DOI of the published article https://doi.org/10.53802/hikmah.v21i1.361
Al-Quran Learning Strategy Using the Tahsin Approach in Improving the Quality of Santri Al-Quran Reading in Islamic Boarding Schools
Strategi Pembelajaran Al-Quran dengan Pendekatan Tahsin dalam Memperbaiki Kualitas Bacaan Al-Quran Santri di Pondok Pesantren
DOI:
https://doi.org/10.21070/ups.5603Keywords:
Strategy, Learning Al Qur'an, Tahsin, QualityAbstract
One of the fundamental problems that occurs among Muslims is the increasing level of young Muslims who are still less able to read and write the Quran properly and correctly. Therefore, the aim of this research is to describe how Al-Quran learning strategies improve the quality of students' Al-Quran reading in Islamic boarding schools. The research method used is qualitative research with a descriptive approach. The research location used in this research is the Bangsal Islamic Boarding School. The data collection methods used are observation, interviews, and documentation methods and data analysis techniques use descriptive analysis. The research results show that the Al-Quran learning strategy using the At Tahsin approach to improve the quality of students' Al-Quran reading at the Bangsal Islamic Boarding School is carried out with a leveling strategy consisting of 3 classes, namely reading class 1, reading class 2, and reading class 3 with recitation material.
Downloads
References
Silmi, B., Fahyuni, E. F., & Astutik, A. P, Analisis Penerapan Model Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Pai Siswa Sekolah Dasar. AL-MUADDIB: Jurnal Kajian Ilmu Kependidikan, 4(2), 2022, h. 135-146.
Hasanah, L. S, Model Pembelajaran Discovery Learning dalam Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Pasca Pandemi Covid-19. Hubungan model pembelajaran 17(1), 2012.
Aini, I., & Astutik, A. P, Integrasi Pembelajaran Al Qur’an Hadits dan Sains Melalui Model Discovery Learning. Munaddhomah: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 4(2), 2023, h. 284-296.
Salahuddin, Rahmad, Kerangka Epistemologi Ilmu Dalam Psikologi Islam. Journal of Islamic and Muhammadiyah Studies 1(1), 2020, h. 21–39.
Hakim Habibullah, Abdul, Devy Habibi Muhammad, and Ari Susandi, Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Yang Terdapat Dalam Kisah Umar Bin Abdul Aziz. AlMuaddib 4(1), 2022, h. 29–44.
Aspani, Strategi Pembelajaran Baca Tulis Al-Qur'an Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca dan Menulis Al-Qur'an di MTSN 9 Hulu Sungai Tengah. Jurnal Penelitian Tindakan dan Pendidikan, 2021, h. 17-28.
Aulia, A., Rahmawati, I., Nisa, S. T., Kholik, T. A., & Akbar, R. T. M., Aktualisasi Strategi Pembelajaran Baca Tulis Al-Qur’an dengan Metode Iqro’guna Meningkatkan Kualitas Pemahaman Al Quran. Proceedings UIN Sunan Gunung Djati Bandung, 1(15), 2021, h. 134-144.
Marlangen, A. R., Astutik, A. P., & Fahyuni, E. F, Strategi Sekolah Dalam Mencetak Generasi Qur’ani. Jurnal PAI Raden Fatah, 5(2), 2023, h. 339-353.
Fathur Rachman J, Muh. Rizal Masdul, dan Gazali Gazali, Strategi Rumah Quran Ihsan Palu dalam Membina Taman Pengajian di Kelurahan Tanamodindi Kecematan Mantikulore Kota Palu, Jurnal Kolaboratif Sains 5, no. 6, 2022, h. 85–95.
F A Nasution, Implementasi Manajemen Sumber Daya Guru dalam Mewujudkan Generasi Qur’ani di Pondok Pesantren Al-Mukhlisin Kabupaten Padang Lawas, 2021.
