Keuang. Bisnis Syariah, vol. 5, no. 6, pp. 2599–2608, 2022, doi: 10.47467/alkharaj.v5i6.2496.

B. Kusuma Wijaya, I. Gede, I. Sudipa, D. V. Waas, and P. P. Santika, “Journal of Intelligent Decision Support System (IDSS) Selection of Online Sales Platforms for MSMEs using the OCRA Method with ROC Weighting,” J. Intell. Decis. Support Syst., vol. 5, no. 4, pp. 146–152, 2022.

H. F. Mavilinda, A. Nazaruddin, N. Nofiawaty, L. D. Siregar, I. Andriana, and K. M. H. Thamrin, “Menjadi "UMKM Unggul” Melalui Optimalisasi Strategi Pemasaran Digital dalam Menghadapi Tantangan Bisnis di Era New Normal,” Sricommerce J. Sriwij. Community Serv., vol. 2, no. 1, pp. 17–28, 2021, doi: 10.29259/jscs.v2i1.29.

L. Diana, P. Dian, S. A. Tiara, Talitakum, A. R. N. Cahyono Putri, and S. Agustina, “Peranan Digital Marketing Sebagai Media Pemasaran Umkm Crep’S Star,” Buguh J. Pengabdi. Kpd. Masy., vol. 2, no. 4, pp. 1–6, 2022, doi: 10.23960/buguh.v2n4.1239.

R. Sidik, “Strategi Bersaing Dengan Metode Swot Pada Ukm Kerajinan Tas Purnama Tanggulangin,” J. Sos. Ekon. Dan Polit., vol. 1, no. 2, pp. 56–67, 2020, [Online]. Available: http://www.jsep.sasanti.or.id/index.php/jsep/article/view/19

C. M. Khairunnisa, “Pemasaran Digital sebagai Strategi Pemasaran: Conceptual Paper,” JAMIN J. Apl. Manaj. dan Inov. Bisnis, vol. 5, no. 1, p. 98, 2022, doi: 10.47201/jamin.v5i1.109.

N. Hariyana and G. O. Warmana, “Peningkatan Penjualan Melalui Pemasaran Media Sosial Pada UMKM di Tanggulangin Sidoarjo,” J. Pengabdi. Kpd. Masy. Nusant., vol. 4, no. 1, pp. 22–27, 2023.

Melitina Tecoalu, “264 , 14 juta jiwa yang dapat dikatakan 64 , 8 %, penggunaan Internet akan meningkat setiap tahunnya , dari data tersebut dapat dikatakan bahwa hal ini merupakan peluang yang masih bisa diraih dalam mengembangkan bisnis pasar . Banyak sekali perusahaan ya,” vol.19, no. 2, pp. 1–13, 2021.

M. M. F. Rosy, R. A. Rizalina, and M. A. Ningtyas, “Pengembangan Usaha Kecil Menengah di Tanggulangin Sidoarjo,” Maliyah J. Huk. Bisnis Islam, vol. 8, no. 2, pp. 198–217, 2018, doi: 10.15642/maliyah.2018.8.2.50-69.

I. F. Ardiansyah, A. Zailani, and Z. D. Widodo, “the Effect of Product Quality, Service Quality, and Trust on Customer Satisfaction At Praja Decoration in Purwodadi,” Int. J. Econ. Educ. Entrep., vol. 3 (2), no. 2, pp. 502–511, 2023, [Online]. Available: https://doi.org/10.53067/ije3.v3i2

A. S. I. C. Candra and Hasan Ismail, “Optimalisasi Pemberdayaan UMKM Tas Kulit Di Tanggulangin Berbasis Digital Marketing,” J. Ilmu Adm. Negara, vol. 20, no. 1, pp. 126–139, 2023, doi: 10.59050/jian.v20i1.198.

K. K. Endarwantika, N. A. Misbach, and ..., “Penerapan Digital Marketing Dalam Umkm Tanggulangin Guna Meningkatkan Citra Usaha Cv. Prima Leather,” KARYA J. …, vol. 2, no. 2,

pp. 222–227, 2022, [Online]. Available: https://jurnalfkip.samawa- university.ac.id/KARYA_JPM/article/view/213

W. Mustika and D. M. Kurniawati, “Pengaruh Pemasaran Digital Terhadap Minat Beli Handuk Pada Marketplace ‘X,’” Seri Semin. Nas. ke IV Univ. Tarumanegara, pp. 709–715, 2022.

B. Salim and M. Isaa, “The Impact of Digital Marketing Management on Customers Buying Behavior: Case Study of Soran City,” Entrep. J. fiinance Bus., no. January, pp. 91–112, 2024, doi: 10.56967/ejfb2024379.

