Analysis of E Service Quality, Trust and Convenience to Customer Loyalty in the Facebook E-Commerce Marketplace
Analisis E Service Quality, Kepercayaan dan Kenyamanan Terhadap Loyalitas Pelanggan E-Commerce Marketplace Facebook
DOI:
https://doi.org/10.21070/ups.4630Keywords:
E service quality, Comfort, Trust, Customer loyaltyAbstract
ABSTRAK
Di dalam riset ini berupaya mengkaji pengaruh e service quality, kepercayaan dan kenyamanan terhadap loyalitas konsumen e-commerce marketplace Facebook. Jenis riset ialah kuantitatif, sumber data dipakai merupakan data primer atau kuesioner, olah data smart PLS. Hasil penelitian untuk membuktikan hipotesis adalah dengan memberikan hasil yaitu yang pertama E-service quality ada pengaruh positif signifikan terhadap loyalitas konsumen e-commerce marketplace Facebook, yang kedua kepercayaan berpengaruh positif signifikan terhadap loyalitas pelanggan e-commerce marketplace Facebook. Kepercayaan terhadap platform Facebook dipengaruhi oleh faktor-faktor seperti jumlah pengguna yang besar dan koneksi dengan akun pribadi, yang memberikan rasa keamanan dan kenyamanan dalam bertransaksi, kemudian yang ketiga Kenyamanan berpengaruh positif signifikan terhadap loyalitas pelanggan e-commerce marketplace Facebook. Fitur-fitur kenyamanan seperti koneksi dengan orang-orang terdekat dan transaksi COD membantu meningkatkan kenyamanan pengguna dan mengurangi risiko penipuan sehingga semua hipotesis diterima.
Kata kunci : E service quality; Kenyamanan; Kepercayaan; Loyalitas pelanggan
Downloads
References
Tjiptono, Strategi Pemasaran Prinsip & Penerapan. Edisi 1. Yogyakarta: Andi, 2019.
P. Saraswati And Z. Baridwan, “Penerimaan Sistem E-Commerce : Pengaruh Kepercayaan, Persepsi Manfaat Dan Persepsi Risiko,” J. Ilmiiah Mhs. Feb, Vol. 1, No. 2, 2020.
S. Murni, H. Sabijono, And J. Tulung, “The Role Of Financial Performance In Determining The Firm Value,” Adv. Econ. Bus. Manag. Res., Vol. 73, Pp. 66-7-, 2019.
Kotler And Keller, Manajemen Pemasaran, Jilid 2. Jakarta: Erlangga, 2020.
A. A. Prakoso, “Analisis Pengaruh Kepercayaan, Kualitas Pelayanan, Dan Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan Serta Dampaknya Pada Loyalitas (Studi Pada Fuorum Jual Beli Kaskus),” Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta, 2020.
A. A. Hardiyanti, “Pengaruh Customer Capital Dan Orientasi Pelayanan Terhadap Loyalitas Pelanggan Melalui Kepuasan Pelanggan Shopee (Studi Kasus Pada Mahasiswa Program Magister Manajemen Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Hasanuddin Makassar),” Universitas Hasanuddin Makassar, 2023.
Sindiah And T. A. Rustam, “Pengaruh Keamanan Dan Kepercayaan Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian E-Commerce Pada Facebook,” Eco-Buss, Vol. 6, No. 1, 2022.
K. Jeremia And D. Soepeno, “Pengaruh Service Quality, Trust Dan Consumer Satisfaction Terhadap Consumer Loyalty Pada Cv Sarana Marine Fiberglass,” Emba, Vol. 7, No. 1, 2019.
J. Griffin, Customer Loyalty, Menumbuhkan Dan Mempertahankan Kesetiaan Pelanggan. Alih Bahasa Dwi Kartini Yahya. Jakarta, 2020.
A. Sativa And S. R. T. Astuti, “Analisis Pengaruh E-Trust Dan E-Service Quality Terhadap E-Loyalty Dengan E-Satisfaction Sebagai Variabel Intervening (Studi Pada Pengguna E-Commerce C2c Tokopedia),” Diponegoro J. Manag., Vol. 5, No. 1, 2020.
F. R. Hidayat, “Pengaruh E-Service Quality Terhadap Loyalitas Pelanggan Melalui Kepuasan Pelanggan (Studi Pada Pengguna Aplikasi Go-Jek Di Kota Malang),” Universitas Brawijaya Malang, 2020.
