Preprint has been published in a journal as an article
Preprint / Version 1

Problems of BTQ Learning at SMK Pemuda Krian


Problematika Pembelajaran BTQ di SMK Pemuda Krian

##article.authors##

DOI:

https://doi.org/10.21070/ups.5759

Keywords:

BTQ learning, internal factors, external factors, student motivation, teaching methods, SMK Pemuda Krian

Abstract

The purpose of this study is to examine the internal and external variables that contribute to the problems with BTQ instruction at SMK Pemuda Krian. Descriptive qualitative research methodology is employed, and data is gathered by documentation, observation, and interviews. The findings demonstrated that motivation, IQ, curiosity, and aptitude for pronouncing Arabic letters are among the internal elements influencing class X DKV students' capacity to read the Qur'an. The primary challenges include the impact of regional dialects, limited fundamental understanding of makharijul huruf and tajweed, and challenges in pronouncing hijaiyah letters according to Makhraj. The family setting, parental support, and the educational strategies used by teachers are examples of important external elements.

Downloads

Download data is not yet available.

References

A. Nurkhatiqah, C. Fitri, And D. Rahmatina, “Bedah Makna, Unsur Dan Aspek Ijaz Al-Quran,” Mushaf J. J. Ilmu Al Quran Dan Hadis, Vol. 2, No. 2, Pp. 150–158, 2022, Doi: 10.54443/Mushaf.V2i2.29.

M. Ishak, Syafaruddin., And M. Sit, “Pelaksanaan Program Tilawah Al-Qur’an Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur’an Siswa Di Mas Al Ma’sum Stabat,” J. Edu Relig., Vol. 1, No. 4, Pp. 610–612, 2020.

B. Arifin And S. Setiawati, “Gambaran Strategi Pembelajaran Tahfidz Al-Quran,” J. Pendidik. Tambusai, Vol. 5, No. 2, Pp. 4886–4894, 2021.

S. Khadijah, “Problematika Membaca Al-Qur’an Anak Di Desa Simaninggir Kecamatan Siabu Kabupaten Mandailing Natal,” 2016.

M. Diaz, R. Barquez, And D. Verzi, “Efektivitas Metode Iqro’ Dalam Meningkatkankemampuan Baca Tulis Al-Qur’an Pada Siswa Kelas Ii Di Mit Al-Mabrur Tawangsari,” Vol. 36, No. June, P. 5860, 2020.

R. A. Kamil, “Problematika Pembelajaran Baca Tulis Al-Qur’an Siswa,” Vol. 3, No. 2, Pp. 199–207, 2023.

M. Kartika, “Problematika Peserta Didik Dalam Membaca Al-Qur’an Di Smp Negeri 1 Lembah Melintang,” J. Pendidik. Tambusai, Vol. 6, Pp. 1–8, 2022.

Y. Kusuma, “Model-Model Perkembangan Pembelajaran Btq Di Tpq/Tpa Di Indonesia,” J-Pai J. Pendidik. Agama Islam, Vol. 5, No. 1, Pp. 46–58, 2020, Doi: 10.18860/Jpai.V5i1.6520.

U. S. Karawang, “Problematika Pembelajaran Al- Qur’an Pada Smp Ibnu Sina Bandung,” Pp. 185–192, 2020.

A. Unique, “Efektivitas Metode Pembelajaran Baca Tulis Al-Qur’an (Btq) Terhadap Kemampuan Membaca Al-Qur’an Santri Cilik Tpq Darunnajah Jakarta,” Vol. 1, No. 0, Pp. 1–23, 2020.

H. E. Rahmadani, M. Nur, R. Maksum, D. Ramdhani, And T. A. Mustofa, “Problematika Pembelajaran Baca Tulis Al- Qur’an Pada Generasi Z,” Pp. 144–157, 2020.

M. R. Fadli, “Memahami Desain Metode Penelitian Kualitatif,” Humanika, Vol. 21, No. 1, Pp. 33–54, 2021, Doi: 10.21831/Hum.V21i1.38075.

Aisyah Ayun Khoirurrizki And Betty Mauli Rosa Bustam, “Analisis Rendahnya Minat Baca Al-Qur’an Pada Anak Usia Sekolah,” J. Ilmu Pendidik. Dan Sos., Vol. 1, No. 1, Pp. 47–59, 2023, Doi: 10.58540/Jipsi.V1i1.12.

