The Role of Brand Image, Brand Ambassador, and Product Quality, on Purchasing Decisions of Everwhite Skincare Products
Peran Brand Image, Brand Ambassador, dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Pada Produk Skincare Everwhite
DOI:
https://doi.org/10.21070/ups.3108Keywords:
Brand Image, Brand Ambassador, Kualitas Produk, Keputusan PembelianAbstract
The purpose of this study was to determine the effect of brand image, brand ambassador, and product quality on purchasing decisions for Everwhite skincare products. This study uses a quantitative approach. The population in this study were consumers who had purchased Everwhite skincare products in Sidoarjo, East Java. Sampling 96 respondents. The data sources used in this study were primary and secondary data sources, and the data collection technique used in this study was using a Likert scale questionnaire with 5 answer choices. The data analysis technique used is descriptive analysis with the help of SmartPLS version 4.0 software. The results of this studi prove that brand image and brand ambassador partially have a positive and significant effect on purchasing decisions on Everwhite skincare products, and product quality partially has a positive and significant effect on purchasing decisions on Everwhite skincare product.
Downloads
References
Mutia, A. 2022. Makin Meroket Pendapatan Produk Kecantikan dan Perawatan Diri di RI Capai Rp.111.83 Triliun Pada 2022. Diakses dari https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2022/12/05/makin-meroket-pendapatan-produk- kecantikan-dan- perawatan-diri-di-ri-capai-rp11183-triliun-pada-2022
Sari, J.P.I. 2021. Skincare Indonesia Everwhite Tunjuk Kim Soen Ho Jadi Brand Ambassador. Diakses dari https://m.bisnis.com/amp/read/20210503/106/1389609/skincare-indonesia- everwhite-tunjuk-kim-seon-ho-jadi- brand-ambasador.
Susilo, E.F., Gerungan, A., & Sundah, P.M. 2023. Pengaruh Kim Seon Ho Sebagai Brand Ambassador Terhadap Keputusan Pembelian Everwhite. Jurnal Kinesik, 10(1), 29-42.
Indah. 2021. Hadirkan Produk Lokal Berkualitas Jessica Lin, Co-Founder Everwhite. Diakses dari https://www.womensobsession.com/detail/1068/hadirkan-produk-lokal-berkualitas.
Rahmayanti, R.N., & Andriana, A.N. 2023. Pengaruh Kualitas Produk, Brand Ambassador dan Iklan Terhadap Keputusan Pembelian Produk MS Glow. Jurnal Ekonomi, Keuangan, Investasi dan Syariah, 4(4), 1143-1151.
Kumbara, V.B. 2021. Determinasi Nilai Pelanggan Dan Keputusan Pembelian: Analisis KualitasProduk, Desain Produk Dan Endorse. Jurnal Ilmu Manajemen Terapan, 2(5), 604-630.
Rahmawan, G., Hidayat, R. 2020. Faktor yang mempengaruhi keputusan pembelian pada pengguna tokopedia. Jurnal Manajemen, 12(2), 227-232.
Farrel, M., & Sunaryo. 2022. Pengaruh Brand Ambassador Aktor Kim Seon Ho Terhadap Minat Beli Konsumen Produk Skincare Everwhite Dengan Brand Image Sebagai Variabel Intervening.Jurnal Manajemen Pemasaran dan Perilaku Konsumen, 1(2), 201-210.
Lukitaningsih, A., & Lestari, F. 2023. Pengaruh Brand Image, Brand Trust, dan Brand Ambassador Terhadap Keputusan Pembelian Produk Smartphone. Jurnal Ekonomi, Manajemen dan Akuntansi, 25(1), 89-96.
Oktavia, E.B., Fatimah, F., & Puspitadewi, I. 2022. Pengaruh Harga, Brand Ambassador, Brand Image, Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Pada Produk Scarlett Whitening Indonesia Di Tokopedia. Jurnal Ekonomi & Bisnis GROWTH, 20(2), 361-375.
