Factor Analysis of Marketing Mix Strategy at GarudaFood (A Study on Consumers in Sidoarjo District)
Analisis Faktor Strategi Marketing Mix pada GarudaFood (Studi pada Konsumen di kab. Sidoarjo)
DOI:
https://doi.org/10.21070/ups.2748Keywords:
Marketing MixAbstract
The purpose of this study is to determine the impact of increasing sales to customers in the Sidoarjo area using the marketing mix approach. 96 respondents were sampled in this descriptive quantitative research using this approach. To collect data for this study, a questionnaire with five possible answers was distributed. This research was made with the help of SmartPLS 3.0 software. This study concluded that product variables have a positive and significant influence on the marketing mix strategy at GarudaFood, with better product quality resulting in higher product quality. Consumer acceptance of quality products is confirmed. In addition, the variables of place (access), price, and promotion also have a positive and significant impact on the marketing mix, with good access, affordable prices, and effective promotions driving the success of the marketing strategy
Downloads
References
E. Maulana, I. Setianingrum, And V. F. Sanjaya, “Pengaruh Strategi Pemasaran, Dan Label Halal Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen: (Studi Pada Konsumen Kosmetik Wardah Di Lampung Utara),” Ud, Vol. 5, No. 2, Pp. 93–100, Dec. 2021, Doi: 10.26460/Mmud.V5i2.11644.
C. E. Lovencia, F. Erya, A. Christino, And H. Hendry, “Pengaruh Strategi Pemasaran, Pelayanan Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Tiket Pesawat Terbang,” Ejmunud, Vol. 9, No. 8, P. 3259, Sep. 2020, Doi: 10.24843/Ejmunud.2020.V09.I08.P18.
N. S. Ardhana, “Penerapan Strategi Dan Inovasi Pada Pt Garudafood Putra Putri Jaya Tbk Di Masa Pandemi Covid-19”.
C. Praestuti, “Marketing Mix Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Mama-Mama Penjual Noken Di Oyehe Kabupaten Nabire,” Vol. 10, No. 1, 2020.
S. Sendianto, “Analisis Pengaruh Promosi Terhadap Tingkat Penjualan Produk Beserta Peramalan Penjualannya,” Aliansi, Vol. 16, No. 2, Pp. 85–94, Dec. 2021, Doi: 10.46975/Aliansi.V16i2.103.
R. Mohamad And E. Rahim, “Strategi Bauran Pemasaran (Marketing Mix) Dalam Perspektif Syariah,” Vol. 2, 2021.
R. Syuhada, P. Isyanto, And D. Yani, “Analisis Strategi Pemasaran Dalam Meningkatkan Penjualan Pada Café & Restoran Kokok Petok Di Cimalaya Wetan,” E-Mabis: J.Econ.Manaj.Bus, Vol. 24, No. 1, Pp. 54–65, Apr. 2023, Doi: 10.29103/E-Mabis.V24i1.1011.
L. H. Daryanto And L. B. Hasiholan, “The Influence Of Marketing Mix On The Decision To Purchase Martabak ‘Setiabudi’ Pak Man Semarang”.
A. D. Setyani And R. E. Prabowo, “Pengaruh Kualitas Produk, Citra Merek Dan Persepsi Harga Terhadap Keputusan Pembelian Sepatu Merek Adidas (Studi Di Toko Original Sportcenter Cabang Medoho Semarang),” 2020.
R. H. Perdiana, W. Ridwan, I. Yusup, And T. A. Koeswandi, “Analisis Strategi Bauran Pemasaran Dalam Meningkatkan Volume Penjualan Mie Ayam Mang Nana,” 2021.
R. Mariska And D. Sitanggang, “Pengaruh Bauran Pemasaran Jasa Terhadap Keputusan Nasabah Dalam Memilih Cu Cinta Kasih Tigapanah,” Jmb, Pp. 31–47, Apr. 2021, Doi: 10.54367/Jmb.V21i1.1184.
A. P. Surya, “Customer Loyalty From Perspective Of Marketing Mix Strategy And Customer Satisfaction A Study From Grab - Online Transportation In Era Of Industrial Revolution 4.0,” Mix, Vol. 9, No. 3, P. 394, Nov. 2019, Doi: 10.22441/Mix.2019.V9i3.001.
