The Analysis of Service Quality, Brand Image, and Promotion on the Level of Customer Satisfaction at Pegadaian Sidoarjo Branch
Analisis Kualitas Pelayanan, Brand Image, dan Promosi Terhadap Tingkat Kepuasan Konsumen di Pegadaian Cabang Sidoarjo
DOI:
https://doi.org/10.21070/ups.2693Keywords:
Services Quality, Brand Image, Promotion, Customer SatisfactionAbstract
This study aims to find out a result regarding the influence of service quality, brand image and promotion on the level of customer satisfaction at the Sidoarjo Pawnshop Branch. This research uses quantitative methods. Probability Sampling sampling technique with non-probability data collection methods. The number of samples in this study amounted to 96 respondents. The results obtained by distributing questionnaires. Data analysis techniques used SPSS software version 25. The results of this study indicate that service quality, brand image, and promotions have a significant effect on the level of customer satisfaction at Pegadaian Sidoarjo Branch.
Downloads
References
D. Eriska Utami et al., “Uji Validitas dan Reliabilitas Instrumen Penelitian Tingkat Pengetahuan dan Sikap Mahasiswa terhadap Pemilihan Suplemen Kesehatan dalam Menghadapi Covid-19,” 2022. doi: http://dx.doi.org/10.26630/jk.v13i1.2814.
A. D. Syahputra, “Pengaruh Kualitas Layanan dan Citra Merek Terhadap Loyalitas Melalui Kepuasan Nasabah Perum Pegadaian Cabang Bekasi Timur,” Jurnal Ekonomi dan Industri, vol. 21, no. 2, pp. 80–92, Aug. 2020, doi: 10.35137/jei.v21i2.439.
H. R. Djatola and N. Hilal, “Pengaruh Kualitas Layanan terhadap Kepuasan Pelanggan Cafe Tanaris Sulawesi Tengah,” 2023. Accessed: Jun. 01, 2023. [Online]. Available: https://jurnal.stiekma.ac.id/index.php/JAMIN/article/view/139
N. Hartadi and N. E. Husda, “Pengaruh Kualitas Produk dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada PT. Tanjung Uncang di Kota Batam,” Pengaruh Kualitas Produk… 34 Jurnal EMBA, vol. 8, no. 3, pp. 34–43, 2020, doi: https://doi.org/10.35794/emba.v8i3.29412.
D. Rahmatika, A. L. Arifin, and W. Latunreng, “Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga, Dan Kepercayaan Pelanggan Terhadap Kepuasan Pelanggan Pengguna Jasa Pada PT Detato Mitraindo Buana di Tangerang”, doi: 10.30868/ad.v6i02.2909.
Joel Faruk Sofyan, “Pengaruh kepuasaan pelanggan, kualitas layanan dan promosi di sosial media yang dimediasi oleh komitmen dan kepercayaan terhadap loyalitas pelanggan Traveloka,” Jurnal Kajian Manajemen Bisnis, vol. 2, pp. 125–140, 2022, doi: https://doi.org/10.24036/jkmb.11866400.
A. L. Putra and E. Sulistyawati, “Pengaruh Bauran Pemasaran Jasa Terhadap Kepuasan dan Loyalitas Nasabah pada PT Pegadaian (Persero) Cabang Mengwi Badung,Bali,” E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana, pp. 938–955, 2019, Accessed: Jun. 08, 2023. [Online]. Available: https://www.neliti.com/id/publications/252859/pengaruh-bauran-pemasaran-jasaterhadap-kepuasan-dan-loyalitas-nasabah-pada-pt-p
Z. N. Janah, A. Maruta, and A. Pudjianto, “Pengaruh Brand Image, Cita Rasa Dan Harga Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Mie Gacoan Gresik,” 2022. Accessed: Jun. 01, 2023. [Online]. Available: https://conference.untag-sby.ac.id/index.php/snhs/article/view/877/361
W. Kusuma and N. Marlena, “Pengaruh Kualitas Layanan dan Citra Merek Terhadap Kepuasan Pelanggan Jasa Transportasi Go-jek di Kota Surabaya,” Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN, vol. 9, pp. 1174–1180, 2021, doi: https://doi.org/10.26740/jptn.v9n2.p1174-1180.
