Preprint has been published in a journal as an article
DOI of the published article https://doi.org/10.31955/mea.v8i1.3924
Preprint / Version 1

Analysis of Beauty Vloggers, Halal Products, and Brand Image on Interest in Buying Cosmetics for Muslim Women in Indonesia


Analisis Beauty Vlogger, Produk Halal, Dan Citra Merek Terhadap Minat Beli Kosmetik Muslimah di Indonesia

##article.authors##

DOI:

https://doi.org/10.21070/ups.4698

Keywords:

Beauty Vlogger, Halal Products, Brand Image, Interest in Buying

Abstract

The purpose of this study is to determine the level of interest among Indonesian consumers in buying cosmetics for Muslim women by examining beauty vloggers, halal products, and brand image. This study employs a quantitative research approach that involves hypothesis testing. The sampling method utilized is non-probability sampling with a purposive sampling technique, taking into account various factors. The demographic profile of the respondents in this research consists of individuals who either have or frequently watch beauty blog videos by Tasya Farasya on different social media platforms like Instagram and YouTube, as well as those who use halal-certified beauty products. Path Analysis and the Smart-PLS (Partial Least Square) software Version 3.0 are employed for data analysis. The findings of this study reveal a positive correlation between beauty vloggers, halal products, brand image, and purchasing interest.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ningtiyas, Galuh., C.W Hidayat., Sri Wilujeng. (2020). Pengaruh Beauty Vlogger Sebagai Electronic Word Of Mouth Terhadap Minat Beli Produk Kosmetik Wardah Dengan Brand Awareness Sebagai Variabel Mediasi. Journal Riset Mahasiswa Manajemen (JRMM), Vol. 8, No. 1.

Sunarti, Wibowo, E., & Utami, S. S. (2019). 1. Pengaruh Beauty Vlogger Terhadap Minat Beli Produk Kosmetik Wardah Dengan Citra Merek Sebagai Variabel Mediasi (Survei Pada Mahasiswi Universitas Slamet Riyadi Surakarta). Jurnal Ekonomi Dan Kewirausahaan, 19(4), 578–589

Wati, Eni Kusuma. (2022). Pengaruh Celebrity Endorser Dan Beauty Vlogger Terhadap Minat Beli Produk Kosmetik Wardah Pada Pengguna Media Sosial Instgram (Survei Online Pada Pengikut Instgaram @WardahBeauty). Jurnal Indonesia Sosial Teknologi, Vol. 3, No.1.

Larasati, Virginia, & Oktivera, Elsie. (2019). Media Sosial Instagram berpengaruh terhadap minat beli produk Wardah. Jurnal Administrasi Kantor, 7(1), 31–40.

Yuliandani, L. dan N. H. (2019). Pengaruh Beauty Vlogger, Citra Merek Label Halal Terhadap Minat Beli Kosmetik Wardah (Studi Kasus Pada Mahasisqa Prodi Manajemen Fakultas Ekonomi Bisnis dan Ilmu Sosial Universitas Pelita Bangsa angkatan 2016). Universitas Pelita Bangsa.

Kawatak, I. (2019). Pengaruh Beauty Vlogger Dalam Meningkatkan Minat Beli Produk Kecantikan Studi pada Viewer YouTube Purbasari Channel Tasya Fasarya. Universitas Sanatha Dharma.

Muhaini, Indira Fatra Deni. (2023). Studi Korelasi Pesan Tayangan Vidio Blog Youtube Tasya Farasya Terhadap Minat Penggunaan Make-Up pada Remaja Perempuan. IJM: Indonesian Journal of Multidisciplinary, Vol.1 No. 3. https://journal.csspublishing/index.php/ijm

Utami. (2019). Pengaruh Daya Tarik Keahlian dan Kepercayaan B eauty Vlogger Terhadap Minat Beli Konsumen Pada Produk Kecantikan. Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Haninda, A. R. dan A. A. P. (2020). Pengaruh Beauty Vlogger Terhadap Minat Beli Produk Kecantikan Di Smk Telekomunikasi Telesandi Bekasi. Jurnal Komunikasi, 6(1).

Kusnanto, D. (2020). Pengaruh Beauty Vlogger Terhadap Brand Image Serta Dampaknya Pada Minat Beli Produk Kosmetik Halal. Jurnal Mirai Management, 5(2).

Aesthetika, N. Maghfirah and Kusdiyanti, N. Tita. (2020). Persepsi Review Produk MakeUp Melalui Beauty Vlogger di Youtube. Jurnal Ilmu Komunikasi. Vol.8. Hal : 83

Sari, D. M. (2019). Pengaruh Beauty Vloggerdan Labelisasi Halal Terhadap Keputusan Pembelian Produk Wardah (Vol. 8, Nomor 5).