R. Mohamad And E. Rahim, “Strategi Bauran Pemasaran (Marketing Mix) Dalam Perspektif Syariah,” Vol. 2, 2021.
S. Tirtayasa And Y. A. Daulay, “Pengaruh Marketing Mix Terhadap Kinerja Pemasaran Industri Kecil Menengah Sektor Kontruksi Bengkel Las Di Moderasi Kebijakan Pemerintah Pada Masa Pandemi Covid 19,” Vol. 4, 2021.
F. Tiyas, “Analisis Strategi Marketing Mix Untuk Meningkatkan Volume Penjualan Pada Nissan Datsun Cabang Magelang,” Bisnisman, Vol. 3, No. 1, Pp. 1–11, May 2021, Doi: 10.52005/Bisnisman.V3i1.39.
F. F. Ningsih, A. Suharto, And Y. G. Wibowo, “Pengaruh Marketing Mix Terhadap Keputusan Pembelian Snack Pada Ud Vira Jember,” Trilogi. J. Penelit. Ilmu. Sos. Dan. N.A., Vol. 1, No. 1, Pp. 7–16, Sep. 2021, Doi: 10.47134/Trilogi.V1i1.3.
R. A. Mufidah, R. V. Putri, And M. W. Maulana, “Strategi Pemasaran Produk Baru ( Studi Kasus Pada Kedai Ambyar Wonoayu Sidoarjo )”.
T. F. M. M.M S. E., Buku Ajar Manajemen Pemasaran : Bauran Pemasaran Sebagai Materi Pokok Dalam Manajemen Pemasaran. Media Sains Indonesia, 2020.
C. Chandra And K. Keni, “Pengaruh Brand Awareness, Brand Association, Perceived Quality, Dan Brand Loyalty Terhadap Customer Purchase Decision,” Jmieb, Vol. 3, No. 1, P. 176, Apr. 2019, Doi: 10.24912/Jmieb.V3i1.3506.
T. Hidayat, “Analisis Pengaruh Produk, Harga, Promosi Dan Lokasi Terhadap Keputusan Pembelian,” Vol. 17, 2020.
A. Muhtarom, M. I. Syairozi, And R. D. Rismayati, “Terhadap Keputusan Pembelian Dimediasi Minat Beli,” Jurnal Manajemen, Vol. 16, No. 1, 2022.
S. H. Samosir, “Pengaruh Desain Dan Harga Produk Terhadap Minat Pembelian Kosmetik Korea Merek Moko-Moko”.
D. Solihin And E. Wibawanto, “Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga, Dan Promosi Terhadap Keputusan Pelanggan Dalam Memilih Klub Basket Satria Indonesia Tangerang Selatan,” Jurnal Pemasaran Kompetitif, Vol. 3, No. 3, P. 30, Jun. 2020, Doi: 10.32493/Jpkpk.V3i3.4738.
D. Gusrita And R. Rahmidani, “Pengaruh Marketing Mix Dan Lingkungan Sosial Terhadap Keputusan Pembelian Online Pakaian Wanita Di Kota Padang,” Jmpe, Vol. 1, No. 4, P. 944, Mar. 2019, Doi: 10.24036/Jmpe.V1i4.5674.
R. Ernawati, “(Studi Pada Pt Tepung Tapioka Serupa Indah Pakuan Ratu Way Kanan)”.
L. Brestilliani, “Pengaruh Brand Awareness, Brand Ambassador, Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Online Pada Marketplace Shopee,” Vol. 9, 2020.
K. Ismanti, “Analisis Marketing Mix Dalam Meningkatkan Volume Penjualan Pada Umkm Di Depok,” Sosioekons, Vol. 15, No. 1, P. 118, Apr. 2023, Doi: 10.30998/Sosioekons.V15i1.16303.
E. Saatur Rohmah, “Analisis Hubungan Strategi Bauran Pemasaran (Marketing Mix) Terhadap Kepuasan Konsumen Dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya Di Apotek Diva Sejahtera Kabupaten Tulungagung,” Jumakes, Vol. 3, No. 1, Oct. 2021, Doi: 10.30737/Jumakes.V3i1.1244.