M. I. R. Aisyah Rahma Fitri Tanjung, Nabila Syafinka Putri, “Efektifitas Pembelajaran Al-Qur’an Terhadap Kualitas Bacaan Al-Qur’an Siswa Di Sekolah Smp Muhammadiyah 50 Medan,” Pendidik. Sos. Hum., Vol. 1, No. 3, Pp. 122–131, 2023.

I. Fauji, E. F. Fahyuni, A. Muhid, And Z. N. Fahmawati, “Implementing Child-Friendly Teaching Methods To Improve Qur’an Reading Ability,” J. Pendidik. Islam, Vol. 6, No. 1, Pp. 69–78, 2020, Doi: 10.15575/Jpi.V6i1.8078.

F. Fetrimen, “Penerapan Literasi Terintegrasi Membaca Al- Qur’an Dengan Proses Pembelajaran Di Madrasah Ibtidaiyah Jamiatul Khoir Kota Tangerang,” J. Bahana Manaj. Pendidik., Vol. 12, No. 1, P. 1, 2023, Doi: 10.24036/Jbmp.V12i1.121781.

Fariz Ahmad, Penelitian Lapangan Di Dalam Kelas Untuk Obervasi Terkait Pembelajaran Btq Secara Langsung Pada Tanggal 22 Juli 2024. 2024.

S. M. Soleha And I. Fauji, “Al-Quran Learning For Autistic Children In School,” Acad. Open, Vol. 6, Pp. 1–11, 2022, Doi: 10.21070/Acopen.6.2022.2689.

Fariz Ahmad, Hasil Observasi Wawancara Dengan Salah Satu Siswa Kelas X Dkv Di Smk Pemuda Krian Pada Terkait Dengan Minat Bakat Siswa Tanggal 23 Juli 2024. 2024.

L. 2023, “Penerapan Metode Talaqqi Kepada Anak-Anak Dalam Pengajaran Ilmu Makhorijul Huruf Dan Tajwid Di Majlis Ta’alim Attawab Kp. Kelapa Kec. Bojonggede Kab. Bogor,” Vol. 4, No. 1, Pp. 88–100, 2023.

Mazidatul Faizah, S. Binti Qoirot, And M. Nasirudin, “Peningkatan Kemampuan Membaca Al Quran Santri Tpq Al Mustaqim Dengan Bimbingan Fashohatul Lisan,” J. Pengabdi. Masy. Bid. Keagamaan, Vol. 1, No. 1, Pp. 38–41, 2020.

Fariz Ahmad, Hasil Observasi Di Dalam Kelas Meninjau Secara Langsung Berbagai Macam Kesulitas Siswa Dan Siswi Kesulitan Dalam Pengucapan Huruf-Huruf Hijaiyah Pada Tanggal 22 Juli 2024. 2024.

Fariz Ahmad, Hasil Wawancara Secara Langsung Dengan Salah Satu Guru Btq, Farnsy Herani Putri Membahas Tentang Kesulitan Dan Hambatan Siswa Dan Siswi Kelas X Dkv Di Smk Pemuda Krian Pada Tanggal22 Juli 2024. 2024.

F. Mahdali, “Analisis Kemampuan Membaca Al-Qur’an Dalam Perspektif Sosiologi Pengetahuan,” Mashdar J. Stud. Al-Qur’an Dan Hadis, Vol. 2, No. 2, Pp. 143–168, 2020, Doi: 10.15548/Mashdar.V2i2.1664.

S. Falah, “Esensi Guru Dalam Visi-Misi Pendidikan Melalui Optimalisasi Manajemen Pendidikan Karakter Pada Peserta Didik,” Islam. Manag. J. Manaj. Pendidik. Islam, Vol. 4, No. 01, P. 1, 2021, Doi: 10.30868/Im.V4i01.1175.

M. Membaca, “Peningkatan Minat Membaca Dan Menulis Al-Quran Siswa Melalui Metode Demonstrasi,” Vol. 1, No. 3, Pp. 254–277, 2020.

F. Ahmad, Hasil Observasi Dengan Salah Satu Walimurud Terkait Motivasi Belajar Dari Dukungan Orang Tua Pada Tanggal 24 Juli 2024. 2024.

