Preprint has been published in a journal as an article
Preprint / Version 1

The Use of Snakes and Ladders Media in Learning Prayer Procedures at the Qur'anic Education Centre


Penggunaan Media Ular Tangga pada Pembelajaran Tata Cara Sholat di Taman Pendidikan AL-Qur’an

##article.authors##

DOI:

https://doi.org/10.21070/ups.5920

Keywords:

Snakes And Ladders, Islamic Education

Abstract

This research is motivated by the use of learning media on prayer procedures that have not been maximised, thus causing students' incomprehension of the sequence of prayer procedures. Therefore, researchers try to use learning media in the form of Snakes and Ladders media which has advantages that can produce an interesting and interactive atmosphere for the learning process. The purpose of this study was to assess whether the use of snakes and ladders media can improve students' understanding of the basic sequence of basic prayers and student participation in prayer activities at TPQ Darud Taqwa Ganting Sidoarjo. This research uses descriptive qualitative method, the sample in this research is TPQ Darud Taqwa students. 

Downloads

Download data is not yet available.

References

N. R. Adiyono, “Peran Kepala Madrasah Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Agama Islam Di Mts Negeri 1 Paser,” J. Innov. Res. Knowl., Vol. 1, No. 5, 2021.

N. H. Siregar, “Pengembangan Kualitas Pendidikan Di Indonesia Dilakukan Melalui Peningkatan Profesionalitas Guru,” J. Penelitian, Pendidik. Dan Pengajaran Jppp, Vol. 1, No. 1, P. 38, 2020, Doi: 10.30596/Jppp.V1i1.4454.

N. Faizah And E. F. Fahyuni, “Manajemen Layanan Bimbingan Dan Konseling Dalam Meningkatkan Self Efficasy Dan Motivasi Belajar Siswa Di Sekolah Pada Masa Pandemi Covid-19,” Acad. Open, Vol. 6, Pp. 1–9, 2021, Doi: 10.21070/Acopen.6.2022.2324.

R. N. U. R. Susanti, “Penerapan Metode Fun Learning Dalam Meningkatkan Daya Tangkap Peserta Didik Pada Pembelajaran Al-Quran Di Tpq Al- Islah Semarang Skripsi Diajukan Untuk Memenuhi Salah Satu Syarat Guna Memperoleh Gelar Sarjana Pendidikan ( S . Pd .) Program Studi Pendidika,” 2022.

L. H. Lalah Nurjamilah, Tetin Nurfitri, “Efektivitas Penggunaan Media Permainan Ular Tangga Terhadap Kemampuan Anak Dalam Mengenal Angka Di Ra Al-Ihya,” J. Keislam. Dan Pendidik., Vol. 2, No. 1, Pp. 27–32, 2021.

R. Pebrianti, D. Friansah, And A. Sofiarini, “Pengembangan Media Permainan Ular Tangga Dalam Pembelajaran Matematika Pada Siswa Kelas Iii Sd Negeri 138 Lubuklinggau,” Jote J. Teach. Educ., Vol. 4, No. 1, Pp. 1–8, 2022.

N. Asiah, A. N. Shawmi, S. Megantara, And D. R. Wibowo, “Pengembangan Media Pembelajaran Ular Tangga Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Peserta Didik Kelas V Pada Pembelajaran Tematik Terpadu Di Sd/Mi,” Terampil J. Pendidik. Dan Pembelajaran Dasar, Vol. 8, No. 1, Pp. 9–18, 2021, Doi: 10.24042/Terampil.V8i1.9130.

R. C. Lestari And E. F. Fahyuni, “Implementation Of Video Animation Media For Ablution Materials To Improve Student,” Vol. 06, No. 03, Pp. 535–546, 2023.

R. Andriani, F. Apriani, S. Damayanti, O. Satria, Y. Aulia, And A. Irmansyah, “Game Ular Tangga: Media Edukatif Dan Persuasif Dalam Memilih Jajanan Sehat Bagi Anak Usia Sekolah Dasar,” Pros. Semin. Nas. Pengabdi. Masy., Vol. 1, Pp. 1–9, 2023, Doi: 10.61142/Psnpm.V1.83.