Sinta Ulina Ginting., M. Khoiri. 2023. Pengaruh Iklan, Beauty Vlogger dan Labelisasi Halal Terhadap Minat Beli Konsumen Pada Produk Kecantikan Wardah di Kota Batam. SEIKO : Journal of Management & Business, Vol. 6, No 2

Hayaputri, M. F. (2020). Vlogger dari Sudut Pandang Opinion Leadership. 4(17). https://buletin.k-pin.org/index.php/arsip-artikel/310-peran-beauty-vlogger-dari-sudut-pandang-opinion-leadership

Hidayati, N., & Yuliandani, L. (2020). Pengaruh Beauty Vlogger, Citra Merek Dan Label Halal Terhadap Minat Beli Produk Kosmetik Wardah. JSMA (Jurnal Sains Manajemen Dan Akuntansi), 12(1), 65–76. https://doi.org/10.37151/jsma.v12i1.5

Denda Rinaldi Hadinata., Sri Haryanti. (2022). Pengaruh Kesadaran Merek, Citra Merek, Status Pionir terhadap Minat Beli Jasa Reservasi Hotel Online. Perspektif: Jurnal Ekonomi & Manajemen Universitas Bina Sarana Informatika, Vol. 20 No. 1. DOI: https://doi.org/10.31294/jp.v20i1

Resticha, D. dan R. H. (2019). Analisis Pengaruh Variasi Produk Dan Labelisasi Halal Terhadap Kepuasan Konsumen Untuk Meningkatkan Minat Beli Ulang Pada Kosmetik Wardah. Journal of Business Administration, 3(1).

Cindi Laraswati., Harti Harti. (2022). Pengaruh Persepsi Kualitas, Citra Merek Dan Etnosentrisme Konsumen Terhadap Minat Pembelian Produk Somethinc. Jurnal Ekobis: Ekonomi, Bisnis & Manajemen, Vol 12 No. 2. http://ejournal.stiemj.ac.id/index.php/ekobis 185

Novrita Dewi Yanti., Darwanto. (2020). Analisis Pengaruh Labelisasi Halal Dan Digital Selling Terhadap Minat Beli Kosmetik Halal. Ad-Deenar: Jurnal Ekonomi dan Bisnis Islam. Doi: 10.30868/ad.v5i01.1144

Sri Ernawati., Iwan Koerniawan. (2023). Pengaruh Label Halal Dan Kesadaran Halal Terhadap Minat Pembelian Konsumen Pada Produk UMKM Di Kota Bima. Jurnal Ilmiah Ekonomi Dan Bisnis, Vol.16, No.1. DOI: https://doi.org/10.51903/e-bisnis.v16i1

Anggraini, Inar, and Diah Setyawati Dewanti. (2020). “The Effect of Halal Foods Awareness on Purchase Decision with Religiosity as a Moderating Variable.” Journal of Economics Research and Social Sciences .4(1). doi: 10.18196/jerss.040116.

Anisa Fitriani. (2023). Pengaruh Label Halal Terhadap Minat Beli Obat Bebas Dengan Religiusitas Sebagai Variabel Moderasi (Studi Kasus Pada Masyarakat Bandung). EDUCATIONIST: Journal of Educational and Cultural Studies, VOL. 2, NO. 2, pp. 65-70.

Afriliya Dian Pertiwi., Syaifuddin Fahmi. (2022). Pengaruh Harga, Promosi Digital Dan Citra Merek Terhadap Minat Beli Konsumen Pada Produk Fashion Di Marketplace. JEMBA: Jurnal Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, Vol.1, No.4. http://bajangjournal.com/index.php/JEMBA

Ahmad Suheri., Henny Welsa., Ignatius Soni Kurniawan. (2022). Pengaruh Daya Tarik Iklan dan Citra Merek Terhadap Minat Beli dan Dampaknya pada Keputusan Pembelian Maskapai Penerbangan Sriwijaya Air. Jurnal Kolaboratif Sains, Vol. 05, No. 02.

Munirotul Aina., Ugy Soebiantoro., Zawawi. (2023). Pengaruh Gaya Hidup, Citra Merek, Dan Kualitas Produk Terhadap Minat Beli Produk Smartphone IphoneStudi Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan BisnisUPN ‘’Veteran’’ Jawa Timur. Al-Kharaj: Jurnal Ekonomi, Keuangan & Bisnis Syariah, Vol. 6, No. 2. DOI: 10.47467/alkharaj.v6i2.4456.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif R&D. Bandung: Alfabeta..

Ghazali, I dan L, Hengki. (2019). Partial Least Square Konsep Teknik dan Aplikasi Menggunakan SmartPLS 3.0. Semarang: Badan Penerbit Univrsitas Diponegoro.

Asmaul Husna., Lina Aryani. (2023). Pengaruh Citra Merek, Kepercayaan Merek, Dan Persepsi Labelisasi Halal Terhadap Minat Beli Korean Food (Studi Kasus Konsumen Gildak Di Jakarta Timur). Journal of Young Entrepreneurs, Vol. 2, No. 1. https://ejournal.upnvj.ac.id/index.php/jye

G.C. Tangka., H.N. Tawas., L.O.H. Dotulong. (2022). Pengaruh Iklan Dan Citra Merek Terhadap Minat Beli Dan Keputusan Pembelian Sepatu Merek Ventela (Ventela Shoes) Studi Pada Mahasiswa Jurusan Manajemen Fakulas Ekonomi Unsrat. Jurnal EMBA, Vol. 10 No. 1.

Posted

2024-05-27