E. Safitri, I. Adriati, Arifmiboy, And Charles, “Kreativitas Guru Dalam Meningkatkan Penguasaan Ilmu Tajwid Siswa Di Tpa Al-Mukminin Base Camp Kabupaten Pasaman Barat,” J. Multidisiplin Ilmu, Vol. 1, No. 3, Pp. 474–480, 2022.

J. Pérez Dávila, “Hubungan Pemahaman Ilmu Tajwid Dengan Kemampuan Membaca Al-Qur’an Kelas V Di Min 1 Bandar Lampung,” Vol. 21, No. 1, Pp. 1–9, 2020.

Fariz Ahmad, Hasil Wawancara Dengan Kepala Sekolah Smk Pemuda Krian Terkait Dengan Metode Pengajaran Guru Mencakup Variasi Metode Pengajaran Yang Digunakan, Keterlibatan Siswa Dalam Proses Pembelajaran Btq Di Kelas, Pada Tanggal 24 Juli 2024. 2024.

M. Hisyam, “Strategi Guru Btq Dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Siswa Di Smp Muhammadiyah 4 Gempol Pasuruan,” 2023.

Kasmira, A. Jariyah, And M. R. Tasman, “Peningkatan Kemampuan Membaca Alquran Melalui Metode Tajwid Card Pada Santri Tk/Tpa Nurul Iman Jalan Rappokalling Kelurahan Tammua Kec. Tallo,” Pena, Vol. 2, No. 2, Pp. 329–338, 2020.

N. Abdurroozzaq And J. Abidin, “Konsep Pembelajaran Ilmu Tajwid Dalam Kitab Hidayatus Shibyan,” J. Penelit. Dan Pemikir. Keislam., Vol. 9, No. 2, Pp. 148–154, 2022.

Kirana, “Upaya Guru Pai Dalam Meningkatkan Minat Baca Al’qur’an Pada Siswa Jelas Ii Ips Di Sma Negeri 1 Tanalili Kecamatan Bone-Bone Kabupaten Luwu Utara,” Pp. 1–76, 2020.

L. Apriani, “Menurunnya Minat Membaca Al-Qur’an Dan Solusinya Bagi Anak Usia Sekolah Di Desa Sidaresmi Kecamatan Pabedilan Kabupaten Cirebon (Studi Kasus Anak Usia 13-18 Tahun Di Blok Manis),” P. 25, 2020.

A. Djul Fadli And R. Maya, “Upaya Orangtua Dalam Meningkatkanminat Baca Al-Quran Anak Dalam Keluarga,” Sekol. Tinggi Agama Islam Al Hidayah Bogor, Vol., No., P. 13, 2020.

A. Nurkhatiqah, C. Fitri, And D. Rahmatina, “Bedah Makna, Unsur Dan Aspek Ijaz Al-Quran,” Mushaf J. J. Ilmu Al Quran Dan Hadis, Vol. 2, No. 2, Pp. 150–158, 2022, Doi: 10.54443/Mushaf.V2i2.29.

M. Ishak, Syafaruddin., And M. Sit, “Pelaksanaan Program Tilawah Al-Qur’an Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur’an Siswa Di Mas Al Ma’sum Stabat,” J. Edu Relig., Vol. 1, No. 4, Pp. 610–612, 2020.

B. Arifin And S. Setiawati, “Gambaran Strategi Pembelajaran Tahfidz Al-Quran,” J. Pendidik. Tambusai, Vol. 5, No. 2, Pp. 4886–4894, 2021.

S. Khadijah, “Problematika Membaca Al-Qur’an Anak Di Desa Simaninggir Kecamatan Siabu Kabupaten Mandailing Natal,” 2016.

M. Diaz, R. Barquez, And D. Verzi, “Efektivitas Metode Iqro’ Dalam Meningkatkankemampuan Baca Tulis Al-Qur’an Pada Siswa Kelas Ii Di Mit Al-Mabrur Tawangsari,” Vol. 36, No. June, P. 5860, 2020.

R. A. Kamil, “Problematika Pembelajaran Baca Tulis Al-Qur’an Siswa,” Vol. 3, No. 2, Pp. 199–207, 2023.

M. Kartika, “Problematika Peserta Didik Dalam Membaca Al-Qur’an Di Smp Negeri 1 Lembah Melintang,” J. Pendidik. Tambusai, Vol. 6, Pp. 1–8, 2022.

