Preprint has been published in a journal as an article
Preprint / Version 1

Analysis of Operational Costs, Prices and Product Quality on Increasing Income for Culinary MSMEs in Sidoarjo


Analisis Biaya Operasional, Harga dan Kualitas Produk Terhadap Peningkatan Pendapatan Pada UMKM Kuliner di Sidoarjo

##article.authors##

DOI:

https://doi.org/10.21070/ups.5348

Keywords:

UMKM, Operational Management, Price, Product Quality, Increasing Income

Abstract

This research aims to analyze the influence of Operational Costs (X1), Price (X2), and Product Quality (X3) on Increasing Income (Y) among UMKM in Sidoarjo. This research is quantitative research with SEM-PLS as a data analysis method with the Smart PLS 3.0 program. Data was collected through a questionnaire distributed to 100 respondents. The research sample is UMKM culinary actors in Sidoarjo, with each variable measured using certain item statements. 

Downloads

Download data is not yet available.

References

H. Sularsih Prodi Akuntansi and S. Tinggi Ilmu Ekonomi Gempol, “Transformasi digital dan financial technology terhadap peningkatan pendapatan umkm dimasa pandemi Covid-19 di Kabupaten Pasuruan,” J. Paradig. Ekon., vol. 17, no. 3, pp. 2085–1960, 2022.

L. Gustina, W. Novita, and Y. Triadi, “Pengaruh E-commerce Terhadap Peningkatan Pendapatan UMKM di Kota Padang,” J. Teknol. Dan Sist. Inf. Bisnis, vol. 4, no. 1, p. 153, 2022.

N. I. Purnama, S. H. Harahap, and D. S. Siregar, “Pengaruh Harga, Kualitas Produk Dan Suasana Toko Terhadap Loyalitas Konsumen Ompu Gende Coffee,” Balanc. J. Akunt. dan Manaj., vol. 1, no. 1, pp. 18–24, 2022, doi: 10.59086/jam.v1i1.4.

Fauzan Haqiqi, Rahma Dewi Susanti, and Ferawati, “Analisis Pengaruh Pemberian Modal Kerja Dan Biaya Produksi Terhadap Peningkatan Pendapatan Usaha Kecil Menengah Di Desa Pongkar Kecamatan Tebing Kabupaten Karimun (Tahun 2014 – 2018),” J. Cafe., vol. 1, no. 1, pp. 63–72, 2020, doi: 10.51742/akuntansi.v1i1.54.

Aldy dwi mulyana, “M. Deva Sutarno. 2021 Pengaruh Harga, Lokasi, dan Kualitas Produk terhadap Keputusan Pembelian UMKM (Studi Kasus UMKM Kuliner Cisauk Corner Kecamatan Cisauk, Kbupaten Tangerang),” J. Inf., vol. 2, no. 30, pp. 1–17, 2013.

E. Purnaningrum, I. M. B. Dwiarta, T. Ariprabowo, R. B. D. Waryanto, and A. Prasetyo, “Pemberdayaan UMKM Disabilitas Trenggalek untuk Peningkatan Pendapatan Pasca Pandemi melalui Upgrading Sosial Media,” Ekobis Abdimas J. Pengabdi. Masy., vol. 2, no. 2, pp. 94–99, 2021, doi: 10.36456/ekobisabdimas.2.2.4858.

F. A. Pratama et al., “Pengembangan Umkm Sidoarjo Sufyah Craft Aksesoris Melalui E-Commerce,” vol. 1, no. 5, pp. 475–480, 2023.

M. B. B. and E. Plutzer, “No Pengaruh Payment Gateway, Literasi Keuangan, Motivasi dan Locus Of Control terhadap Kinerjausaha Mikro Kecil dan Menengahdi Kota Sidoarjo Title,” p. 6, 2021.

Y. Casmadi and I. Aziz, “Pengaruh Biaya Produksi & Biaya Operasional terhadap Laba Bersih pada PT. Ultrajaya Milk Industry & Trading Company, Tbk.,” J. Akuntansi, vol. Vol 11, no. 1, p. hal 1-12., 2019.

D. Andriany and M. Arda, “Pengaruh Harga, Kualitas Produk, dan Suasana Toko Terhadap Loyalitas Konsumen Starbucks,” Semin. Nas. Multidisiplin Ilmu, vol. 3, no. 1, pp. 186–197, 2022.

M. K. Hafidzi, F. Rizqi, and A. Jumani, “Literature Review Pengaruh Harga, Kualitas Produk Dan Lokasi Terhadap Pengambilan Keputusan Pembelian,” J. Ilmu Multidisiplin, vol. 1, no. 1, pp. 203–214, 2022, [Online]. Available: https://doi.org/10.38035/jim.v1i1

M. Mahmud, “Pemanfaatan Media Sosial & E-Commerce Guna Peningkatan Penjualan Produk UMKM Pada Masa Pandemi,” Mopolayio J. Pengabdi. Ekon., vol. 02, no. 01, pp. 20–28, 2022.

L. Rahmawati and Kosasih, “Sub Sektor Logam Dan Sejenisnya Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Periode 2014-2018,” vol. 5, no. 4, pp. 834–844, 2020.

W. Jeanne Clarisa Wetik, “Pengaruh Pendapatan Usaha dan Biaya Operasional terhadap Laba Bersih Survey pada Perusahaan Jasa Sub Sektor Transportasi yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia,” Kinabalu, vol. 11, no. 2, pp. 50–57, 2019.