A. Sakti, “Meningkatkan Pembelajaran Melalui Teknologi Digital,” J. Penelit. Rumpun Ilmu Tek., Vol. 2, No. 2, Pp. 212–219, 2023, [Online]. Available: Https://Doi.Org/10.55606/Juprit.V2i2.2025

W. Sulistyarini And S. Fatonah, “Pengaruh Pemahaman Literasi Digital Dan Pemanfaatan Media Pembelajaran Terhadap Kompetensi Pedagogik Guru Era Digital Learning,” J. Educ. Learn. Innov., Vol. 2, No. 1, Pp. 42–72, 2022, Doi: 10.46229/Elia.V2i1.383.

A. Mauliya, “Strategi Pembelajaran Akhlak Di Masa New Normal Pada Mata Pelajaran Pai Di Sekolah Dasar Melalui Model Hybrid Learning,” Proceeding Umsurabaya, Pp. 1–12, 2021.

S. J. Putri And A. Nadlif, “Penerapan Film Animasi Nussa Dan Rara Sebagai Media Pembelajaran Akidah Akhlak,” Res. Dev. J. Educ., Vol. 9, No. 2, P. 1140, 2023, Doi: 10.30998/Rdje.V9i2.19240.

K. Muara And S. Kota, “Permainan Ular Tangga Modifikasi Sebagai Media Pembelajaran Alternatif Untuk Siswa Sdn Gondang 3 Bojonegoro,” Vol. 01, No. 05, Pp. 30–34, 2021.

M. Faisal, “Meningkatkan Hasil Belajar Dengan Metode Demonstrasi Pada Pembelajaran Fiqih Materi Sholat I’dain Siswa Kelas Iv Zubair Sd It Nurul I’lmi Padangsidimpuan,” 2022.

M. Amrillah And A. Nadlif, “Pendidikan Karakter Anak Usia Dini Pada Surah Luqman Ayat 12-19 Berdasarkan Tafsir Ibnu Katsir,” J. Ilm. Univ. Batanghari Jambi, Vol. 23, No. 3, P. 2570, 2023, Doi: 10.33087/Jiubj.V23i3.4222.

S. Budiyati, “Motivasi Belajar Pai Dengan Media Permainan Ular Tangga Bagi Anak Tunagrahita,” Al-Maziyah J. Pai Sekol. Luar Biasa, Vol. 1, No. 1, Pp. 1–8, 2022.

S. Annam, S. Supriyono, And R. Rizkia Pangestika, “Efektivitas Pengembangan Media Ular Tangga Berbantuan Kartu Angka,” Edusia J. Ilm. Pendidik. Asia, Vol. 1, No. 1, Pp. 128–142, 2021, Doi: 10.53754/Edusia.V1i1.89.

N. Oktavia And D. Desyandri, “Validitas Dan Praktikalitas Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Macromedia Flash 8 Pada Pembelajaran Tematik Di Kelas Iv Sekolah Dasar Kota Padang,” J. Inov. Pendidik. Dan Pembelajaran Sekol. Dasar, Vol. 4, No. 2, P. 58, 2021, Doi: 10.24036/Jippsd.V4i2.112704.

A. R. Nurmasari, “Penanaman Nilai-Nilai Religius Dalam Meningkatkan Kesadaran Beragama Melalui Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Dan Budi Pekerti Di Smp Negeri 2 …,” 2022.

E. Ameliasari, E. F. Fahyuni, U. M. Sidoarjo, U. M. Sidoarjo, E. Ameliasari, And U. M. Sidoarjo, “Peningkatan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Salat Menggunakan Media Ular Tangga Digital Corresponding Author :,” Vol. 4, No. 2, Pp. 526–538, 2024.

D. Ekawati And A. Arifin, “Pendekatan Dalam Pembelajaran Bahasa Arab: Teori, Konsep, Dan Implementasi,” An Nabighoh, Vol. 24, No. 1, P. 111, 2022, Doi: 10.32332/An-Nabighoh.V24i1.4818.

