Preprint has been published in a journal as an article
Preprint / Version 1

Learning Motivation of Aisyiyah Sidoarjo Orphanage Students: A Case Study at the Aisyiyah Sidoarjo Orphanage


Motivasi Belajar Siswa Panti Asuhan Aisyiyah Sidoarjo : Studi Kasus pada Panti Asuhan Aisyiyah Sidoarjo

##article.authors##

DOI:

https://doi.org/10.21070/ups.2684

Keywords:

Motivation to Learn, student achievement, student learning

Abstract

This study aims to determine the types of student motivation at the Aisyiyah Sidoarjo Orphanage, the factors that influence student learning motivation at the Aisyiyah Sidoarjo Orphanage, and the measures used to inspire student.. This research was conducted with a qualitative descriptive approach. The subjects in this study were 2 teachers, 3 students, and 1 caregiver at the Aisyiyah Sidoarjo Orphanage. The research results show that there is intrinsic and extrinsic motivation, the factors that influence student learning motivation are interest and lack of support facilities. Efforts are given to increase student motivation is to provide objective value, fulfillment of infrastructure facilities, and intensive assistance to students

Downloads

Download data is not yet available.

References

Kemendikbud, “Kemendikbud: Sistem Zonasi Mempercepat Pemerataan di Sektor Pendidikan,” Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan, 2018. https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2018/06/kemendikbud-sistem-zonasi-mempercepat-pemerataan-di-sektor-pendidikan

Dalyono, Psikologi pendidikan. Jakarata: Rineka cipta, 2005.

C. T. Anni, Psikologi belajar. Semarang: UPT. Unnes Press, 2006.

M. Syah, Psikologi Pendidikan: Suatu Pendekatan Baru. Bandung: PT. remaja, 1999.

Kompri, Motivasi pembelajaran perspektif guru dan siswa. Bandung: PT. Rosda karya, 2016.

Aunurrahman, Belajar dan pembelajaran. Bandung: Alfabeta, 2010.

V. Winarsih, Psikologi pendidikan. Medan, 2009.

Dimyati and Mudjiono, Belajar dan pembelajaran. Jakarta: Rineka cipta, 2006.

A. Sadirman, Interaksi dan motivasi belajar mengajar. Jakarta: Rajawali pers, 2014.

Ibrahim and Muhsyanur, Psikologi Pendidikan: Suatu Stimulus Pemahaman Awal. Bandung: Forum Silaturahmi Doktor Indonesia, 2022.

Widiyatmi, “Penggunaan Model Pembelajaran Bertukar Pasangan dapat Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Membaca Kalimat Sederhana Berhuruf Jawa menggunakan Pasangan pada Siswa Kelas V SD Negeri Kaliancar Semester II Tahun Pelajaran 2015/2016,” J. Pendidik. Empirisme, vol. 5, 2018.

A. Arsyad, Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali pers, 2011.

A. Dariyo, Psikologi Perkembangan Remaja. Bogor: Ghalia Indonesia, 2004.

N. Purwanto, Psikologi pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2003.

S. Rahman, “Pentingnya Motivasi Belajar Dalam Meningkatkan Hasil Belajar,” Merdeka Belajar, no. November, pp. 289–302, 2021.

J. W. Creswell, Research Design Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan Mixed, Ketiga. Yogyakarta: Pustaka Belajar, 2013.

S. Arikunto, Manajemen penelitian. Jakarta: Rineka cipta, 2007.

Sugiyono, Metode penelitian manajemen. Bandung: Alfabeta, 2014.

Murniana, Video Pembelajaran dan Problematika Motivasi Belajar di Masa Pandemi. Lombok: Pusat Pengembangan Pendidikan dan Penelitian Indonesia, 2022.

Iskandar, Nehru, and Cicyn Riantoni, Metode Penelitian Campuran (Konsep, Prosedur, dan Contoh Penerapan). Pekalongan: PT. Nasya Expanding Management, 2021.

Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta, 2016.

R. Andriani and R. Rasto, “Motivasi belajar sebagai determinan hasil belajar siswa,” J. Pendidik. Manaj. Perkantoran, vol. 4, no. 1, p. 80, 2019, doi: 10.17509/jpm.v4i1.14958.

H. Firmansyah and A. E. Putri, Belajar dan Pembelajaran (Konsep Dasar dan Teori). Klaten: Penerbit Lakeisha, 2021.

M. Hosnan, Pendekatan Saintifik dan Kontekstual dalam Pembelajaran Abad 21. Bogor: Ghalia Indonesia, 2014.

S. N. Mulki, “The Influence of Learning Motivation on Student Achievement Studying Economics at Mahadika Ciracas Vocational High School,” Literatus, vol. 1, no. 1, pp. 10–13, 2019, doi: https://doi.org/10.37010/lit.v1i1.3.

Posted

2023-08-28