Application of the Project Based Learning Model to Student Collaboration Skills
Penerapan Model Project Based Learning terhadap Keterampilan Kerjasama Siswa
DOI:
https://doi.org/10.21070/ups.4749Keywords:
Project Based Learning Model, Student Cooperation SkillsAbstract
The background of this research is the low cooperation skills of seventh grade students at Mts Darul Muta'allimin. This study aims to describe the effect of students' cooperation skills after being given the application of the Project Based Learning (PJBL) learning model. The type of research used isanalyzed descriptive with One Shot Case Study. The subjects of this study were seventh grade students. The instruments used were observation and questionnaire. Data were collected and analysed using statistical hypothesis. The results showed that there was an effect of applying the Problem Based Learning model on students' cooperation skills.
Downloads
References
D. Rahayu, A. M. I. Puspita, and F. Puspitaningsih, “KEEFEKTIFAN MODEL PROJECT BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN ketrampilan kerjasama SISWA SEKOLAH DASAR,” Pedagogi J. Penelit. Pendidik., vol. 7, no. 2, Nov. 2020, doi: 10.25134/pedagogi.v7i2.3626.
N. K. T. Widani, D. N. Sudana, and I. G. A. T. Agustiana, “PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING TERHADAP HASIL BELAJAR IPA DAN SIKAP ILMIAH PADA SISWA KELAS V SD GUGUS I KECAMATAN NUSA PENIDA,” J. Educ. Technol., vol. 3, no. 1, p. 15, Aug. 2019, doi: 10.23887/jet.v3i1.17959.
N. M. A. Suryantari, K. Pudjawan, and I. M. C. Wibawa, “Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Berbantuan Media Benda Konkret Terhadap Sikap Ilmiah dan Hasil Belajar IPA,” Int. J. Elem. Educ., vol. 3, no. 3, p. 316, Aug. 2019, doi: 10.23887/ijee.v3i3.19445.
A. R. Putri, Maison, and Darmaji, “KERJASAMA DAN KEKOMPAKAN SISWA DALAM PEMBELAJARAN FISIKA DI KELAS XII MIPA SMAN 3 KOTA JAMBI,” Edufisika-J. Pendidik. Fis., vol. 3, no. 2, pp. 32–40, 2018.
M. Pebrianti, A. Syaikhu, and W. Nadar, “Peningkatan Kemampuan Kerjasama melalui,” Semin. Nas. Pendidik. STKIP Kusuma Negara III, 2021.
S. K. Sholikah, Sunarti, and T. Masfingatin, “MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERKOLABORASI SISWA SMP MELALUI MODEL PJBL DENGAN PENDEKATAN TARL,” PTK DAN Pendidik., vol. 9, no. 1, pp. 47–58, 2023, doi: 10.18592/ptk.v%vi%i.9400.
R. N. Kamaliyah and S. Alrianingrum, “PENGARUH MODEL PROJECT BASED LEARNING TERHADAP TINGKAT PEMAHAMAN SISWA PADA PEMBELAJARAN SEJARAH KELAS X IPS SMA NEGERI 20 SURABAYA,” AVATARA E-J. Pendidik. Sej., vol. 12, no. 4, 2022.
I. A. Pratiwi, S. D. Ardianti, and Moh. Kanzunnudin, “PENINGKATAN KEMAMPUAN KERJASAMA MELALUI MODEL PROJECT BASED LEARNING (PjBL) BERBANTUAN METODE EDUTAINMENT PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL,” Refleksi Edukatika J. Ilm. Kependidikan, vol. 8, no. 2, Jun. 2018, doi: 10.24176/re.v8i2.2357.
Nirfayanti and Nurbaeti, “PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN GOOGLE CLASSROOM DALAM PEMBELAJARAN ANALISIS REAL TERHADAP MOTIVASI BELAJAR MAHASISWA,” J. Penelit. Mat. DAN Pendidik. Mat., vol. 2, no. 1, pp. 50–59, 2019.
D. N. Setyawan and A. Wijayanti, “Profil keterampilan kerjasama mahasiswa menggunakan teknologi informasi di masa pandemi covid-19,” JIPVA J. Pendidik. IPA VETERAN, vol. 6, no. 1, pp. 44–52, 2022.