R. U. A. N. A. P. Indratriyana, “Pengaruh Brand Image Kepercayaan dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Nasabah di Pegadaian Cabang Sragen,” 2021. [Online]. Available: https://ejournal.stie-aub.ac.id/index.php/aktual
A. Santana, “Pengaruh Brand Image Terhadap Kepuasan dan Loyalitas Pelanggan PT. Brand X di Jakarta,” Junal Managemen Bisnis dan Kewirausahaan, pp. 150–155, 2019, doi: https://doi.org/10.24912/jmbk.v4i4.8678.
Identiti, “Brand Awareness Sebagai Pemediasi Mempengaruhi Brand Ambassador Dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Pada Produk Busana Muslimah Rabbani,” 2022. doi: https://doi.org/10.37385/msej.v3i3.858.
S. R. A. Kiki Fatma Ningsih, “Pengaruh Kualitas Produk Promosi Terhadap Kepuasan Konsumen dan Loyalitas Konsumen dalam Pembelian Produk,” Jurnal ilmu Administrasi Bisnis, vol. 1, no. 1, pp. 1–4, 2019, doi: https://doi.org/10.14710/jiab.2021.29773.
I. Kartini, E. W. Wibowo, and E. Sugiyanto, “Pengaruh Promosi Terhadap Kepuasan Konsumen Berdampak Loyalitas Dalam Berbelanja Online Pada Shopee,” Jurnal Lentera Bisnis, vol. 10, no. 1, pp. 57–66, Jul. 2021, doi: 10.34127/jrlab.v10i1.423.
A. Nasir, “Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Strategi Promosi Terhadap Kepuasan Konsumen,” 2022. Accessed: Jun. 01, 2023. [Online]. Available: https://ejournalrmg.org/index.php/EBMJ/article/view/95
E. P. Catur Istiqo M, “Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga, dan Faktor Emosional Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Hotel The Sun Sidoarjo,” Jurnal Bisnis Indonesia, vol. 8, pp. 73–85, 2019, Accessed: Jun. 01, 2023. [Online]. Available: http://ejournal.upnjatim.ac.id/index.php/jbi/article/view/1073
sinollah and masruro, “Pengukuran Kualitas Pelayanan (Servqual - Parasuraman) Dalam Membentuk Kepuasan Pelanggan Sehingga Tercipta Loyalitas Pelanggan (Studi Kasus pada Toko Mayang Collection cabang Kepanjen),” 2019. doi: 10.36636/dialektika.v4i1.285.
R. Sentosa et al., “Analisis Kualitas Pelayanan Dengan Menggunakan Quality Function Deployment Pada Modern Laundry Cirebon,” 2021. doi: https://doi.org/10.26593/be.v25i1.5219.76-94.
D. Djunaidi and H. Subagyo, “Pengaruh Service Scape dan Brand Image Terhadap Kepuasan Konsumen di SK Coffee Lab Kota Kediri,” Ekonika : Jurnal Ekonomi Universitas Kadiri, vol. 5, no. 1, p. 1, Apr. 2020, doi: 10.30737/ekonika.v5i1.830.
I. K. Aristayasa, N. W. E. Mitariani, and N. P. C. D. Atmaja, “Pengaruh Persepsi Harga dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian dan Dampaknya Terhadap Kepuasan Konsumen,” Jurnal Ekonomi dan Pariwisata , vol. 15, pp. 90–103, 2020, Accessed: Jun. 05, 2023. [Online]. Available: https://jurnal.undhirabali.ac.id/index.php/pariwisata/article/view/1173
M. J. E. Sinaga and A. Pandiangan, “Pengaruh Kualitas Produk, Harga dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Produk Suture & Gloves Pada PT. Surgika Alkesindo Medan,” 2019. doi: https://doi.org/10.30743/jekkp.v1i2.2278. [22] N. Arianto, “Pengaruh Promosi dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Serta Berdampak Terhadap Loyalitas Pelanggan,” KREATIF Jurnal Ilmiah , vol. 7, pp. 44–54, Jun. 2019, doi: 10.32493/jk.v7i1.y2019.p44-54.
N. F. Syach and Prawoto, “Pengaruh kualitas produk, citra merek, dan promosi terhadap kepuasan pelanggan di Lawless Burgerbar Cibubur,” Nautical: Jurnal Ilmiah Multidisiplin, vol. 1, 2022, doi: 10.55904/nautical.v1i4.278.