C. Lifia and A. Rochmaniah, “Utilization of Digital Marketing and Social Media Branding in Increasing the Competitiveness of Mrs Snackket MSMEs,” pp. 1–10, 2024, [Online]. Available: http://dx.doi.org/10.21070/ups.4469

Y. C. R. A. Bere and E. H. Susanto, “Analisis Pengaruh Kepuasan Konsumen dan Gaya Hidup terhadap Keputusan Pembelian pada Jasa Titip Barang Branded,” Jurnal Manajemen Bisnis dan Kewirausahaan, vol. 6, no. 4. pp. 359–363, 2022. doi: 10.24912/jmbk.v6i4.19315.

et al., “Optimalisasi Penjualan melalui Digital Marketing,” J. Pemberdaya. Masy. Indones., vol. 4, no. 2, pp. 113–124, 2022, doi: 10.21632/jpmi.4.2.113-124.

C. C. Widayati, F. Dhia Malihah, H. Widjaja, and Y. Yenita, “The Role of Purchasing Decisions in Mediating the Influence of Personal Selling, Price and Product Quality on Customer Satisfaction Using MICE Services,” Dinasti Int. J. Digit. Bus. Manag., vol. 4, no. 5, pp. 917–932, 2023, [Online]. Available: https://creativecommons.org/licenses/by/4.0/

Abdurrahman, G., Oktavianto, H., Habibie, E. Y., & Hadiyatullah, A. W. (2020). Pelatihan Digital Marketing Pada UMKM Sebagai Penunjang Kegiatan Promosi Dan Pemasaran. Jurnal Pengabdian Masyarakat Manage, 1(2). https://doi.org/https://doi.org/10.32528/jpmm.v1i2.3981

Baskoro, F. M. (2020). UMKM Sektor Kuliner, Jasa, dan Konveksi Paling Terdampak Pandemi. Berita Satu. https://www.beritasatu.com/ekonomi/698453/umkm-sektor- kuliner- jasa-dan-konveksi-paling-terdampak-pandemi

Dewi, D. K., Alsa, A., Dahris Siregar, M. C. R., Rizki, I. H., Awaludin, Bukit, A., & Syahrin, A. (2022). Sosialisasi Pentingnya Pendaftaran Merek Bagi Umkm Di Kota Medan. Jurnal Pengabdian Masyarakat Tjut Nyak Dhien, 1(2). https://doi.org/https://doi.org/10.36490/jpmtnd.v1i2.283

Doni003. (2022). UMKM Naik Kelas, UMKM Go Digital. Indonesia.Go.Id. https://m.kominfo.go.id/content/detail/41205/umkm-naik-kelas-umkm-go- digital/0/artikel

Firdaus, M. I., Azizah, P. N., & Sa’adah, R. (2022). Pentingnya Digital Marketing

Sebagai Strategi Pemasaran Umkm Di Era 4.0. Jurnal Graha Pengabdian, https://doi.org/http://dx.doi.org/10.17977/um078v4i22022p154-162

Ginting, I. J., Ernawaty, T., Yulia, R., & Ramadhan, A. (2022). Sosialisasi Pembuatan Minuman Wedang Jahe Instan Sebagaipenguat Imunitas Mencegah Covid-19 Di Sekolah Smkfarmasi Apipsu Medan. Jurnal Pengabdian Masyarakat Tjut Nyak Dhien, 1(2). https://doi.org/https://doi.org/10.36490/jpmtnd.v1i2.312

Hamdani, T. (2020). Krisis Ekonomi Akibat Corona Lebih Parah dari 1998, Kok Bisa? Detik Finance Berita Ekonomi Bisnis. https://finance.detik.com/berita-ekonomi-bisnis/d- 5007219/krisis-ekonomi-akibat-corona-lebih-parah-dari-1998-kok-bisa/2#!