A. Setiawan, “Pengaruh Model Pembelajaran CTL (Contextual Teaching and Learning) Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Subtema 1 Tema 2 Kelas V SD N 1 Nusa Bakti Kecamatan Belitang III Kabupaten OKU Timur,” JEMARI J. Edukasi Madrasah Ibtidaiyah, vol. 2, no. 2, pp. 108–119, Jul. 2020, doi: 10.30599/jemari.v2i2.575.
P. S. Strom and R. D. Strom, “Teamwork skills assessment for cooperative learning,” Educ. Res. Eval., vol. 17, no. 4, pp. 233–251, Aug. 2011, doi: 10.1080/13803611.2011.620345.
A. Yuliana, A. Al Masjid, and E. Indargiyati, “Peningkatan Kemampuan Kerjasama Melalui Model Project Based Learning Kelas 3 SD Negeri 7 Kebumen,” Pros. Semin. Nas. Pendidik. Profesi Guru Univ. Sarjanawiyata Tamansiswa, vol. 2, no. 1, pp. 627–634, 2023.
A. Risani, S. E. P. Atjo, and H. Musfarida, “PENGGUNAAN MODEL PROJECT BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN KERJASAMA SISWA DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK SD,” Glob. J. Teach. Prof., vol. 2, no. 4, pp. 1614–1630, 2023, doi: DOI.10.35458.
A. Yuliana, A. Al Masjid, and E. Indargiyati, “Peningkatan Kemampuan Kerjasama Melalui Model Project Based Learning Kelas 3 SD Negeri 7 Kebumen,” Pros. Semin. Nas. Pendidik. Profesi Guru Univ. Sarjanawiyata Tamansiswa, vol. 2, no. 1, 2023.
Y. N. Maulida, K. I. Eka, and C. Wiarsih, “Penerapan Model Problem Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan ketrampilan kerjasama di Sekolah Dasar,” MUKADIMAH J. Pendidik. Sej. Dan Ilmu-Ilmu Sos., vol. 4, no. 1, pp. 16–21, Feb. 2020, doi: 10.30743/mkd.v4i1.1521.
I. L. N. Bariyah and M. K. Sugandi, “PROJECT BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA PADA KONSEP EKOSISTEM,” Semin. Nas. Pendidik. FKIP UNMA 2022, pp. 135–144, 2022.
Y. D. Haryanti, “INTERNALISASI NILAI KERJASAMA DALAM MODEL,” J. Pendidik. Dasar, vol. 1, no. 1, pp. 1–11, 2020, doi: 10.37729/jpd.
Y. N. Maulida, K. I. Eka, and C. Wiarsih, “Penerapan Model Problem Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan ketrampilan kerjasama di Sekolah Dasar,” MUKADIMAH J. Pendidik. Sej. Dan Ilmu-Ilmu Sos., vol. 4, no. 1, pp. 16–21, Feb. 2020, doi: 10.30743/mkd.v4i1.1521.
N. F. Ajria, B. Ismanto, and F. Kristin, “PENINGKATAN KERJASAMA DAN HASIL BELAJAR TEMATIK MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING,” Nat. J. Kaji. Penelit. Pendidik. Dan Pembelajaran, vol. 3, no. 1, pp. 254–286, Oct. 2018, doi: 10.35568/naturalistic.v3i1.274.
I. A. Pratiwi, S. D. Ardianti, and Moh. Kanzunnudin, “PENINGKATAN KEMAMPUAN KERJASAMA MELALUI MODEL PROJECT BASED LEARNING (PjBL) BERBANTUAN METODE EDUTAINMENT PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL,” Refleksi Edukatika J. Ilm. Kependidikan, vol. 8, no. 2, Jun. 2018, doi: 10.24176/re.v8i2.2357.
Listiani, H. S. & Purwanto, A. (2018). "PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING DENGAN PEMANFAATAN BARANG BEKAS UNTUK MENINGKATKAN SIKAP ILMIAH SISWA," Prosding Seminar dan Diskusi Nasional Pendidikan Dasar 2018.
Pratiwi, L A, Ardianti, S. D., & Kanzunnudin, M. (2018). "Peningkatan Kemampuan Kerjasama Melalui Model Project Based Learning (pjbl) Berbantuan Metode Edutaiment Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial." Jurnal Refleksi Edukatika, 8(2), 177-182.
Downloads
Additional Files
Posted
License
Copyright (c) 2024 UMSIDA Preprints Server
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.