D. Nurkhomaria, S. Chamidah, And D. W. Wahyuningsih, “Pengaruh E-Trust, E-Service Quality, Dan E-Satisfaction Terhadap Loyalitas Pelanggan Pada Shopee. (Studi Kasus Pada Pengguna Shopee Di Ponorogo),” Indones. J. Bus. Manag., Vol. 2, No. 3, 2022.
R. Romadhan, H. N. Indriastuty, And C. Prihandoyo, “E-Service Quality Kepuasan Konsumen Melalui E-Commerce Terhadap Loyalitas Konsumen,” J. Geoekonomi, Vol. 10, No. 2, 2019.
H. Jogiyanto, Manajemen Pemasaran Penerbit. Bpfe Universitas Gajah Mada, 2019.
K. C. Sudjana And N. W. S. Suprapti, “Peran Kepercayaan Dalam Memediasi Kualitas Situs Terhadap Niat Konsumen Untuk Berbelanja Di Situs Zalora,” E-Jurnal Manaj. Unud, 2020.
A. Sudirman, E. Efendi, And S. Harini, “Kontribusi Harga Dan Kepercayaan Untuk Membentuk Kepuasan Pengguna Transportasi Berbasis Aplikasi,” J. Bus. Bank., Vol. 9, No. 2, 2020.
A. P. Mahkota, I. Suyadi, And Riyadi, “Pengaruh Kepercayaan Dan Kenyamanan Terhadap Keputusan Pembelian Online (Studi Pada Pelanggan Website Ride Inc),” J. Adm. Bisnis, Vol. 8, No. 2, 2019.
Cahyono And Maskan, “Pengaruh Desain Interior, Desain Eksterior, Dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Pada Plasa Pt. Telekomunikasi,” J. Apl. Bisnis., 2021.
A. P. Rahmani, “Pengaruh Kenyamanan Dan Lokasi Terhadap Loyalitas Pelanggan Melalui Keputusan Pembelian Sebagai Variabel Intervening,” J. Ilm. Akunt. Dan Keuang., Vol. 5, No. 2, 2022.
F. Sutanto, “Pengaruh Service Quality, Service Convenience, Dan Perceived Price And Fairness Terhadap Loyalitas Nasabah Bank Dengan Kepuasan Nasabah Sebagai Variabel Mediasi,” J. Manaj. Bisnis Dan Kewirausahaan, Vol. 5, No. 2, Pp. 29–134, 2021.
E. Ferrinadewi, Merek Dan Psikologi Konsumen, Implikasi Pada Strategi Pemasaran. Yogyakarta: Graha Ilmu, 2020.
Erwin And T. J. R. Sitinjak, “Kontribusi Kualitas Jasa, Kepercayaan Dan Kepuasan Konsumen Dalam Menciptakan Loyalitas Konsumen,” J. Manaj., Vol. 13, No. 2, 2020, [Online]. Available: Issn: 1907-0896
D. K. Al Afsyah And S. B. Santosa, “Pengaruh Kenyamanan Layanan, Citra Merek, Dan Kualitas Layanan Terhadap Loyalitas Pelanggan Dengan Kepuasan Pelanggan Sebagai Variabel Intervening (Studi Pada Pelanggan Kantor Pos Indonesia Di Wilayah Semarang),” Diponegoro J. Manag., Vol. 11, No. 3, 2022.
W. Abdillah And Jogiyanto, Partial Least Square (Pls) Alternatif Structural Equation Modeling (Sem) Dalam Penelitian Bisnis, 1st Ed. Yogyakarta: Andi, 2021.
U. Sakaran And R. Bougie, Research Metode For Busines. 2019.
A. Ferdinand, Metode Penelitian Manajemen. Semarang: Universitas Diponegoro, 2019.
Akdon And Riduwan, Rumus Dan Data Dalam Analisis Statistika. Bandung: Alfabeta, 2020.
H. Umar, Metode Penelitian Untuk Skripsi Dan Tesis. Jakarta: Rajawali, 2020.
N. Indriartoro And B. Supomo, Metodologi Penelitian Bisnis Untuk Akuntansi & Manajemen Edisi Pertama. 2019.
J. F. Hair, Multivariate Data Analysis, New Jersey. Pearson Prentice Hall, 2019.
Downloads
Additional Files
Posted
License
Copyright (c) 2024 UMSIDA Preprints Server
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.