Riski Putri Anjayani And Intan Rike Febriyanti, “Analisis Strategi Bauran Pemasaran Untuk Meningkatkan Volume Penjualan (Studi Pada Umkm Yjs Sukabumi),” Mudima, Vol. 2, No. 9, Pp. 3610–3617, Sep. 2022, Doi: 10.55927/Mudima.V2i9.1175.
D. Ong, “Analisa Penggunaan Sistem Sosial Media Terhadap Dampak Pemasaran Penjualan Produk Pada Umkm,” Jtir, Vol. 15, No. 2, P. 26, Jul. 2020, Doi: 10.35842/Jtir.V15i2.345.
M. Fauziah And . K., “Strategi Marketing Mix 4p Dalam Mewujudkan Sekolah Unggulan,” Cka, Vol. 6, No. 1, Pp. 1–15, Jun. 2022, Doi: 10.33507/Cakrawala.V6i1.528.
Y. J. Tenda, J. A. F. Kalangi, And D. D. S. Mukuan, “Analisis Bauran Pemasaran Dalam Meningkatkan Penjualan Produk Kacang Shangrai Di Ud Virgin Kawangkoan,” Vol. 3, No. 3, 2022.
A. N. Fadlilah And S. Masfiah, “Implementasi Strategi Marketing Mix Dalam Upaya Meningkatkan Jumlah Peserta Didik Di Tk Al Huda Kota Malang,” Journal Evaluasi, Vol. 5, No. 1, P. 94, Mar. 2021, Doi: 10.32478/Evaluasi.V5i1.575.
W. S. Ciamas, E. S. Ciamas, F. A. M. Hutabarat, And F. Sulaiman, “Harga Sebagai Komponen Marketing Mix Terhadap Penjualan Di Pt Bale Dipa Aruna (Perumahan Medan Resort City), Medan,” 2021.
S. Saroh, “Pengujian Model Second Order Pada Dimensi-Dimensi Citra Toko,” Jsb, Vol. 21, No. 1, Pp. 70–87, Jan. 2017, Doi: 10.20885/Jsb.Vol21.Iss1.Art5.
G. W. Cheung, H. D. Cooper-Thomas, R. S. Lau, And L. C. Wang, “Reporting Reliability, Convergent And Discriminant Validity With Structural Equation Modeling: A Review And Best-Practice Recommendations,” Asia Pac J Manag, Jan. 2023, Doi: 10.1007/S10490-023-09871-Y.
H. Habriyanto, M. Y. Nasution, And M. Y. Harahap, “Analisis Pola Konsumsi Masyarakat Kota Jambi Pada Bulan Ramadhan Mengunakan Pendekatan Smart Pls 3.0,” Jiubj, Vol. 19, No. 1, P. 118, Jan. 2019, Doi: 10.33087/Jiubj.V19i1.573.
M. H. Nashrullah And N. Nawari, “Analisis Pengaruh Penggunaan Strategi Marketing Mix Terhadap Keputusan Pembelian Produk Pada Mapan Digital Printing Lamongan,” J-Macc, Vol. 5, No. 1, Pp. 61–67, Apr. 2022, Doi: 10.52166/J-Macc.V5i1.2940.
I. Lestari, A. Plyriadi, A. Husain, J. Kamase, And Suriyanti, “Pengaruh Marketing Mix Terhadap Volume Penjualan Perusahaan Swalayan Di Kabupaten Polewali Mandar,” Csej, Vol. 4, No. 4, Pp. 383–397, Oct. 2021, Doi: 10.56750/Csej.V4i4.469.
Muhammad Supriyanto And Muhammad Taali, “Pengaruh Bauran Pemasaran (Marketing Mix) Terhadap Pengambilan Keputusan Menginap Di The Sun Hotel Madiun,” Epicheirisi, Vol. 2, No. 2, Pp. 26–33, Oct. 2022, Doi: 10.32486/Epicheirisi.V2i2.458.
Downloads
Additional Files
Posted
License
Copyright (c) 2023 UMSIDA Preprints Server
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.