Preprint has been published in a journal as an article
Preprint / Version 1

The Relationship Between Social Support and Anxiety in Working Final Project of Psychology and Educational Students at University of Muhammadiyah Sidoarjo


Hubungan Antara Dukungan Sosial Dengan Kecemasan Dalam Mengerjakan Skripsi Pada Mahasiswa Fakultas Psikologi dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Sidoarjo

##article.authors##

DOI:

https://doi.org/10.21070/ups.2705

Keywords:

Social Support, Anxiety, Students, Thesis

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh fenomena kecemasan pada mahasiswa yang sedang mengerjakan skripsi. Tujuan untuk mengetahui hubungan antara dukungan sosial dengan kecemasan pada mahasiswa dalam mengerjakan skripsi di Fakultas Psikologi dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Sidoarjo. Menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan korelasional. Populasi  berjumlah 658 mahasiswa, sampel  berjumlah 248 mahasiswa Fakultas Psikologi dan Ilmu Pendidikan. Menggunakan teknik sampling propbability sampling. Skala dukungan sosial berdasarkan aspek Dukungan Emosional, Dukungan Penghargaan, Dukungan Instrumental dan Dukungan Informatif yang diadaptasi dari Alhakim (2021) dengan reliabilitas sebesar 0,912 dari 26 aitem dan skala kecemasan berdasarkan aspek fisik, behavioral dan kognitif yang diadaptasi dari Rahmawati (2019) dengan reliabilitas sebesar 0,956 dari 35 aitem. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik korelasi Rank Spearman yang dibantu dengan SPSS 25.0 for windows. Hasil analisis data yang diperoleh adalah ρxy = -0,134 dengan signifikan (p) 0.034 (<0,05).

Downloads

Download data is not yet available.

References

A. H. Siringo-Ringo, “Diajukkan Untuk Memenuhi Persyaratan Dalam Memperoleh Gelar Sarjana Psikologi Universitas Medan Area”.

R. A. Lubis, “KECEMASAN MENYUSUN SKRIPSI DITINJAU DARI PERFEKSIONISME PADA MAHASISWA FAKULTAS PSIKOLOGI UNIVERSITAS PRIMA INDONESIA,” Psikol. Prima, vol. 2, no. 2, hlm. 99–114, Mar 2020, doi: 10.34012/psychoprima.v2i2.879.

O. B. Kusumawardhani, “Gambaran Faktor Penyebab Kecemasan Mahasiswa Keperawatan Menghadapi Tugas Akhir Di Stikes ‘Aisyiyah Surakarta,” 2020.

G. S. Aji, “KECEMASAN MORAL PADA MAHASISWA SEMESTER AKHIR di UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH MALANG”.

“Anxiety.” https://www.apa.org/topics/anxiety (diakses 30 Januari 2023).

D. F. Annisa dan I. Ifdil, “Konsep Kecemasan (Anxiety) pada Lanjut Usia (Lansia),” Konselor, vol. 5, no. 2, hlm. 93, Jun 2016, doi: 10.24036/02016526480-0-00.

M. Mukholil, “KECEMASAN DALAM PROSES BELAJAR,” Eksponen, vol. 8, no. 1, hlm. 1–8, Mei 2018, doi: 10.47637/eksponen.v8i1.135.

F. Marjan, A. Sano, dan I. Ifdil, “Tingkat kecemasan mahasiswa bimbingan dan konseling dalam menyusun skripsi,” JPGI J. Penelit. Guru Indones., vol. 3, no. 2, hlm. 84, Nov 2018, doi: 10.29210/02247jpgi0005.

U. Fauzia, “Hubungan Self Efficacy dengan Kecemasan Mahasiswa dalam Menghadapi Skripsi di Tengah Pandemi Covid-19,” Happiness J. Psychol. Islam. Sci., vol. 6, no. 2, hlm. 147–156, Des 2022, doi: 10.30762/happiness.v6i2.559.

S. Kusumadewi dan H. Wahyuningsih, “MODEL SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN KELOMPOK UNTUK PENILAIAN GANGGUAN DEPRESI, KECEMASAN DAN STRESS BERDASARKAN DASS-42”.

I. R. Widigda dan W. Setyaningrum, “Kecemasan Mahasiswa Pendidikan Matematika Universitas Riau Kepulauan Dalam Menghadapi Skripsi,” 2018.

A. S. Alhakim, “Untuk memenuhi sebagian persyaratan memperoleh derajat Sarjana Psikologi”.

F. Rahmawati, “HUBUNGAN ANTARA DUKUNGAN SOSIAL DENGAN KECEMASAN MAHASISWA PADA SAAT MENYUSUN SKRIPSI”.

S. Suyanti dan A. Albadri, “Self Efficacy dan Kecemasan Mengerjakan Skripsi pada Mahasiswa,” PSYCOMEDIA J. Psikol., vol. 1, no. 1, hlm. 10–20, Des 2021, doi: 10.35316/psycomedia.2021.v1i1.10-20.