W. Yuliyanto, “Pengaruh Promosi Terhadap Kepuasan Pelanggandi Toko Aleea Shopid Kebumen,” vol. 2, pp. 168–172, 2020, Accessed: Jun. 05, 2023. [Online]. Available: https://ejurnal.seminar-id.com/index.php/jbe/article/view/244
B. Saidani and S. Arifin, “Pengaruh Kualitas Produk dan Kualitas Minat Beli Pada Ranch Market,” 2012. Accessed: May 11, 2023. [Online]. Available: https://journal.unj.ac.id/unj/index.php/jrmsi/article/view/766
S. B. D. Eldawati, “Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan dan Kepercayaan Terhadap Kepuasan Konsumen Furniture Studi Kasus Pada CV. Alzaid Furniture Kabupaten Pesisir Selatan,” Matua Jurnal (Pengembangan Ilmu Manajemen dan Bisnis), vol. 4, pp. 39–52, 2022, Accessed: Jun. 01, 2023. [Online]. Available: https://ejurnalunespadang.ac.id/index.php/MJ/article/view/503
J. Thomas, “Pengaruh Persepsi Harga, Aftersales, dan Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Konsumen Dalam Membentuk Loyalitas Pelanggan Pada UD. Enam Sembilan,” 2021. doi: https://doi.org/10.37715/jp.v6i3.2526.
S. Romlah, S. Tinggi, A. Islam, and P. Bangil, “Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif (Pendekatan Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif),” 2021. Accessed: May 11, 2023. [Online]. Available: http://ejournal.kopertais4.or.id/tapalkuda/index.php/pwahana/article/view/4321
N. F. Syach and Prawoto, “Pengaruh Kualitas Produk, Citra Merek, dan Promosi Terhadap Kepuasan Pelanggan di Lawless Burgerbar Cibubur,” Jurnal Ilmiah Multidisiplin, pp. 190–198, 2022, doi: 10.55904/nautical.v1i4.278.
M. Jhon and A. Pandiangan, “Pengaruh Kualitas Produk, Harga dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Produk Suture & Gloves Pada PT. Surgika Alkesindo Medan,” 2019. doi: https://doi.org/10.30743/jekkp.v1i2.2278.
Identiti, “Brand Awareness Sebagai Pemediasi Mempengaruhi Brand Ambassador Dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Pada Produk Busana Muslimah Rabbani,” 2022. doi: https://doi.org/10.37385/msej.v3i3.858.
W. Jayanti, S. W. Utomo, and J. Murwani, “Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Tingkat Kepuasan Pelanggan Pada Rumah Makan di Kabupaten Ngawi,” 2018. doi: http://doi.org/10.25273/jap.v2i1.574.
A. Gofur, “Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan,” Jurnal Riset Manajemen dan Bisnis (JRMB) Fakultas Ekonomi UNIAT, vol. 4, pp. 37–44, 2019, doi: 10.36226/jrmb.v4i1.240.
S. Rahayu and M. H. Kusuma, “Pengaruh Brand Image dan Kualitas Produk Terhadap Kepuasan dan Loyalitas Konsumen (Studi Pada Pelanggan KFC Cabang Baturaja),” 2021. doi: https://doi.org/10.54895/jmbu.v2i2.1074.
Y. Muhammad, “Pengaruh Brand Image dan Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada CV. Galigo Food di Kota Makassar,” 2019.
E. Tjahjaningsih, “Pengaruh Citra dan Promosi Terhadap Kepuasan Pelanggan Serta Dampaknya Terhadap Loyalitas Pelanggan (Studi Pada Pelanggan Supermarket Carrefour di Semarang),” 2018. doi: http://dx.doi.org/10.24856/mem.v28i2.207.
N. Siregar, M. Elfikri, and R. P. Daulay, “Pengaruh Lokasi, Promosi, Dan Fasilitas Terhadap Kepuasan Konsumen (Studi Pada Pengunjung Kawasan Ekowisata Tangkahan Kabupaten Langkat),” 2022. doi: https://doi.org/10.55357/sosek.v3i1.256.
Downloads
Additional Files
Posted
License
Copyright (c) 2023 UMSIDA Preprints Server
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.