Preprint / Version 1

Improving the Speaking Skills of Children Aged 5-6 Years Through the Show and Tell Method at the Wonosari Muslimat Kindergarten


Meningkatkan Keterampilan Berbicara Anak Usia 5-6 Tahun Melalui Metode Show and Tell di TK Muslimat Wonosari

##article.authors##

DOI:

https://doi.org/10.21070/ups.2850

Keywords:

Speaking Skill, Early Childhood, show and tell method

Abstract

This research is motivated by problems regarding the speaking skills of children aged 5-6 years at Wonosari Muslimat Kindergarten. This study aims to implement the show and tell method in improving the speaking skills of children aged 5-6 years, the type of research used is PTK consisting of planning, implementation and reflection, collaborative between teachers and researchers. Data collection through observation, interviews and documentation. Implementation of the show and tell method includes introducing the method and giving examples, using concrete objects or favorite items, and continued by trying the show and tell method in front of the class in turn. The increase in the percentage of speech skills of children aged 5-6 years in group B2 TK Muslimat Wonosari obtained the following results 39.9% in the pre-cycle, experienced a slight increase of 47.4% in cycle I and further increased by 77.47% in cycle II.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Suparyantol dan Rolsad (2015, “keltelrampilan belrbicara,” Suparyantol dan Rolsad (2015, voll. 5, nol. 3, hal. 248–253, 2020.

S. N. Hayati dan N. Na’imah, “Analisis Kolmpeltelnsi Belrbicara Anak Usia Dini pada Masa Nelw Nolrmal,” J. Olbs. J. Pelndidik. Anak Usia Dini, voll. 6, nol. 4, hal. 3203–3217, 2022, doli: 10.31004/olbselsi.v6i4.2107.

M. Rahayu, “Pelngelmbangan Multimeldia Pelmbellajaran Intelraktif Dalam Melnstimulasi Pelrkelmbangan Belrbicara Anak Usia 5-6 Tahun,” voll. 8, nol. 2, hal. 17–31, 2022.

A. S. Wulandari, “Melningkatkan Kelmampuan Belrbicara Anak Mellalui Belrmain Rolda Gambar,” Jiv, voll. 8, nol. 1, hal. 62–69, 2013, doli: 10.21009/jiv.0801.9.

A. Suriani, C. Chandra, El. Sukma, dan H. Habibi, “Pelngaruh Pelnggunaan Poldcast dan Moltivasi Bellajar telrhadap Keltelrampilan Belrbicara pada Siswa di Selkollah Dasar,” J. Basiceldu, voll. 5, nol. 2, hal. 800–807, 2021, doli: 10.31004/basiceldu.v5i2.832.

A. C. Karyadi, “Pelningkatan Keltelrampilan Belrbicara Mellalui Meltoldel Stolrytellling Melnggunakan Meldia Big Bololk,” J. Pelngabdi. Masy., voll. 1, nol. 02, 2018, doli: 10.31326/jmp-ikp.v1i02.70.

S. A. Ruiyat, Y. Yufiarti, dan K. Karnadi, “Pelningkatan Keltelrampilan Belrbicara delngan Belrcelrita Melnggunakan Kolmik Ellelktrolnik Telmatik,” J. Olbs. J. Pelndidik. Anak Usia Dini, voll. 3, nol. 2, hal. 518, 2019, doli: 10.31004/olbselsi.v3i2.256.

A. Darmuki dan A. Hariyadi, “pelningkatan keltelrampilan belrbicara melnggunakan meltoldel kololpelratif tipel jigsaw pada mahasiswa pbsi tingkat i-b ikip pgri boljolnelgolrol tahun akadelmik 2018 / 2019 Abstrak pelndahuluan Kelgiatan belrbicara selbagai bagian dari keltelrampilan belrbahasa sangat pelnting ,” voll. 3202, 2019.

T. Lelstari, Y. Yasbiati, dan B. N. Mustika, “Pelnggunaan Meltoldel Sholw and Telll untuk Melningkatkan Keltelrampilan Belrkolmunikasi Anak Usia Dini,” J. Paud Agapeldia, voll. 1, nol. 1, hal. 129–136, 2017, doli: 10.17509/jpa.v1i1.7169.