D. Deasyanti dan M. Nuruzdah, “ORIENTASI TUJUAN MENYUSUN SKRIPSI DAN KECEMASAN DALAM MENULIS SKRIPSI,” JPPP - J. Penelit. Dan Pengukuran Psikol., vol. 6, no. 2, hlm. 101–105, Okt 2017, doi: 10.21009/JPPP.062.07.

A. F. Ramadhan, A. Sukohar, dan F. Saftarina, “Perbedaan Derajat Kecemasan Antara Mahasiswa Tahap Akademik Tingkat Awal dengan Tingkat Akhir di Fakultas Kedokteran Universitas Lampung”.

W. Lestari dan D. A. Wulandari, “Hubungan Antara Dukungan Sosial Terhadap Kecemasan Akademik pada Mahasiswa Yang menyusun Skripsi Di Masa Pandemi Covid-19 semester Genap Tahun Ajaran 2019/2020,” PSIMPHONI, vol. 1, no. 2, hlm. 99, Sep 2021, doi: 10.30595/psimphoni.v1i2.8174.

R. Misalia, R. M. Zukhra, dan F. A. Nauli, “HUBUNGAN DUKUNGAN SOSIAL TEMAN SEBAYA DENGAN KECEMASAN MAHASISWA TINGKAT AKHIR DALAM MENYUSUN SKRIPSI PADA MASA PANDEMI,” vol. 10, 2022.

E. Malfasari, Y. Devita, F. Erlin, dan F. Filer, “FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KECEMASAN MAHASISWA DALAM MENYELESAIKAN TUGAS AKHIR DI STIKES PAYUNG NEGERI PEKANBARU,” J. Ners Indones., vol. 9, no. 1, hlm. 124, Jul 2019, doi: 10.31258/jni.8.2.124-131.

H. Wakhyudin dan A. D. S. Putri, “ANALISIS KECEMASAN MAHASISWA DALAM MENYELESAIKAN SKRIPSI,” WASIS J. Ilm. Pendidik., vol. 1, no. 1, hlm. 14–18, Jun 2020, doi: 10.24176/wasis.v1i1.4707.

R. Y. Setiyani, “PERBEDAAN TINGKAT KECEMASAN PADA MAHASISWA BARU DI FAKULTAS ILMU KESEHATAN DAN NON FAKULTAS ILMU KESEHATAN, UNIVERSITAS ‘AISYIYAH YOGYAKARTA,” J. Psikol. Integratif, vol. 6, no. 1, hlm. 16, Agu 2018, doi: 10.14421/jpsi.v6i1.1469.

U. Hidayati, “ANALISIS KECEMASAN MAHASISWA PENDIDIKAN MATEMATIKA DALAM MENYUSUN TUGAS AKHIR,” vol. 3, no. 2, 2022.

Y. Fariza, “Untuk memenuhi persyaratan mencapai Sarjana Keperawatan”.

Y. Srinayanti, “JURNAL STIKES MUHAMMADIYAH CIAMIS : JURNAL KESEHATAN,” vol. 5, 2018.

J. S. Sh, “DUKUNGAN SOSIAL PADA MAHASISWA YANG SEDANG MENYUSUN SKRIPSI ( STUDI FENOMENOLOGIS PADA MAHASISWA FAKULTAS PSIKOLOGI UNDIP )”.

F. J. Sapardo, “Hubungan Dukungan Sosial Dengan Koping Stres Pada Mahasiswa Merantau yang Bekerja,” Psikoborneo J. Ilm. Psikol., vol. 7, no. 2, Jun 2019, doi: 10.30872/psikoborneo.v7i2.4776.

F. D. N. Rizqi dan A. Ediati, “DUKUNGAN SOSIAL KELUARGA DAN KECEMASAN DALAM MENGHADAPI DUNIA KERJA PADA MAHASISWA SEMESTER AKHIR,” J. EMPATI, vol. 8, no. 4, hlm. 725–730, Jan 2020, doi: 10.14710/empati.2019.26516.

Q. A’Yunin, “FAKULTAS PSIKOLOGI UNIVERSITAS ISLAM NEGERI MAULANA MALIK IBRAHIM MALANG”.

N. A. Rizkika, “FAKULTAS PSIKOLOGI UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH MALANG,” 2017.

I. Hanapi dan I. M. Agung, “DUKUNGAN SOSIAL TEMAN SEBAYA DENGAN SELF EFFICACY DALAM MENYELESAIKAN SKRIPSI PADA MAHASISWA”.

