Preprint has been submitted for publication in journal
Preprint / Version 1

Advertising Strategies, Product Quality, and Prices to Increase Interest in Buying Dried Noodle Products in Sidoarjo


Strategi Iklan, Kualitas Produk, dan Harga untuk Meningkatkan Minat Beli Produk Mie Kering di Sidoarjo

##article.authors##

DOI:

https://doi.org/10.21070/ups.2657

Keywords:

Advertising, Product Quality, Price, Purchase Intention

Abstract

This study aims to determine the effect of advertising, product quality and price to increase interest in buying dried noodle products in Sidoarjo. This research is a descriptive study using a quantitative approach. The sampling technique used in this study was accidental sampling with 96 respondents. The data collection technique used in this study was taken by distributing questionnaires. Data analysis techniques in this study usingPartial Least Square (PLS) using the program Smart-PLS. The results of this research indicate that fish has an effect on the intention to buy dry noodle products in Sidoarjo, product quality influences the intention to buy dry noodle products in Sidoarjo and prices affect the intention to buy dry noodle products in Sidoarjo.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Hidayah, Siti dan Apriliani. (2019). Analisis Pengaruh Brand Image, Harga, Kualitas, Produk, dan Daya Tarik Promosi Terhadap Minat Beli Ulang Konsumen Batik Pekaloangan (Studi Pada Pasar Grosir Setono Batik Pekalongan). Jurnal Economics Business English. vol. 1, no. 1, pp. 24–31.

Rizky, Nurul dan Sri Dewi Setiawati. (2020). Penggunaan Media Sosial Instagram Haloa Cafe sebagai

Komunikasi Pemasaran Online di Bandung. Jurnal Ilmu Komunikasi. vol. 10, no. 2, pp. 177–190. doi: 10.15642/jik.2020.10.2.177-190.

Harso, Mario Trisna. (2018). Sikap Masyarakat Surabaya Pada Pesan Iklan Televisi Mi Urai Dari Mi Burung Dara. Jurnal E-Komunikasi. vol. 6, no. 1, pp. 1–11.

Nuridha, Ade Dian. (2020). Pengaruh Promosi Penjualan Terhadap Volume Penjualan (Studi Pada PT. Sumber Perintis Ragampangan Garut). Jurnal Stieyasaanggana. vol. 17, no. 2, pp. 30–38.

Informasi produk Mi Burung Dara. (2023). Mi Burung Dara. https://www.miburungdara.com/.

Susilowati, Isnurinni Hidayat dan Sarah Camelia Utari Susilowati. (2022). Pengaruh Harga Terhadap Keputusan Pembelian Di Apotik MAMA Kota Depok. Jurnal Ecodemica, Jurnal Ekonomi Manajemen dan Bisnis. vol. 6, no. 1, pp. 134–140. doi: 10.31294/eco.v6i1.12806.

Fasha, Anisha Ferdiana., Muhammad Rezqi Robi., dan Shindy Windasari. (2022). Determinasi Keputusan Pembelian Melalui Minat Beli: Brand Ambassador dan Brand Image (Literature Review Manajemen Pemasaran). Jurnal Manajemen Pendidikan dan Ilmu Sosial Universitas Bhayangkara, Jakarta Raya. vol. 3, no. 1, pp. 30–42.

Yuniyanto, Herdian Rizky dan Hani Sirine. (2018). Pengaruh Iklan Terhadap Minat Beli Pengguna Youtube dengan Brand Recognition sebagai Variabel Intervening. Esensi Jurnal Bisnis dan Manajemen Universitas Islam Negeri Jakarta. vol. 8, no. 1, pp. 21–28, doi: 10.15408/ess.v8i1.5885.

Kertamukti, Rama. (2022). Strategi Kreatif Dalam Perikanan: Konsep Pesan, Media, Branding, Anggaran. Edisi 1. Cetakan 4. Penerbit PT. Rajagrafindo Persada, Depok, Jawa Barat.

Kurniawan, Feri Arif dan Syahrul Effendi. (2020). Pengaruh Brand Awareness, Iklan Media Sosial dan EWord Of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Honda (Studi Kasus Pada Customer Bintang Motor Jaya Buaran). Jurnal STEI (Sekolah Tinggi Ekonomi Indonesia), Jakarta. 21150000303.

Kotler, Philp dan Kevin Lane Keller. (2008). Manajemen Pemasaran Edisi Ketiga Belas Jilid 1. Penerbit Erlangga, Bekasi, Jawa Barat. p. 346.

Dellyanti, Fedrica dan Dewi Komala Sari. (2023). Pengaruh Kualitas Produk, Harga, dan Iklan Terhadap Keputusan Pembelian Dompet Kulit Pada Industri Kerajinan Kulit di Kabupaten Sidoarjo. Jurnal Business and Economics. vol. 8, pp. 1–14, 2023, doi: 10.21070/acopen.8.2023.3947.

Febrian, Feby. (2019). Pengaruh Kualitas Produk dan Harga Terhadap Minat Beli Lembur Batik. Jurnal Ekonomi Insentif Universitas Wiyanamukti, Bandung. vol. 13, no. 1, pp. 41–55. doi: 10.36787/jei.v13i1.86.

Rizky, Muhammad Fakhru dan Hanifa Yasin. (2014). Pengaruh Promosi Dan Harga Terhadap Minat Beli Perumahan Obama PT. Nailah Adi Kurnia Sei Mencirim Medan. Jurnal Manajemen Bisnis. vol. 14, no. 02, p. 139.

Oktafiyanti, Intan Dewi., Supardi dan Dewi Komala Sari. (2023). Peran Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Nasi Goreng 69 di Sidoarjo. pp. 1–10.