H. Rahmawati And Zuraidah, “Penerapan Metode Demontrasi Bimbingan Shalat Dan Bacaan Sholat Usia 5 Tahun Menggunakan Media Gambar Di Tpq Nurul Huda 1 Bojonegoro,” Keagamaan J. Pengabdi. Masy., Vol. 2, No. 2, Pp. 113–116, 2021.

A. Wati, “Pengembangan Media Permainan Ular Tangga Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar,” Mahaguru J. Pendidik. Guru Sekol. Dasar , Vol. 2, No. 1, Pp. 68–73, 2021, Doi: 10.33487/Mgr.V2i1.1728.

D. Fatmawati, “Penerapan Metode Permainan Edukatif Terhadap Pembentukan Karakter Peserta Didik Di Sd It Rabbani Watampone,” J. Al-Qayyimah, Vol. 3, No. 2, Pp. 21–40, 2020, Doi: 10.30863/Aqym.V3i2.1085.

N. O. Anggraeni, Y. Abidin, And Y. Wahyuningsih, “Pengembangan Media Pembelajaran Permainan Ular Tangga Digital Pada Materi Keragaman Budaya Indonesia Mata Pelajaran Ips Kelas Iv Sekolah Dasar,” J. Pipsi (Jurnal Pendidik. Ips Indones., Vol. 8, No. 1, P. 22, 2023, Doi: 10.26737/Jpipsi.V8i1.3976.

A. Haris Et Al., “Implementasi Pendekatan Saintifik Dalam Proses,” Vol. 10, Pp. 212–222.

M. Syipa And S. Sutisna, “Implementasi Game Edukasi Pengenalan Huruf Hijaiyah Berbasis Dekstop Dengan Metode Mdlc Pada Majlis Ta’lim Raudhoh Al Ummahat Jakarta Barat,” J. Sos. Teknol., Vol. 1, No. 7, Pp. 653–660, 2021, Doi: 10.59188/Jurnalsostech.V1i7.153.

R. Setiawati And Istiqamah, “Penggunaan Media Ular Tangga Sebagai Media Pembelajaran Sastra Pada Sma/Ma Sederajat,” Konf. Nas. Pendidik. I, No. 2011, Pp. 119–122, 2021, [Online]. Available: Https://Urbangreen.Co.Id/Proceeding/Index.Php/Library/Article/View/22

R. Pramono, “Indonesian Journal Of Teaching And Learning Pengembangan Media Pembelajaran Game Ular Tangga Digital Tentang Moderasi Beragama Di Man 2 Banjarnegara Ridlo Pramono Riwayat Artikel,” Indones. J. Teach. Learn., Vol. 2, No. 1, Pp. 97–104, 2023, [Online]. Available: Http://Journals.Eduped.Org/Index.Php/Intel

R. Puspitasari And S. Resmalasari, “Peran Guru Sebagai Figur Panutan Dalam Penerapan Keterampilan Saling Berbagi Di Era Disrupsi,” Vol. 2, No. 2, P. 71, 2022.

Z. Zhou;, H. Li;, And Y. Jia, “Engaruh Penyuluhan Melalui Media Dan Ular Tangga Edukatif Terhadap Pengetahua Sayur Dan Buah Salah Satu Syarat Untuk Memperoleh Gelar Sarjana Gizi Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Penyuluhan Melalui Media Animasi Dan Ular Tangga Edukatif Terhadap Peningkatan,” Sustain., Vol. 11, No. 1, Pp. 1–14, 2019.

E. Ruli, “Tugas Dan Peran Orang Tua Dalam Mendidik Anak,” J. Edukasi Nonform., Vol. Vol.1, No. No.1, P. Hlm.145, 2020.

Bungaria Febryani Simanjuntak, Rotua Samosir, And Uranus Zamili, “Pengaruh Penggunaan Media Ular Tangga Terhadap Kemampuan Mengenal Lambang Bilangan Anak Usia 5-6,” J. Ris. Rumpun Agama Dan Filsafat, Vol. 2, No. 2, Pp. 204–214, 2023, Doi: 10.55606/Jurrafi.V2i2.2014.

