Implementation of Religious Character Education Through Harmonizing Activities at MTsN 2 Kediri City
Implementasi Pendidikan Karakter Religius melalui Kegiatan Pembiasaan di MTsN 2 Kota Kediri
DOI:
https://doi.org/10.21070/ups.6335Keywords:
implementation of character education, religious character, habituation activitiesAbstract
Religious character education at MTsN 2 Kediri City aims to form students' attitudes and behavior that adhere to religious teachings. Through the habit of congregational Duha prayers, tahsinul Qur'an, and morning greetings, this school tries to strengthen students' religious character. This research uses qualitative methods with observation, interviews and document review to analyze data. The focus of the research is to describe the habits of congregational dhuha prayers, tahsinul Qur'an, and morning greetings in shaping students' religious character during the 2023/2024 academic year. The results show that this habit makes students accustomed to praying in congregation, on time, more solemn, increases Islamic brotherhood, gets used to reading the Qur'an, loves the Qur'an, understands recitation, increases faith and piety, and strengthens social relations through morning greetings
Downloads
References
Y. Yusuf, Pendidikan Holistik menurut Para Ahli, 2021.
M. Hanif, "Internalisasi Nilai-Nilai Karakter berdasarkan Spiritual Intelligence di SD Islam Bani Hasyim, Kabupaten Malang," Jurnal Pendidikan Islam, vol. 38, 2021.
D. S. Tsauri, Pendidikan Karakter Peluang dalam Membangun Karakter Bangsa, Jember: IAIN Jember Press, 2015.
D. C. Chairunnisa, Pengembangan Model Pendidikan Karakter di Sekolah Menengah Pertama, Jakarta: Mitra Wacana Media, 2019.
Permendikbud nomor 20 tahun 2018 tentang Penguatan Pendidikan Karakter Pada Satuan Pendidikan Formal, h.2.
P. D. Komalasari, Pendidikan Karakter Konsep dan Aplikasi Living Values Education, Bandung: PT. Refika Aditama, 2017.
D. A. Esmael, "Implementasi Pendidikan Karakter Religius di Sekolah Dasar Khadijah Surabaya," Jurnal Pendidikan Dasar, vol. 19, 2018.
Daryanto and S. Darmiatun, Implementasi Pendidikan Karakter di Sekolah, Yogyakarta: Gava Media, 2013.
A. O. Hastuti, "Implementasi Pendidikan Karakter Religius dalam Pembelajaran Sosiologi (Studi Kasus SMA Negeri 1 Comal)," Skripsi, Universitas Negeri Semarang, 2015.
Daryanto and S. Darmiatun, Implementasi Pendidikan Karakter di Sekolah, Yogyakarta: Gava Media, 2013.
A. O. Hastuti, "Implementasi Pendidikan Karakter Religius dalam Pembelajaran Sosiologi (Studi Kasus SMA Negeri 1 Comal)," Skripsi, Universitas Negeri Semarang, 2015.
Zubaedi, Strategi Taktis Pendidikan Karakter (Untuk Paud dan Sekolah), Depok: PT Rajagrafindo Persada, 2017.
E. Maryamah, "Pengembangan Budaya Sekolah," Tarbawi, vol. 2, no. 02, pp. 86-96, 2016.
P. N. Sari, "Pengembangan Karakter Siswa melalui Budaya Sekolah yang Religius di SD Aisyah Unggulan Gemolong Tahun 2017," Skripsi, Institut Agama Islam Negeri Surakarta, 2017.
A. M. Abidin, "Pengaruh Penerapan Kegiatan Keagamaan di Lembaga Pendidikan Formal terhadap Peningkatan Kecerdasan Spiritual Anak," Jurnal Studi Gender dan Anak, vol. 573, 2019.
M. L. Azizah, "Implementasi Pendidikan Karakter melalui Kegiatan Keagamaan di MI Muhammadiyah Braja Asri Kecamatan Way Jepara Kabupaten Lampung Timur," Lampung: IAIN Metro, Skripsi tidak diterbitkan, 2019.
L. N. A. B. Dina, "Pemanfaatan Aplikasi Whatsapp sebagai Media Alternatif dalam Pembelajaran Tematik Berbasis Ramah Anak pada Masa Pandemi Covid-19," Konferensi Nasional Pendidikan Islam, 2020.
M. Dolah, "Penanaman Nilai Karakter Siswa melalui Program Wajib Shalat Dhuha di SDIT Alam Ikatan Keluarga Muslim Al-Muhajirin Palangka Raya," Palangka Raya: IAIN Palangka Raya, Skripsi tidak diterbitkan, 2018.
F. R. Faliyandra, "Urgensi Pembelajaran Al-Qur’an bagi Siswa Madrasah Ibtidaiyah," Jurnal Auladuna, vol. 40, 2021.
H. P. Khikayah, "Aktivitas dan Habituasi Keagamaan Siswa SDIT Nidaul Hikmah," Jurnal Pendidikan Agama Islam Universitas Wahid Hasyim Semarang, vol. 131, 2021.
A. Majid, Perencanaan Pembelajaran, Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2006.
S. A. Maulana, "Pembentukan Karakter melalui Kegiatan Ekstrakulikuler Rohis di SMA Negeri 1 Mendo Barat," Jurnal Tunas Pendidikan, vol. 13, 2020.
P. D. Moleong, Metode Penelitian Kualitatif, Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2017.
J. W. Creswell, Research Design: Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan Mixed, Yogyakarta: PT Pustaka Pelajar, 2010.
Nunzairina, "Implementasi Pendidikan Karakter dalam Budaya Sekolah di SD IT Al-Hijrah 2 Laut Dendang," Skripsi, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan, 2018.
W. S. Sholehuddin, Shalat Berjamaah dan Permasalahannya, Bandung: Tafakur, 2014.
Downloads
Additional Files
Posted
License
Copyright (c) 2024 UMSIDA Preprints Server
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.