A. Alnadi dan C. A. K. Sari, “PENGARUH DUKUNGAN SOSIAL TERHADAP PENYESUAIAN DIRI PADA MAHASISWA SUMATERA DI UIN SAYYID ALI RAHMATULLAH,” Proyeksi, vol. 16, no. 2, hlm. 153, Okt 2021, doi: 10.30659/jp.16.2.153-165.

S. Meliala, L. Tobing, D. Nursiti, dan K. Lumbanraja, “PENGARUH DUKUNGAN SOSIAL TERHADAP KECEMASAN DALAM MENYUSUN SKRIPSI PADA MAHASISWA PGSD TINGKAT AKHIR UNIVERSITAS SARI MUTIARA INDONESIA,” J. PSYCHOMUTIARA, vol. 4, no. 2, hlm. 92–114, Des 2021, doi: 10.51544/psikologi.v4i2.3327.

E. P. Wahyuningtiyas, S. S. Fasikhah, dan S. Amalia, “HUBUNGAN MANAJEMEN STRES DENGAN PERILAKU PROKRASTINASI AKADEMIK PADA MAHASISWA YANG SEDANG MENYUSUN SKRIPSI,” J. RAP Ris. Aktual Psikol. Univ. Negeri Padang, vol. 10, no. 1, Jul 2019, doi: 10.24036/rapun.v10i1.105006.

J. N. Azizah dan Y. W. Satwika, “HUBUNGAN ANTARA HARDINESS DENGAN STRES AKADEMIK PADA MAHASISWA YANG MENGERJAKAN SKRIPSI SELAMA PANDEMI COVID 19,” . Character, vol. 08, 2021.

I. Dalfiqih, “GAMBARAN COPING STRES PADA MAHASISWA TINGKAT AKHIR YANG SEDANG MENGERJAKAN SKRIPSI DI KOTA MAKASSAR”.

N. Setiawan, “Penentuan Ukuran Sampel Memakai Rumus Slovin dan Tabel Krejcie-Morgan: Telaah Konsep dan Aplikasinya*)”.

D. Priyono, “METODE PENELITIAN KUANTITATIF”.

M. Harahap, B. Sulardiono, dan D. Suprapto, “ANALISIS TINGKAT KEMATANGAN GONAD TERIPANG KELING (Holothuria atra) DI PERAIRAN MENJANGAN KECIL, KARIMUNJAWA,” Manag. Aquat. Resour. J. MAQUARES, vol. 7, no. 3, hlm. 263–269, Des 2018, doi: 10.14710/marj.v7i3.22550.

D. Taluke, R. S. M. Lakat, dan A. Sembel, “ANALISIS PREFERENSI MASYARAKAT DALAM PENGELOLAAN EKOSISTEM MANGROVE DI PESISIR PANTAI KECAMATAN LOLODA KABUPATEN HALMAHERA BARAT,” J. Perenc. Wil. Dan Kota, vol. 6, no. 2, 2019.

F. Rahmawati, “HUBUNGAN ANTARA DUKUNGAN SOSIAL DENGAN KECEMASAN MAHASISWA PADA SAAT MENYUSUN SKRIPSI.” 2019.

F. Maziyah, “HUBUNGAN DUKUNGAN SOSIAL DENGAN TINGKAT KECEMASAN DALAM MENGERJAKAN SKRIPSI PADA MAHASISWA SEKOLAH TINGGI ILMU KESEHATAN (STIKES) NU TUBAN”.

S. Yeni, C. P. Dimala, dan L. M. Siregar, “KONTRIBUSI DUKUNGAN SOSIAL TERHADAP KECEMASAN DALAM MENYUSUN SKRIPSI PADA MAHASISWA UNIVERSITAS BUANA PERJUANGAN KARAWANG,” vol. 4, no. 1, 2019.

M. Risal, “Diajukan Kepada Fakultas Psikologi Universitas Bosowa Sebagai Persyaratan Memperoleh Gelas Sarjana Psikologi (S.Psi)”.

K. A. Permata dan P. N. Widiasavitri, “Hubungan antara kecemasan akademik dan sleep paralysis pada mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Udayana tahun pertama,” J. Psikol. Udayana, vol. 6, no. 01, hlm. 1, Apr 2019, doi: 10.24843/JPU.2019.v06.i01.p01.

T. A. Wardani, W. H. Prasetiyo, dan S. Gunarsi, “Pengaruh Dukungan Sosial terhadap Kecemasan dalam Penyelesaian Studi pada Mahasiswa Tingkat Akhir,” JIIP - J. Ilm. Ilmu Pendidik., vol. 6, no. 6, hlm. 4358–4362, Jun 2023, doi: 10.54371/jiip.v6i6.1772.

A. Fitriana, S. Murdiana, dan F. Firdaus, “Pengaruh Perceived Social Support terhadap Tingkat Kecemasan Mengerjakan Skripsi pada Mahasiswa di Kota Makassar”.

Posted

2023-08-29