Preprint has been published in a journal as an article
Preprint / Version 1

Improving Concentration Through Storytelling Methods Using Hand Puppets for Children Aged 4-5 Years at Roudlotul Hidayah Pakis Kindergarten


Meningkatkan Konsentrasi Melalui Metode Bercerita Menggunakan Media Boneka Tangan Pada Anak Usia 4-5 Tahun di TK Roudlotul Hidayah Pakis

##article.authors##

DOI:

https://doi.org/10.21070/ups.4993

Keywords:

Concentration, Storytelling Method, Hand Puppet Media, Early Childhood

Abstract

This research was motivated by young children's lack of concentration in learning, such as a lack of understanding of the information provided, not focusing on the learning material. In this regard, it is very important to know the developmental problems that are occurring for each individual in their development stage. The method used in this research is Classroom Action Research (PTK). The results of this research show that after carrying out actions using the storytelling method using hand puppets, young children can improve the concentration of young children, thereby creating conducive and enjoyable learning situations and conditions.

Downloads

Download data is not yet available.

References

S. H. Khotimah, T. Sunaryati, and S. Suhartini, “Penerapan Media Gambar Sebagai Upaya dalam Peningkatan Konsentrasi Belajar Anak Usia Dini,” J. Obs. J. Pendidik. Anak Usia Dini, vol. 5, no. 1, p. 676, 2020, doi: 10.31004/obsesi.v5i1.683.

D. Arisandy, “Pengaruh Metode Bercerita Terhadap PeningkatanKonsentrasi Anak Usia 3 Tahun Di Denali DevelopmentCentre Palembang,” J. Pengabdi. Kpd. Masy. Nusant. , vol. 4, no. 3, pp. 2856–2862, 2023, [Online]. Available: file:///C:/Users/lenovo/Downloads/1615-Article Text-11236-1-10-20230930.pdf

L. Iswandi, “Peran Guru Dalam Meningkatkan Motivasi Dan Konsentrasi Belajar Anak Usia Dini,” J. Al Mahsuni, vol. 2, no. 1, pp. 16–22, 2019.

C. Cecep, D. Thosin Waskita, and N. Sabilah, “Upaya Meningkatkan Konsentrasi Belajar Anak Usia Dini Melalui Metode Demonstrasi,” J. Tahsinia, vol. 3, no. 1, pp. 63–70, 2022, doi: 10.57171/jt.v3i1.313.

A.Istiqomah, “UPAYA MENINGKATKAN PERHATIAN ANAK MELALUI METODE BERCERITA DENGAN MEDIA BONEKA TANGAN PADA ANAK KELOMPOK A TK ABA JOGOYUDAN YOGYAKARTA,” vol. II, no. September, pp. 1–15, 2015.

tien asmara Palintan, S. Mulianah, and Hariska, “Anakta,” Anakta J., vol. 1, no. 1, pp. 87–92, 2021.

A. K. Penelitian, “Arif Rohman, Memahami Pendidikan dan Ilmu Pendidikan (Yogyakarta: Laksbang Mediatama, 2009), hlm. 5-10.”.

G. R. Sari, M. A. M. Habibi, and I. M. S. Astawa, “Pengaruh Metode Bercerita Menggunakan Media Boneka Tangan Terhadap Perkembangan Berbicara Anak Usia 5-6 Tahun Kelompok B Tk Asmaul Husna Desa Embung,” J. Mutiara Pendidik., vol. 2, no. 1, pp. 14–21, 2022, doi: 10.29303/jmp.v2i1.3519.

“Wilhelmina-Roslin.Com.Id”.

I. A. Erna Purba, Abas Yusuf and PG-PAUD, “PENINGKATAN NILAI-NILAI AGAMA DAN MORAL MELALUI BERCERITA PADA ANAK USIA 4-5 TAHUN,” J. Petrol., vol. 369, no. 1, pp. 1689–1699, 2013, [Online]. Available: http://dx.doi.org/10.1016/j.jsames.2011.03.003%0Ahttps://doi.org/10.1016/j.gr.2017.08.001%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016/j.precamres.2014.12.018%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016/j.precamres.2011.08.005%0Ahttp://dx.doi.org/10.1080/00206814.2014.902757%0Ahttp://dx.