Harto, D., Pratiwi, S. R., Utomo, M. N., & Rahmawati, M. (2019). Penerapan Internet Marketing Dalam Meningkatkan Pendapatan Pada Umkm. JPPM (Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat), 3(1). https://doi.org/10.30595/jppm.v3i1.3033

Mulyana, Nurrahman, A., & Abdurohim. (2021). Penguatan Peran Pemerintah Desa Cileles dalam Membangun Usaha Mikro Kecil (UMK). Civitas Consecratio, 1(2). https://doi.org/ttps://doi.org/10.33701/cc.v1i2.2001

Purwana, D., Rahmi, & Aditya, S. (2017). Pemanfaatan Digital Marketingbagi Usaha Mikro, Kecil, Dan Menengah (Umkm)Di Kelurahan Malaka Sari, Duren Sawit. Jurnal Pemberdayaan Masyarakat Madani (JPMM), 1(1). https://doi.org/https://doi.org/10.21009/JPMM.001.1.01

Rachma, N., & Fahrurrozirahman. (2022). Analisis Pemanfaatan Pemasaran Di Media Sosial Dan Marketplace Dalam Meningkatkan Penjualan Di Masa Pandemi Pada Umkm Industri Rumahan Di Desa Karang Kedawang Kecamatan Sooko Kabupaten Mojokerto. Jurnal Ilmu Manajemen (JIMMU), 7(1). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.33474/jimmu.v7i1.14459

Rais Agil Bahtiar. (2021). Dampak Pandemi Covid-19 Terhadap Sektor Usaha Mikro, Kecil, Dan Menengah Serta Solusinya. Bidang Ekonomi Dan Kebijakan Publik Info Singkat Kajian Singkat Terhadap Isu Aktual Dan Strategis, XIII(10). https://berkas.dpr.go.id/puslit/files/info_singkat/Info Singkat-XIII-10-II-P3DI-Mei-2021-1982.pdf

Rengganawati, H., & Taufik, Y. (2020). Analisis Pelaksanaan Digital Marketing pada UMKM Tahu Rohmat di Kuningan. Komversal : Jurnal Komunikasi Universal, 2(1). http://jurnal.plb.ac.id/index.php/komversal/article/view/496

Rizal, M., Laila, A. N., Ali, N., Rohmah, N., Maula, M. H. N., & Waasiah, R. (2021). Sosialisasi Digital Marketing bagi Pelaku UMKM di Desa. Jurnal Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (JP2M), 2(4). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.33474/jp2m.v2i4.13569

Sari, C. D. M., & Setiyana, R. (2020). Sosialisasi Digital Marketing pada Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM). Jurnal Pengabdian Masyarakat: Darma Bakti

Teuku Umar, 2(1). https://doi.org/https://doi.org/10.35308/baktiku.v2i1.2050

Sembiring, L. J. (2021). Sad! 30 Juta UMKM Gulung Tikar Karena Corona. CNBC Indonesia. https://www.cnbcindonesia.com/news/20210326144212-4-233127/sad- 30-juta-umkm-gulung-tikar-karena-corona

Silaban, M. W. (2022). Cara OJK Kejar Target Penyaluran Kredit UMKM 30 Persen di 2024.

Tempo.Co. https://bisnis.tempo.co/read/1552037/cara-ojk-kejar- target-penyaluran-kredit-umkm-30-persen-di-2024

Soleh, M., & Adinugraha, H. H. (2022). Penerapan Strategi Digital Marketing Pada UMKM Di Masa Pandemi Covid19(Studi Pada Mebel Putra Jaya Desa Spait).

AmaNU: Jurnal Manajemen Dan Ekonomi, 5(1). https://jurnal.unugha.ac.id/index.php/amn/article/view/271/182

Sulaksono, J. (2020). Peranan Digital Marketing Bagi Usaha Mikro, Kecil, Dan Menengah (Umkm) Desa Tales Kabupaten Kediri. GENERATION JOURNAL, 4(1). https://doi.org/https://doi.org/10.29407/gj.v4i1.13906

ABDIPRAJA (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat), 2(1).

https://doi.org/http://dx.doi.org/10.31002/abdipraja.v2i1.3602

J. -, N. Arfan, H. -, and H. Ali Hasan, “Penerapan Digital Marketing dalam Upaya Peningkatan Pendapatan Usaha Mikro Kecil dan Menengah,” ILTIZAM J. Shariah Econ. Res., vol. 6, no. 2, pp. 212–224, 2022, doi: 10.30631/iltizam.v6i2.1452.

A. D. Nazarov, “Impact of Digital Marketing on the Buying Behavior of Consumer,” vol. 156, no. ISCDE, pp. 364–367, 2020, doi: 10.2991/aebmr.k.201205.060.

S. P. Madania, P. E. Purba, I. K. Swasti, and ..., “Digital Marketing Sebagai Strategi Pemasaran Umkm Di Desa Pakel, Kecamatan Bareng, Jombang,” KARYA J. …, vol. 3, no. 1, pp. 374–378, 2023, [Online]. Available: https://jurnalfkip.samawa- university. ac.id/KARYA_JPM/ article/ view/402%0Ahttps://jurnal fkip.samawa- university. ac.id/KARYA_JPM/article/download/402/334

Z. Rifa’i and L. D. Oktaviana, “Pelatihan Digital Marketing dan Optimasi SEO Pada Marketplace Pada Sentra Umkm Banyumas Untuk Memaksimalkan Pemasaran Produk Secara Online,” Madani Indones. J. Civ. Soc., vol. 2, no. 1, pp. 53–57, 2020, doi: 10.35970/madani.v2i1.99.