Aprianti, W., & Tjiptodjojo. K.I. 2023. Pengaruh Brand Ambassador, Brand Awareness dan Brand Image terhadap Keputusan Pembelian Skincare Scarlett Whitening. Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(2), 1275-1282
Jayanti, D.D., Welsa, H., & Cahyani, P.D. 2020. Pengaruh Electronic Word Of Mouth Dan Celebrity Endorsment Terhadap Purchase Intention Dengan Brand Image Sebagai Variabel Intervening (Studi Kasus Pada Produk Naava Green Skin Care Cabang Yogyakarta). Jurnal IlmiahManajemen, Ekonomi, dan Akuntansi, 4(2), 670-687.
Purwati, A., & Cahyanti, M.M. 2022. Pengaruh Brand Ambassador dan Brand Image TerhadapMinat Beli Yang Berdampak Pada Keputusan Pembelian. IQTISHADUNA: Jurnal Ilmiah Ekonomi Kita, 11(1), 32-46.
Sagir, J., Pandika, N. S., & Darwini, S. 2021. Pengaruh Brand Ambassador dan Country of OriginTerhadap Minat Beli Konsumen pada Skin Care Korea. Journal of Economics and Business, 7(1),125-142.
Oktavia, C. 2023. Pengaruh Brand Ambassador Song Jong Ki Dan Brand Image Scarlett Whitening Terhadap Minat Beli Konsumen. Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi, 5(2), 248-262.
Sigar, D., Soepeno, D., Tampenawas, J. 2021. Pengaruh Brand Ambassador, Viral Marketing Dan Brand Trust Terhadap Keputusan Pembelian Sepatu Nike Pada Mahasiswa Fakultas EkonomiDan Bisnis Unsrat. Jurnal EMBA, 9(4), 841-850.
Dunan, H., Antoni, M.R., Jayasinga, H.I., & Redaputri, A.P. 2020. Analisis Faktor-Faktor yangMempengaruhi Penjualan “Waleu” Kaos Lampung di Bandar Lampung. Jurnal Bisnis, Manajemen, dan Informatika, 17(2) 167- 185.
Kristanto, H., & Pudjoprastyono, H. 2021. Pengaruh Kualitas Produk dan Citra Merek terhadapMinat Beli Laptop Acer Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas PembangunanNasional “Veteran” Jawa Timur. Jurnal STEI Ekonomi, 30(2), 11-19.
Rozaili & Zulkifli. 2019. Pengaruh Kualitas Produk, Promosi Dan Desain Terhadap Keputusan Pembelian Kendaraan Bermotor Yamaha N-Max. Jurnal JRR, 1(1), 21-28.
Rahmayanti, R.N., & Andriana, A.N. 2023. Pengaruh Kualitas Produk, Brand Ambassador dan Iklan Terhadap Keputusan Pembelian Produk MS Glow. Jurnal Ekonomi, Keuangan, Investasi dan Syariah, 4(4), 1143-1151.
Ummat, R., & Hayuningtias, K.A. 2022. Pengaruh Kualitas Produk, Brand Ambassador Dan Persepsi Harga Terhadap Keputusan Pembelian Nature Republic. Jurnal Ilmiah Akuntansi dan Keuangan, 4(6), 2279-2291.
Pandiangan, K., Masiyono., & Atmogo, Y.D. 2021. Faktor-faktor yang Mempengaruhi Brand Equity: Brand Trust, Brand Image, Perceived Quality, & Brand Loyalty. Jurnal Ilmu ManajemenTerapan, 2(4), 471-484
Fazirah, E., & Susanti, A. 2022. Pengaruh Brand Ambassador, Brand Image Dan Kualitas ProdukTerhadap
Keputusan Pembelian Pada Kosmetik Wardah Di Kota Surakarta. Jurnal EkobisDewantara, 5(3), 246-254.