Y. Kusuma, “Model-Model Perkembangan Pembelajaran Btq Di Tpq/Tpa Di Indonesia,” J-Pai J. Pendidik. Agama Islam, Vol. 5, No. 1, Pp. 46–58, 2020, Doi: 10.18860/Jpai.V5i1.6520.

U. S. Karawang, “Problematika Pembelajaran Al- Qur’an Pada Smp Ibnu Sina Bandung,” Pp. 185–192, 2020.

A. Unique, “Efektivitas Metode Pembelajaran Baca Tulis Al-Qur’an (Btq) Terhadap Kemampuan Membaca Al-Qur’an Santri Cilik Tpq Darunnajah Jakarta,” Vol. 1, No. 0, Pp. 1–23, 2020.

H. E. Rahmadani, M. Nur, R. Maksum, D. Ramdhani, And T. A. Mustofa, “Problematika Pembelajaran Baca Tulis Al- Qur’an Pada Generasi Z,” Pp. 144–157, 2020.

M. R. Fadli, “Memahami Desain Metode Penelitian Kualitatif,” Humanika, Vol. 21, No. 1, Pp. 33–54, 2021, Doi: 10.21831/Hum.V21i1.38075.

Aisyah Ayun Khoirurrizki And Betty Mauli Rosa Bustam, “Analisis Rendahnya Minat Baca Al-Qur’an Pada Anak Usia Sekolah,” J. Ilmu Pendidik. Dan Sos., Vol. 1, No. 1, Pp. 47–59, 2023, Doi: 10.58540/Jipsi.V1i1.12.

M. I. R. Aisyah Rahma Fitri Tanjung, Nabila Syafinka Putri, “Efektifitas Pembelajaran Al-Qur’an Terhadap Kualitas Bacaan Al-Qur’an Siswa Di Sekolah Smp Muhammadiyah 50 Medan,” Pendidik. Sos. Hum., Vol. 1, No. 3, Pp. 122–131, 2023.

I. Fauji, E. F. Fahyuni, A. Muhid, And Z. N. Fahmawati, “Implementing Child-Friendly Teaching Methods To Improve Qur’an Reading Ability,” J. Pendidik. Islam, Vol. 6, No. 1, Pp. 69–78, 2020, Doi: 10.15575/Jpi.V6i1.8078.

F. Fetrimen, “Penerapan Literasi Terintegrasi Membaca Al- Qur’an Dengan Proses Pembelajaran Di Madrasah Ibtidaiyah Jamiatul Khoir Kota Tangerang,” J. Bahana Manaj. Pendidik., Vol. 12, No. 1, P. 1, 2023, Doi: 10.24036/Jbmp.V12i1.121781.

Fariz Ahmad, Penelitian Lapangan Di Dalam Kelas Untuk Obervasi Terkait Pembelajaran Btq Secara Langsung Pada Tanggal 22 Juli 2024. 2024.

S. M. Soleha And I. Fauji, “Al-Quran Learning For Autistic Children In School,” Acad. Open, Vol. 6, Pp. 1–11, 2022, Doi: 10.21070/Acopen.6.2022.2689.

Fariz Ahmad, Hasil Observasi Wawancara Dengan Salah Satu Siswa Kelas X Dkv Di Smk Pemuda Krian Pada Terkait Dengan Minat Bakat Siswa Tanggal 23 Juli 2024. 2024.

L. 2023, “Penerapan Metode Talaqqi Kepada Anak-Anak Dalam Pengajaran Ilmu Makhorijul Huruf Dan Tajwid Di Majlis Ta’alim Attawab Kp. Kelapa Kec. Bojonggede Kab. Bogor,” Vol. 4, No. 1, Pp. 88–100, 2023.

Mazidatul Faizah, S. Binti Qoirot, And M. Nasirudin, “Peningkatan Kemampuan Membaca Al Quran Santri Tpq Al Mustaqim Dengan Bimbingan Fashohatul Lisan,” J. Pengabdi. Masy. Bid. Keagamaan, Vol. 1, No. 1, Pp. 38–41, 2020.