I. D. A. A. T. Pramawati, K. M. D. Putri, and I. P. A. Mulyawan, “Implementasi Digital Marketing Pada UMKM di Kabupaten Klungkung Dalam Meningkatkan Komoditas Profit,” J. Pendidik. …, vol. 12, no. 2, pp. 263–275, 2020, [Online]. Available: https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPE/article/view/29305

Setijadi, R. Suryani, S. Maesaroh, and L. Ariyanti, “Pengaruh Strategi Pemasaran Online Dan Persaingan Terhadap Peningkatan Penjualan Pada Resto Online Di Banjarnegara,” J. Media Ekon. dan Bisnis, vol. 14, no. 1, pp. 1–14, 2023, [Online]. Available: https://tambara.e- journal.id/medikonis/index

S. H. Sandri and W. L. Hardilawati, “Strategi Bertahan UMKM di Tengah Pandemi Covid-19,” J. Akunt., vol. 2, no. 2, 2019.

R. Setiawan, R. A. Pratama, and V. F. Sanjaya, “Pengaruh Digital Marketing Terhadap Peningkatan Laba UMKM (Studi Kasus : Kecamatan Ulubelu Kabupaten Tanggamus),” J. Ekon., vol. 7, no. 3, pp. 43–48, 2021, [Online].Available:http://ejournal.stiepgri.ac.id/index.php/ekonomak/article/view/173%0Ahttp://ejournal.stepgri.ac.i d/index.php/ekonomak/article/download/173/111

J. Utomo, Julius Nursyamsi, and Aji Sukarno, “ANALISIS PENGARUH PRODUK, PROMOSI dan DIGITAL MARKETING TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA BELANJA ONLINE DENGAN KEPUASAN KONSUMEN SEBAGAI INTERVENING,” J. Ekon. dan

Manaj., vol. 2, no. 1, pp. 100–116, 2023, doi: 10.56127/jekma.v2i1.472.

T. Widiastuti, “Strategi Digital Marketing Untuk Peningkatan Penjualan Jajan Tradisional Umkm Di Kelurahan Mlatibaru Semarang,” J. Riptek, vol. 15, no. 1, pp. 64–69, 2021, doi: 10.35475/riptek.v15i1.116.

A. Putri et al., “Pelatihan Digital Marketing untuk Mencapai Optimalisasi Strategi Pemasaran pada UMKM,” J. Pengabdi. Kpd. Masy. Nusant., vol. 3, no. 2, pp. 828–839, 2022.

L. Rahmawati, M. Ikaningtyas, J. Rungkut Madya No, and J. Timur, “Penerapan Digital Marketing Untuk Mendukung UMKM Segigit Snack Di Kebumen Application of Digital Marketing to Support SME Bites Snack in Kebumen,” JIPMJurnal Inf. Pengabdi. Masy., vol. 1, no. 3, pp. 63–71, 2023, [Online]. Available: https://doi.org/10.47861/jipm-nalanda.v1i3.310

D. Ruhiyat, A. Sulaeman, and R. Purnawati, “Strategi Pemasaran Online Untuk Meningkatkan Minat Beli Konsumen Produk Makanan Dan Minuman UMKM Di Kota Bogor,” Manaj. IKM J. Manaj. Pengemb. Ind. Kecil Menengah, vol. 18, no. 1, pp. 62–72, 2023, doi: 10.29244/mikm.18.1.62-72.

Dr Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif Dan Kualitatif Dan R&D. 2019. [Online]. Available: https://www.gramedia.com/products/metode-penelitian-kuantitatif-kualitatif-dan-rd-1

Yustita, A. D. 2020. Komunikasi Pemasaran Antimo Anak di Media Sosial. COMMENTATE: Journal of Communication Management, 1(2), 208-221.

Nursal, M.F., Rianto, M.R., Rohaeni, H. and Saputra, F., 2023. Pengaruh Electronic Word of Mouth (EWOM) Terhadap Keputusan Pembelian Melalui Minat Beli Pada Jasa Transportasi Online Maxim di Kota Bekasi. Jurnal Manajemen dan Pemasaran Digital, 1(3), pp.111-118.

Posted

2024-08-23