T. Musfirolh, “Sholw And Telll Eldukatif Untuk Pelngelmbangan Elmpati , Tadkirolatun Musfirolh Elducativel Sholw And Telll Folr Delvellolping Elmpathy , Colnflict Relsollutioln Affiliatioln , And Polsitivel Habits Olf,” J. Kelpelndidikan, voll. 41, nol. 2, hal. 129–143, 2011.

P. Mutiasih, N. Dwinta, T. Relnaldi, dan ..., “Pelnelrapan Moldell Sholw and Telll delngan Meldia Bupaka (Buku Panggung Bolnelka) telrhadap Keltelrampilan Belrbicara Siswa Kellas II Selkollah Dasar,” … Riksa Bhs., nol. January, 2019, [Daring]. Telrseldia pada: http://prolceleldings.upi.eldu/indelx.php/riksabahasa/articlel/vielw/1031

R. A. Fihrallah, El. Surelsman, dan S. Anwar, “Elfelktifitas Pelnggunaan Meltoldel Sholw and Telll Telrhadap Pelningkatan Prelstasi Bellajar Siswa,” TARBAWY Indolnels. J. Islam. Elduc., voll. 6, nol. 1, hal. 90, 2019, doli: 10.17509/t.v6i1.19466.

T. Nazla dan N. Fitria, “Pelngelmbangan Kelpelrcayaan Diri Mellalui Meltoldel Sholw and Telll Pada Anak,” J. Anak Usia Dini Hollistik Intelgr., voll. 3, nol. 1, hal. 31, 2021, doli: 10.36722/jaudhi.v3i1.590.

I. Laella, D. N. Muliasari, dan El. Silawati, “Melngelmbangkan Kelmampuan Belrbicara Anak Dalam Melncelritakan Kelmbali Delngan Meltoldel Sholw and Telll,” Cakrawala Dini J. Pelndidik. Anak Usia Dini, voll. 10, nol. 1, hal. 76–82, 2019, doli: 10.17509/cd.v10i1.17441.

T. Lastutiasih, “Melningkatkan Keltelrampilan Belrbicara Anak Usia 5-6 Tahun Mellalui Meltoldel Sholw and Telll Improlving Spelaking Skill Childreln Agel 5-6 Yelars Olld Throlugh Sholw and Telll”.

Sulistianah dan A. Tolhir, “SelBaSa: Jurnal Pelndidikan Bahasa dan Sastra Indolnelsia pelngaruh meltoldel sholw and telll telrhadap keltelrampilan belrbicara anak usia 5-6 tahun di tk xavelrius 3 bandar lampung,” hal. 19–24.

G. Yanti dan S. Suyatnol, “Pelnelrapan Prolgram Pelmbellajaran Sholw and Telll Dalam Gelrakan Litelrasi Selkollah Di Sd Muhammadiyah Colndolngcatur,” J. Fundadikdas (Fundamelntal Pelndidik. Dasar), voll. 1, nol. 3, hal. 191, 2019, doli: 10.12928/fundadikdas.v1i3.666.

D. Rahdiyanta, “Pelnellitian Tindakan Kellas (Pelngelrtian, Prinsip, dan Karaktelristik PTK),” Makal. Selmin. Pelnellit., hal. 2–9, 2014, [Daring]. Telrseldia pada: http://staff.uny.ac.id/sitels/delfault/filels/pelnellitian/dr-dwi-rahdiyanta-mpd/23-pelnellitian-tindakan-kellas-pelngelrtian-prinsip-karaktelristik.pdf

Mu’alimin dan R. A. C. Hari, “Pelnellitian tindakan kellas Telolri dan Praktelk,” Ganding, voll. 44, nol. 8, hal. 1–87, 2014, [Daring]. Telrseldia pada: http://elprints.umsida.ac.id/4119/1/buku ptk pelnuh.pdf

Posted

2023-08-29