A. Pratiwi, “Meningkatkan konsentrasi anak usia 5-6 tahun melalui metode bercerita dengan berbagai media,” Pros. Semin. Nas. PG PAUD UNTIRTA 2019 Permainan Tradis. VS Digit., pp. 63–72, 2019, [Online]. Available: http://semnaspgpaud.untirta.ac.id/index.php/

G. Pitaloka, “Penerapan Metode Bercerita untuk Meningkatkan Konsentrasi Belajar Anak Kelompok B3 TK IT Salsabila Al-Muthi’in Banguntapan, Bantul,” Golden Age J. Ilm. Tumbuh Kembang Anak Usia Dini, vol. 4, no. 4, pp. 1–12, 2019, doi: 10.14421/jga.2019.44-01.

D. Karnemi, D. N. Fauziah, and R. Syafrida, “Implementasi Metode Bercerita Terhadap Kemampuan Bahasa Anak Usia 4-5 Tahun Di Paud Sahabat Kecamatan Rawamerta,” Pratama Widya J. Pendidik. Anak Usia Dini, vol. 6, no. 2, p. 152, 2021, doi: 10.25078/pw.v6i2.2803.

P. Listyani, “Penerapan Metode Bercerita Dengan Boneka Tangan Pada Application Method of Stories Telling With Hands Puppet To Group a,” J. Ilm. Pendidik. Pancasila Dan Kewarganegaraan, pp. 497–506, 2021.

B. Zaman, M. Pd, and H. C. Eliyawati, “Media Pembelajaran Anak Usia Dini,” Media Pembelajaran Anak Usia Dini, p. 34, 2010, [Online]. Available: http://file.upi.edu/Direktori/FIP/JUR._PGTK/197010221998022-CUCU_ELIYAWATI/MEDIA_PEMBELAJARAN_ANAK_USIA_DINI-PPG_UPI.pdf

H. Zaini and K. Dewi, “Pentingnya Media Pembelajaran Untuk Anak Usia Dini,” Raudhatul Athfal J. Pendidik. Islam Anak Usia Dini, vol. 1, no. 1, pp. 81–96, 2017, doi: 10.19109/ra.v1i1.1489.

J. Sulianto, M. F. A. Untari, and F. Yulianti, “Profil Cerita Anak Dan Media Boneka Tangan Dalam Metode Bercerita Berkarakter Untuk Siswa Sd,” Mimb. Sekol. Dasar, vol. 1, no. 2, pp. 113–122, 2014, doi: 10.17509/mimbar-sd.v1i2.872.

W. Puspita, H. Kuswardani, L. Martiatun, and R. D. A. Chandra, “Meningkatkan Keterampilan Berbicara Melalui Metode Bercerita Dengan Media Boneka Tangan Tentang Edukasi Seks di PAUD Terpadu Ananda Bondowoso,” JECIE (Journal Early Child. Incl. Educ., vol. 7, no. 1, pp. 256–265, 2023, doi: 10.31537/jecie.v7i1.1519.

M. P. Dr. Anda Juanda, PENELITIAN TINDAKAN KELAS (CLASSROOM ACTION RESEARCH).

R. Agustin, Budiono, and Sucipto, “Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik Dalam Pelajaran HakDan Kewajiban Dirumah Melalui Model Pjbl Pada Kelas IiiDi Sdn Junrejo 2 Kota Batu Tahun Ajaran 2022/2023,” Pendas J. Ilm. Pendidik. Dasar, vol. 8, no. 1, pp. 4816–4822, 2023.

G. Mapel and A. Akhlak, “Penelitian Tindakan Kelas Meningkatkan Prestasi Belajar Akidah Akhlak Dengan Metode Cooperative Learning Pada Materi Kalimat Syahadat Kelas I Madrasah Ibtidaiyah Mamba’Ul Hasanah Pendidikan Profesi Guru Dalam Jabatan,” 2020.

P. S. Suwandi and M. Pd, “Modul Pendidikan Dan Latihan Profesi Guru,” surakarta PT. Aneka Karya, p. 17, 2013.

A. P. Arief, A. Wahyuni, and U. M. Sidoarjo, “METODE DEMONSTRASI BERBANTUAN MEDIA AUDIOVISUAL,” vol. 7, no. April, 2020.

M. Marwah, “Stimulasi Kemampuan Bercerita Anak Usia Dini Melalui Media Boneka Tangan,” Murhum J. Pendidik. Anak Usia Dini, vol. 3, no. 1, pp. 34–42, 2022, doi: 10.37985/murhum.v3i1.76.

Posted

2024-07-02