Y. Triwidatin, A. Jamaludin, M. N. Afif, and H. Hurriyaturrohman, “Pengaruh Penetapan Harga Pokok Produksi Dan Strategi Pemasaran Terhadap Tingkat Pendapatan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM),” J. Akunida, vol. 8, no. 1, pp. 65–75, 2022, doi: 10.30997/jakd.v8i1.4872.

M. O. Dewi and E. Marsepa, “Jusuf, Jopie. 2008. Analisis Kredit untuk Account Officer. Jakarta: PTGramedia Pustaka Utama.,” Nusant. Hasana J., vol. 1, no. 7, pp. 33–37, 2021.

M. I. Mu’tashim and A. S. Slamet, “Pengaruh Kualitas Produk dan Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Konsumen (Studi Kasus Pada Coffee Shop di Kota Bogor),” J. Manaj. dan Organ., vol. 10, no. 2, pp. 118–132, 2020, doi: 10.29244/jmo.v10i2.30131.

A. Syahputra, E. Ervina, and M. Melisa, “Pengaruh Modal Usaha, Lokasi Usaha, Lokasi Pemasaran dan Kualitas Produk terhadap Pendapatan UMKM,” J. Manag. Bussines, vol. 4, no. 1, pp. 183–198, 2022, doi: 10.31539/jomb.v4i1.3498.

D. Maryana and A. S. Febriliani, “Pengaruh Biaya Produksi Dan Biaya Operasional Terhadap Laba Bersih Pada Pt. Unilever Indonesia Tbk. Periode 2013-2020,” J. Akunt., vol. 14, no. 2, pp. 42–56, 2021, [Online]. Available: https://ejurnal.ulbi.ac.id/index.php/akuntansi/article/view/1903/903

M. Tahulending and S. N. Rondonuwu, “Analisis Pengendalian Biaya Operasional Terhadap Peningkatan Laba Pada CV. Kombos Tendean Manado,” J. LPPM Bid. EkoSosBudKum (Ekonomi,Sosial,Budaya, dan Hukum), vol. 6, no. 1, pp. 543–554, 2022.

M. Nuryayi and deden edwar yokeu Benardin, “Pengaruh Biaya Operasional Dan Arus Kas (Aktivitas Operasi) Terhadap Profitabilitas Pada Pt. Pindad (Persero) Bandung,” Ecodemica, vol. III, no. 1, pp. 380–389, 2015.

S. A. Sani, M. Batubara, P. R. Silalahi, R. R. Syahputri, and V. Liana, “Pengaruh Promosi, Kualitas Produk dan Harga terhadap Keputusan Pembelian Konsumen pada Produk Scarlett Whitening,” Al-Kharaj J. Ekon. Keuang. Bisnis Syariah, vol. 4, no. 5, pp. 1327–1342, 2022, doi: 10.47467/alkharaj.v4i5.931.

I. Z. Firdaus, P. Purwoko, and R. R. Setyawan, “Analisis Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Distribusi Dan Merek Terhadap Minat Beli Konsumen,” J. Ilm. Manajemen, Ekon. Akunt., vol. 6, no. 3, pp. 1466–1478, 2022, doi: 10.31955/mea.v6i3.2491.

S. N. Rohmah and S. Oktapiani, “Pengaruh Harga Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Masker Medis Sensi Pada Mahasiswa Universitas Teknologi Sumbawa,” J. Manaj. dan Bisnis, vol. 4, no. 2, pp. 43–49, 2021.

J. K. D. I. Savira and V. S. N. Yulianti, “Pengaruh Citra Merek, Kualitas Produk, Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Pada Thrift Shop,” J. Kewirausahaan dan Ino-vasi, vol. 1, no. 1, pp. 110–118, 2022, [Online]. Available: http://dx.doi.org/10.21776/jki.2022.01.1.12.

A. R. Anggraeni and E. . Soliha, “Kualitas produk, citra merek dan persepsi harga terhadap keputusan pembelian (Studi pada konsumen Kopi Lain Hati Lamper Kota Semarang),” Al Tijarah, vol. 6, no. 3, p. 96, 2020, doi: 10.21111/tijarah.v6i3.5612.

A. Febrida, D. H. Ridwan, and D. H. Nastiti, “Analisis Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan, Dan Citra Merek Terhadap Kepuasan Konsumen Thai Tea Pada Generasi Millenial,” J. Bus. Manag. Econ. Account. Natl. Semin., vol. 1, pp. 500–513, 2020.

Aulia Rosmaniar, “DEMAnD Digital Economic, Management and Accounting Knowledge Development,” 2021.

I. Ismaulina, D. M. Resa, and S. Nasution, “Peningkatan Pendapatan UMKM Melalui Pembiayaan Syariah dan Pemberdayaan,” BISNIS J. Bisnis dan Manaj. Islam, vol. 10, no. 2, p. 325, 2022, doi: 10.21043/bisnis.v10i2.13739.

Eka Putra Nuzuri and Andriani, “Peranan Pembiayaan Murabahah dalam Meningkatkan Pendapatan Usaha,” Wadiah, vol. 2, no. 1, pp. 1–17, 2018, doi: 10.30762/wadiah.v2i1.2989.

T. Anugrah, Purwanto, Suyoto, “Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Harga terhadap Kepuasan Pelanggan First Media di Pondok Aren Tangerang Selatan,” J. kewarganegaraan, vol. 6, no. 1, pp. 1–17, 2022.

B. L. Iverson and P. B. Dervan, No Hamid, R. S., & Anwar, S. M. (2019). Structural Equation Modeling (SEM) Berbasis Varian : Konsep Dasar dan Aplikasi dengan Program SmartPLS 3.2.8 dalam Riset Bisnis. PT. Inkubator Penulis Indonesia Title.

Posted

2024-07-29