C. Fatikasari Et Al., “Penggunaan Media Ular Tangga Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pada Materi Bangun Ruang Kelas 2 Sdn Plamongansari 02,” Vol. 3, Pp. 8764–8773, 2023.

D. Lestari, I. C. Sayekti, And S. Khanifah, “Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Media Ular Tangga Materi Jenis Sudut Kelas 3 Sdn 3 Temboro,” Educ. J. Educ. Res., Vol. 4, No. 3, Pp. 132–138, 2022, Doi: 10.36654/Educatif.V4i3.213.

P. N. Hidayat, “Permainan Ular Tangga Untuk Anak Sekolah Dasar : Media Pembelajaran Bahasa Indonesia .,” Semin. Nas. Sos. Sains, Pendidikan, Hum., Vol. 1, Pp. 850–854, 2022.

R. Novyana, “Pengaruh Media Permainan Ular Tangga Terhadap Pengetahuan Siswi Smp 6 Ternate Tentang Cara Mengatasi Nyeri Haid,” J. Kebidanan, Vol. 9, No. 2, Pp. 130–135, 2020, Doi: 10.35890/Jkdh.V9i2.158.

D. Wahyuni, “Pengembangan Media Ular Tangga Tematik Pada Tema 4 Subtema 1 ‘ Jenis-Jenis Pekerjaan’ Di Sd Negeri 5 Sekayu.,” Vol. 1, No. 4, Pp. 1–23, 2022, [Online]. Available: Https://Journal-Nusantara.Com/Index.Php/Jim/Article/View/188

F. Al Anshori And S. Sukmawati, “Penerapan Media Pembelajaran Ular Tangga Pada Materi Klasifikasi Makhluk Hidup Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Siswa,” J. Pelita, Vol. 1, No. 1, Pp. 28–36, 2021, [Online]. Available: Https://Pusdig.My.Id/Pelita/Article/View/41

Elva Yunianti; Syamsiah; Hasnaeni, “Upaya Peningkatan Minat Belajar Dan Hasil Belajar Peserta Didik Dengan Media Pembelajaran Ular Tangga,” ©Jp-3 J. Pemikir. Dan Pengemb. Pembelajaran Upaya, Vol. 5, No. 3, P. 457, 2023.

I. Rivai, M. Khaq, And T. Anjarini, “Penerapan Media Ular Tangga Berbantuan Kartu Angka Untuk Meningkatkan Keaktifan Dan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika Kelas Ii,” J. Kualita Pendidik., Vol. 3, No. 1, Pp. 31–37, 2022, Doi: 10.51651/Jkp.V3i1.131.

M. N. Syafria, I. A. Pratiwi, And M. S. Kuryanto, “Pengaruh Media Ular Tangga Keberagaman Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Muatan Ppkn Siswa Sekolah Dasar,” J. Basicedu, Vol. 7, No. 5, Pp. 3111–3117, 2023, Doi: 10.31004/Basicedu.V7i5.5863.

F. A. Daulay And N. R. Rambe, “Penerapan Media Ular Tangga Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas Vii Di Smp Neger 2 Tehoru,” Indones. J. Teach. Teach. Educ., Vol. 1, Pp. 34–39, 2023, Doi: 10.58835/Ijtte.V3i1.196.

E. Setiawati, M. Desri, And E. Solihatulmilah, “Permainan Ular Tangga Dalam Mengingkatkan Kemampuan Moral Anak,” J. Petik, Vol. 5, No. 1, Pp. 85–91, 2019, Doi: 10.31980/Jpetik.V5i1.494.

Hartinawanti And D. F. Nurddin, “Implementasi Modul Ajar Matematika Berbasis Media Ular Tangga Dalam Meningkatkan Literasi Numerasi Siswa Kelas V,” J. Pendidik. Tambusai, Vol. 7, No. 3, Pp. 28634–28642, 2023.

Indryani, “Menghafalkan Bacaan Sholat Secara Kreatif Melalui Permainan Ular Tangga,” Pendidik. Inklusi Anak Usia Dinimeningkatkan Kreat. Dan Kompetensi Guru Paud, No. November, Pp. 685–689, 2019.

Posted

2024-08-14