Implementation Of Islamic Religious Education Learning For Children With Special Needs In Inclusive School
Implementasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Bagi Anak Berkebutuhan Khusus Di Sekolah Inklusi
DOI:
https://doi.org/10.21070/ups.4243Keywords:
Islamic Education, Children With Special Needs(ABK), Sekolah InklusiAbstract
This study aims to determine the process of PAI learning methods and the type of disability for Children with Special Needs (ABK) at Sawocangkring Elementary School. This research uses a qualitative method with a phenomenological approach. Data collection is done by direct observation and interviews with participants. The subjects of this research are elementary school teachers at Sawocangkring Elementary School
Downloads
References
Z. Prastiwi and M. Abduh, “Implementasi Pembelajaran Inklusi di Sekolah Dasar,” J.Elem. Edukasia, vol. 6, no. 2, pp. 668–682, Jun. 2023, doi: 10.31949/jee.v6i2.5235.
S. Wijaya, A. Supena, and Yufiarti, “Implementasi Program Pendidikan Inklusi Pada Sekolah Dasar di Kota Serang,” J. Educ. FKIP UNMA, vol. 9, no. 1, pp. 347–357, Mar.2023, doi: 10.31949/educatio.v9i1.4592.
I. Iswati, C. Rohaningsih, T. Agung, M. Enim, and S. Selatan, “Pembelajaran PAI Melalui
Pendekatan Humanistik Pada Anak Berkebutuhan Khusus Di Sekolah Inklusi,” 2021. terms.
M. H. A. Malik, Y. S. Wahyuni, and P. Rohman, “Analisis Pembelajaran Pendidikan Agama Islam pada Anak Berkebutuhan Khusus Di SLB Quridha Ilmi Kecamatan
Tapalang Kabupaten Mamuju,” vol. 4, no. 1, pp. 18–25, 2023, doi:
33096/eljour.v4i1.199.
A. J. F. M. Maftuhin, “pembelajaran pendidikan agama islam pada anak berkebutuhan
khusus,” vol. 3, no. 1, pp. 76–90, 2018.
N. N. Bakhtiar, Enoh, and Nurul Afrianti, “Implementasi Pendidikan Agama Islam pada Kelas Inklusi di SD BPI Kota Bandung,” Bandung Conf. Ser. Islam. Educ., vol. 3, no. 1,
Feb. 2023, doi: 10.29313/bcsied.v3i1.7168.
A. Hafiz, PEMBELAJARAN PAI UNTUK ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS. 2017.
R. M. Ilham, E. Nuroni, and N. Afrianti, “Implementasi Pembelajaran Pendidikan Agama
Islam pada Kelas 10 Sekolah Inklusi ( Studi Kasus di SMA Sekolah Alam Bandung ),” Bandung Conf. Ser. Islam. Educ., vol. 3, no. 1, pp. 223–230, 2023, [Online]. Available:https://proceedings.unisba.ac.id/index.php/BCSIEd/article/view/6769
M. Syukri, H. Jamaluddin, and M. Azkar, “Implementasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam bagi Anak Berkebutuhan Khusus di Sekolah Luar Biasa Negeri 3 Lombok
Timur,” PALAPA, vol. 11, no. 1, pp. 79–97, May 2023, doi: 10.36088/palapa.v11i1.3069.
S. Handayani, C. Makarim, U. Ibn, and K. Bogor, “PROSES PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM BAGI ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS DI SDN PERWIRA-KOTA BOGOR,” 2018.
S. A. Lubis, Y. Budianti, and Z. Zulpadlan, “Strategi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Bagi Anak Berkebutuhan Khusus,” Refleks. Edukatika J. Ilm. Kependidikan, vol. 12, no. 2, pp. 174–182, 2022, doi: 10.24176/re.v12i2.6400.
S. Angreni and R. T. Sari, “Identifikasi Dan Implementasi Pendidikan Inklusi Bagi Anak
Berkebutuhan Khusus Di Sekolah Dasar Sumatera Barat,” AULADUNA J. Pendidik. Dasar Islam, vol. 7, no. 2, p.145,2020,doi:10.24252/10.24252/auladuna.v7i2a4.2020.
C. Wiswanti and D. Ul Husna, “Pembelajaran Pendidikan Agama Islam bagi Anak Tunalaras di SLB E Prayuwana Yogyakarta.” [Online]. Available:
http://journal.unismuh.ac.id/index.php/equilibrium
L. Rizal, B. R. Nursaly, and P. Padlurrohman, “Implementasi Pembelajaran Inklusi: Studi Kasus di SDN 1 Kuta,” SeBaSa, vol. 6, no. 1, pp. 1–11, May 2023, doi: 10.29408/sbs.v6i1.6585. terms.
J. Care Jcare and R. Nurul Anwar, “PERENCANAAN PEMBELAJARAN
PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS”,
[Online].Available:http://ejournal.unipma.ac.id/index.php/JPAD
A. risqi Puspitanigtyas, “IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN INKLUSI BAGI ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS,” vol. 21, no. 1, pp. 1–9, 2020.
K. Nisa’, B. Peneitian, D. Pengembangan, A. Makassar, J. A. Pettarani, and N. 72 Makassar,“PANORAMA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS (Studi Kasus : Sekolah Luar Biasa ABCD Dharmawanita Herlang), 2020.
Downloads
Additional Files
Posted
License
Copyright (c) 2024 UMSIDA Preprints Server
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.