Fariz Ahmad, Hasil Observasi Di Dalam Kelas Meninjau Secara Langsung Berbagai Macam Kesulitas Siswa Dan Siswi Kesulitan Dalam Pengucapan Huruf-Huruf Hijaiyah Pada Tanggal 22 Juli 2024. 2024.

Fariz Ahmad, Hasil Wawancara Secara Langsung Dengan Salah Satu Guru Btq, Farnsy Herani Putri Membahas Tentang Kesulitan Dan Hambatan Siswa Dan Siswi Kelas X Dkv Di Smk Pemuda Krian Pada Tanggal22 Juli 2024. 2024.

F. Mahdali, “Analisis Kemampuan Membaca Al-Qur’an Dalam Perspektif Sosiologi Pengetahuan,” Mashdar J. Stud. Al-Qur’an Dan Hadis, Vol. 2, No. 2, Pp. 143–168, 2020, Doi: 10.15548/Mashdar.V2i2.1664.

S. Falah, “Esensi Guru Dalam Visi-Misi Pendidikan Melalui Optimalisasi Manajemen Pendidikan Karakter Pada Peserta Didik,” Islam. Manag. J. Manaj. Pendidik. Islam, Vol. 4, No. 01, P. 1, 2021, Doi: 10.30868/Im.V4i01.1175.

M. Membaca, “Peningkatan Minat Membaca Dan Menulis Al-Quran Siswa Melalui Metode Demonstrasi,” Vol. 1, No. 3, Pp. 254–277, 2020.

F. Ahmad, Hasil Observasi Dengan Salah Satu Walimurud Terkait Motivasi Belajar Dari Dukungan Orang Tua Pada Tanggal 24 Juli 2024. 2024.

E. Safitri, I. Adriati, Arifmiboy, And Charles, “Kreativitas Guru Dalam Meningkatkan Penguasaan Ilmu Tajwid Siswa Di Tpa Al-Mukminin Base Camp Kabupaten Pasaman Barat,” J. Multidisiplin Ilmu, Vol. 1, No. 3, Pp. 474–480, 2022.

J. Pérez Dávila, “Hubungan Pemahaman Ilmu Tajwid Dengan Kemampuan Membaca Al-Qur’an Kelas V Di Min 1 Bandar Lampung,” Vol. 21, No. 1, Pp. 1–9, 2020.

Fariz Ahmad, Hasil Wawancara Dengan Kepala Sekolah Smk Pemuda Krian Terkait Dengan Metode Pengajaran Guru Mencakup Variasi Metode Pengajaran Yang Digunakan, Keterlibatan Siswa Dalam Proses Pembelajaran Btq Di Kelas, Pada Tanggal 24 Juli 2024. 2024.

M. Hisyam, “Strategi Guru Btq Dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Siswa Di Smp Muhammadiyah 4 Gempol Pasuruan,” 2023.

Kasmira, A. Jariyah, And M. R. Tasman, “Peningkatan Kemampuan Membaca Alquran Melalui Metode Tajwid Card Pada Santri Tk/Tpa Nurul Iman Jalan Rappokalling Kelurahan Tammua Kec. Tallo,” Pena, Vol. 2, No. 2, Pp. 329–338, 2020.

N. Abdurroozzaq And J. Abidin, “Konsep Pembelajaran Ilmu Tajwid Dalam Kitab Hidayatus Shibyan,” J. Penelit. Dan Pemikir. Keislam., Vol. 9, No. 2, Pp. 148–154, 2022.

Kirana, “Upaya Guru Pai Dalam Meningkatkan Minat Baca Al’qur’an Pada Siswa Jelas Ii Ips Di Sma Negeri 1 Tanalili Kecamatan Bone-Bone Kabupaten Luwu Utara,” Pp. 1–76, 2020.

L. Apriani, “Menurunnya Minat Membaca Al-Qur’an Dan Solusinya Bagi Anak Usia Sekolah Di Desa Sidaresmi Kecamatan Pabedilan Kabupaten Cirebon (Studi Kasus Anak Usia 13-18 Tahun Di Blok Manis),” P. 25, 2020.

A. Djul Fadli And R. Maya, “Upaya Orangtua Dalam Meningkatkanminat Baca Al-Quran Anak Dalam Keluarga,” Sekol. Tinggi Agama Islam Al Hidayah Bogor, Vol., No., P. 13, 2020.

Posted

2024-08-08