Yusuf, A. 2021. The Influence of Product Innovation and Brand Image on Customer Purchase Decision on Oppo Smartphone Products in South Tangerang City. Budapest International Research and Critics Institute- Journal (BIRCI-Journal, 2(1), 472–481.
Susanti, I.D., Janah, Y., & Tenri Waru, A.P.D. 2022. Pengaruh Public Figure Sebagai Brand Ambassador Terhadap Keputusan Pembelian Skincare MS Glow. Jurnal Administrasi Bisnis, 2(1), 35-39.
Lawu, S.H., Andriani, R., & Febriana, R. 2021. Dampak Brand Ambassador Terhadap KeputusanPembelian.
Jurnal Administrasi Kantor, 9(2), 183-192.
Masinambow, R.P., Tampi, J.R.E., & Tamengkel, L.F. 2021. Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Konsumen CV. Prayer Mebel Desa Tewasen Kabupaten Minahasa Selatan. Jurnal Productivity, 2(2), 92-97.
Putriani, R., & Dharmawan, D. 2020. Dampak Kualitas Layanan dan Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Pelanggan Hypermart Bencoolen Mall Bengkulu. Jurnal Ekonomi dan Industri, 21(3),12-23.
Ernawati, R., Dwi, A.B., & Argo, J.G. 2021. Analisis Pengaruh Promosi, Harga, dan Citra MerekTerhadap Keputusan Pembelian pada Situs E-Commerce Zalora di Jakarta. Business ManagementAnalysis Journal, 4(2), 200-218.
Alkemega, S., & Ramadhan, M.F. 2023. Pengaruh Citra Merek, Kualitas Produk dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Iphone (Studi Kasus pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Bandar Lampung). Jurnal Ekonomi dan Manajemen Teknologi, 7(2), 462-472.
Arianty, N., & Andira, A. 2021. Pengaruh Brand Image dan Brand Awareness Terhadap Keputusan Pembelian. Jurnal Ilmiah Magister Manajemen, 4(1), 39-50.
Maulana, A., & Lestariningsih, M. 2022. Pengaruh Harga, Brand Ambassador Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Produk Scarlett Whitening. Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen, 11(9), 1-17.
Tannia, P.V., & Yulianthini, N.N. 2021. PENGARUH KUALITAS PRODUK, DESAIN PRODUK DAN HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SEPEDA MOTOR HONDA MEREK PCX. Jurnal Manajemen dan Bisnis, 3(2), 87-94.
Susanto, L., Yanti, Y., Viriany, V., & Wirianata, H. 2020. Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Mahasiswa Akuntansi Mengikuti Uskad. Jba, 7(2), 124–141.
Sinaga, L.R., & Pramanda, N.I. 2019. Analisis Pengaruh Brand Name, Service Quality, Dan Promotion TerhadapKeputusan Pembelian Konsumen Pada Miniso Tunjungan Plaza Surabaya. Jmtt, 11(1).
Tumanggor, S., Hadi, P., & Sembiring, R. 2022. Pembelian Impulsif Pada E-Commerce Shopee (Studi Pada Konsumen Shopee Di Jakarta Selatan). Jbb, 11(2).
Yunita, P., & Indriyatni, L. 2022 Pengaruh Brand Image, Daya Tarik Iklan, Dan Celebrity Endorser Terhadap Keputusan Pembelian MS Glow (Studi Kasus Pada Pelanggan MS Glow Kota Semarang). Prosiding Seminar Nasional UNIMUS, 5, 279-287.
Ummat, R., & Hayuningtias, K.A. 2022. Pengaruh Kualitas Produk, Brand Ambassador Dan Persepsi Harga Terhadap Keputusan Pembelian Nature Republic. Jurnal Ilmiah Akuntansi dan Keuangan, 4(6), 2279-2291.
Downloads
Additional Files
Posted
License
Copyright (c) 2023 UMSIDA Preprints Server
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.