Analysis of the Role of Teachers in Forming a Generation of Religious at the Wali Barokah Islamic Boarding School
Analisis Peran Guru dalam Membentuk Generasi Religius di Pondok Pesantren Wali Barokah
DOI:
https://doi.org/10.21070/ups.6146Keywords:
Generatoin, Religious, Stake HolderAbstract
The young generation is the nation's successor and the spearhead of state development. Youth are really needed to face world challenges, especially in the current era of technological sophistication. Technological sophistication requires generations of professionals as equipment operators. However, in reality, today's young generation or teenagers tend to be unprepared to use sophisticated technology and misuse technology in negative ways which have an impact on the character of the younger generation.
Downloads
References
A. Purwasih, “Penanaman Nilai Karakter Baik dan Kuat Pada Santri Siap Guna Pondok Pesantren Daarut Tauhiid A B S T R A K A R T I K E L I N F O,” 2019, doi: 10.17509/ijost.v4i1.xxxx.
A. Wibowo dan T. Anjar, “Internalisasi Nilai Kearifan Lokal (Local Wisdom) Dalam Pelaksanaan Konseling Multikultural Dalam Pengentasan Masalah Remaja Akibat Dampak Negatif Globalisasi.”
S. Arikunto, Prosedur penelitian : suatu pendekatan praktek / Suharsimi Arikunto, 14 ed. Jakarta: Rineka Cipta, 2014.
Ajat Sudrajat, “Mengapa Pendidikan Karakter ?,” yogyakarta.
D. P. Oktari dan A. Kosasih, “Pendidikan Karakter Religius dan Mandiri di Pesantren,” JURNAL PENDIDIKAN ILMU SOSIAL, vol. 28, no. 1, hlm. 42, Jun 2019, doi: 10.17509/jpis.v28i1.14985.
P. P. Agama, D. Keagamaan, B. Litbang, D. Kementerian, dan A. Ri, “PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER PROFESSIONAL-RELIGIUS PADA JAMAAH MAJELIS TAKLIM SHIROTOL MUSTAQIM SEMARANG STRENGTHENING CHARACTER PROFESIONAL-RELIGIOUS EDUCATION OF JAMAAH MAJELIS TAKLIM SHIROTOL MUSTAQIM SEMARANG Saridudin, Ta’rif”, [Daring]. Tersedia pada: http://jurnaledukasikemenag.org
M. S. Sumantri dan M. Pd, “Modul Hakikat Manusia dan Pendidikan.”
Fitri Rahma Dini, “PERAN GURU PAI DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER DISIPLIN PESERTA DIDIK DI SD IT HARAPAN BANGSA NATAR LAMPUNG SELATAN,” lampung, 2021.
E. Putri dan D. Husmidar, “Peran Guru Pendidikan Agama Islam dalam Menumbuhkan Karakter Religius Siswa Sekolah Dasar,” Journal of Basic Education Research, vol. 2, no. 1, hlm. 24–28, Jan 2021, doi: 10.37251/jber.v2i1.132.
A. Mustofa dkk., “Konsepsi Peran Guru Sebagai Fasilitator dan Motivator Dalam Proses Pembelajaran Pendidikan Agama Islam,” 2021.
M. Pembiasaan Shalat Dhuha Rini Nuraeni, S. Afif, A. Ibrahim, S. Hulfah, S. Fatimah STAI Riyadhul Jannah, dan J. Cagak Subang, “Peran Guru Pendidikan Agama Islam dalam Pembinaan Akhlak Siswa.”
S. Ubaidila, “Metode Pendidikan Anak dalam Islam Perspektif Abdullah Nashih ’Ulwan dalam Kitab Tarbiyatul Aulad Fil Islam,” Indonesian Journal of Humanities and Social Sciences, vol. 2, no. 1, 2021, [Daring]. Tersedia pada: https://ejournal.iai-tribakti.ac.id/index.php/IJHSS
A. Hariandi dan Y. Irawan, “Peran Guru dalam Penanaman Nilai Karakter Religius di Lingkungan Sekolah pada Siswa Sekolah Dasar,” Jurnal Gentala Pendidikan Dasar, vol. 1, no. 1, hlm. 176–189, Jun 2016, doi: 10.22437/gentala.v1i1.7097.
R. Hidayat dkk., “Prosiding Al Hidayah Pendidikan Agama Islam PERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI DALAM MEMBENTUK KEPRIBADIAN SISWA SMK AL-BANA CILEBUT BOGOR”.
Lexy J. Moleong, Metodologi penelitian kualitatif edisi revisi, Cet. 24. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2007.
Sugiyono, Metode penelitian kuantitatif / Prof. Dr. Sugiyono, Cet. 1. Bandung: Alfabeta, 2018.
A. I. Faktor Penyebab Kesulitan Siswa Dalam Pembelajaran Tematik Dengan Menggunakan Metode Miles Dan Huberman Di Kelas Sd Negeri, I. Sri Annisa, dan E. Mailani, “Medan Area,” Copyright@ Indah Sri Annisa, Elvi Mailani INNOVATIVE: Journal Of Social Science Research, vol. 3, hlm. 6469–6477, 2023.
Qurratul Aynaini, “Peran Pondok Pesantren Dalam Membentuk Karakter Santri Di Pondok Pesantren Nurul Haramain Nw Putri Narmada,” hlm. 1–7, 2020.
" Pencegahan dkk., “Prosiding Seminar Nasional Pendidikan,” 2018.
A. Q. Aini, “Sistem, Tantangan Dan Prospek Pendidikan Islam Di Pondok Pesantren Ribatul Muta’allimin Kota Pekalongan,” Allimna: Jurnal Pendidikan Profesi Guru, vol. 1, no. 2, hlm. 94–113, Des 2022, doi: 10.30762/allimna.v1i2.690.
D. Dzata Mirrota dan S. Al-Urwatul Wutsqo Jombang, “Tantangan dan Solusi Pembelajaran Agama Islam di Sekolah Inklusi,” vol. 13, no. 1, 2024, doi: 10.54437/juw.
Downloads
Additional Files
Posted
License
Copyright (c) 2024 UMSIDA Preprints Server
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.