Siregar, A., Chairunnisa, A. M., Syaifullah, M., Sitepu, N. P. S. B., & Herman, N. A. S. Strategi Pembelajaran Baca Tulis Al-Qur’an dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca dan Menulis Al-Qur’an pada Siswa Sekolah Dasar. Journal on Teacher Education, 3(3), 2022, h. 526-535.
Arifin, B., & Setiawati, S. Gambaran strategi pembelajaran tahfidz Al-Quran. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(2), 2021, h. 4886-4894.
Inten, D. N. I. D. N., Aziz, H., Khambali, K., & Mulyani, D. Upaya Meningkatkan Kualitas Pengajaran Al-Quran di Madrasah Diniyah Berbasis Blended Learning Saat Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(1), 2021, h. 1-9.
Rafika, Indah. As’ad Badar, dan Usmaidar. Peran Lembaga Pendidikan NonFormal Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Dan Menulis Al-Qur’an Bagi Anak Putus Sekolah Di Desa Air Hitam Kecamatan Gebang. Cybernetics: Journal Educational Research and Social Studies, 3,(2), April 2022.
Muhibbin Syah, Psikologi Pendidikan Dengan Pendekatan Baru. (Bandung, PT. Remaja Rosda Karya, 2003), hal 214.
Oemar Hamalik, Kurikulum dan Pembelajara, (Jakarta, Bumi Aksara, 2003), hal. 57
Arfiani, Nina, and Tazkira, Studi Analisis Model Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem Based Learning) Dalam Mengembangkan Berpikir Kritis Peserta Didik Di SMP Negeri 1 Palu. Scolae: Journal of Pedagogy 1(1), 2019, h.230–37.
Sofyan, N., & Hendra, S. H. Strategi Pembelajaran Al-quran di Ma'had Al-jami'ah Uin Ar-raniry Banda Aceh. Edukasi, 17(1), 2019, h. 294490.
Windarto, A. W. W, Standar Kompetensi Lulusan Dan Standar Isi 46 Kurikulum PAI di Madrasah Ibtidaiyah (Analisis Kma Nomor 183 Tahun 2019 Tentang Kurikulum Pai Dan Bahasa Arab). AlMadrasah : Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 7(2), 2023, h. 904–917.
Hidayat, S., Maya, R., & Sarifudin, S, Implementasi Metode At-Tahsin dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Alquran pada Taman Pendidikan Alquran (TPA) Hunafa Anak Shaleh dan Shalehah Kecamatan Jagarkarsa Kota Jakarta Selatan. Prosa PAI: Prosiding Al Hidayah Pendidikan Agama Islam, 1(1), 2018, h. 76–87
Kariyanto, H. Peran pondok pesantren dalam masyarakat modern. Jurnal Pendidikan" EDUKASIA MULTIKULTURA", 2(2), 2020, h. 67-82.
Binti Maunah, Tradisi Intelektual Santri Dalam Tantangan dan Hambatan Pendidikan Pesantren di Masa Depan, (Yogyakarta : Teras, 2009), h.16
Muthmainnah, Peran Kurikulum Pesantren dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca dan Menulis Al-Qur’an (Penelitian Pada Pondok Pesantren Mardhatillah al-Mumtazah Picung dan Pondok Pesantren Daar el-Ulum Saketi Pandeglang). Magister thesis, UIN SMH BANTEN, 2021
Arifin, Moch. Bahak Udin By & Nurdyansyah, Buku Ajar Metodologi Penelitian Pendidikan, (Sidoarjo: UMSIDA Press, 2018).
Lexy J Moleong, Metodologi Penelitian Kualitatif, (Bandung: Remaja Rosda Karya, 2006), hlm. 112
Cahyadi, R. A. W. 2019. Strategi Pembelajaran Al-Qur’an Dalam Meningkatkan Kualitas Bacaan Al-Qur’an Santri Di Pondok Pesantren Al-Azhar Kota Pagaralam (Doctoral dissertation, IAIN BENGKULU).
Downloads
Additional Files
Posted
License
Copyright (c) 2024 UMSIDA Preprints Server
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.