Amilia, Suri dan M. Oloan Asmara Nst. (2011). Pengaruh Citra Merek, Harga, dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Handphone Merek Xiaomi di Kota Langsa. Jurnal Manajemen dan Keuangan Unsam. vol. 6, no. 1, pp. 660–669.

Tangka, Givent Christine., Hendra N. Tawas dan Lucky O. H. Dotulong. (2022). Pengaruh Iklan dan Citra Merek terhadap Minat Beli dan Keputusan Pembelian Sepatu Merek Ventela (Ventela Shoes) Studi Pada Mahasiswa Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Sam Ratulangi Manado. Jurnal EMBA. vol. 10, no. 1, pp. 383–392.

Zullaihah, Ririn dan Harini Abrilia Setyawati. (2021). Analisis Pengaruh Iklan, Identitas Merek, dan Kepuasan Pelanggan Terhadap Minat Beli Ulang (Studi Pada Pengguna Smartphone Merek Oppo di Kebumen). Jurnal Ilmu Manajemen, Bisnis dan Akuntansi. vol. 3, no. 1, pp. 169–184.

Sumaa, Susilawati., Agus Supandi Soegoto., dan Reitty L. Samadi. (2021). Pengaruh Kualitas Produk, Harga dan Iklan Media Sosial Terhadap Minat Beli Di E-Commerce Shopee (Studi Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Sam Ratulangi Manado). Jurnal EMBA., Jurnal Riset Ekonomi Manajemen Bisnis dan Akuntansi. vol. 9, no. 4, pp. 304–313S.

Cahya, Agus Dwi., Annisa Widilia Rahmawati., dan Arista Fajar Ningsih. (2021). Pengaruh Kualitas Produk dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Produk Bakpia Sonder 543. Jurnal Pemasaran Kompetitif. vol. 5, no. 1, p. 13. doi: 10.32493/jpkpk.v5i1.11055.

Nadiya, Farisa Hasna dan Susanti Wahyuningsih. (2020). Pengaruh Kualitas Produk, Harga dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Fashion 3Second di Marketplace (Studi Pada Mahasiswa Pengguna Fashion 3Second di Kota Semarang). Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen. vol. 5, no. 2, pp. 1– 20.

Haqiqi, Nur dan Widwi Handarani Adji. (2021). Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Minat Beli Konsumen di Perkebunan Sayuran Andritani Farm kabupaten Cianjur Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Minat beli konsumen di Perkebunan Sayuran Andritani Farm Kabupaten Cianjur. Jurnal Ilmu MEA (Manajemen, Ekonomi, dan Akuntansi). vol. 5, no. 3, pp. 717–729.

Aptaguna, Angga dan Endang Pitaloka. (2016). Pengaruh Kualitas Layanan dan Harga Terhadap Minat Beli

Jasa Go-Jek. Jurnal Widyakala Universitas Pembangunan Jaya, Ciputat, Jakarta.. vol. 3, no. 2012 p. 49. doi: 10.36262/widyakala.v3i0.24.

Retnowulan, Julia. (2017). Pengaruh Kualitas Produk dan Persepsi Harga Terhadap Minat Beli Smartphone Xiaomi. Jurnal Humaniora Universitas Bina Sarana Informasi, Jakarta. vol. 17, no. 2, pp. 139–145.

Ditamei dan Stefani. (2022). Research Gap, Jenis dan Cara Menemukannya. https://finance.detik.com/solusiukm/d-6347153/research-gap-adalah-jenis-dan-cara-menemukannya.

Nico Rifanto Halim, Donant Alananto Iskandar. (2019). Pengaruh Kualitas Produk, Harga dan Persaingan Terhadap Minat Beli. Jurnal Riset Manajemen dan Bisnis (JRMB) Fakultas Ekonomi UNIAT Jakarta. vol. 4, no. 3, pp. 415–424.

Kotler, Philip dan Gary Armstrong. (2008). Prinsip-Prinsip Pemasaran. Jilid 1 Edisi 12. Jakarta. Penerbit Erlangga.

Ariella, Irfan Rizqullah. (2018). Pengaruh Kualitas Produk, Harga Produk dan Desain Produk Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Mazelnid. Performa Jurnal Manajemen dan Start-Up Bisnis Universitas Ciputra, Surabaya. vol. 3, no. 2, pp. 215–221.

Lupioyadi. (2011). Manajemen Pemasaran Jasa Teori dan Praktik. Penerbit Salemba Empat.

Prof. Dr. Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D.

Pompayo, Andriani., Frederik G. Worang dan Raymont Kawet. (2019). Pengaruh Promosi Penjualan dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Produk Indomie Goreng Pada PT. Indomarco Adi Prima Manado. Jurnal Borneo Cendekia. vol. 5, no. 2, pp. 4455–4464.

Nasution, Asrizal Efendy dan Muhammad Taufik Lesmana. (2022). Pengaruh Harga, Produk dan Promosi terhadap Keputusan Pembelian di Toko khanza Aeknabara. Jurnal Remik. vol. 6, no. 3, pp. 408–417. doi: 10.33395/remik.v6i3.11563.

Santoso, Agus Djoko dan Dwi Sihono Raharjo Santoso. (2021). PLS dan GeSCA dalam Analisis Kuantitatif. Penerbit: Kepel Press, Yogyakarta.

Garson, David. (2018). Partial Least Squares Regional & Structural Equation Models, Statistical Publishing Associates. p. 262.

Hamid, Rahmad Salling dan Suhardi Anwar. (2019). Structural Equation Modeling. Penerbit: Inkubator Penulis Indonesia. Upt. Perpus Universitas Muhammadiyah Palopo, Sulawesi Selatan. p. 187.

Duryadi. (2021). Metode Penelitian Empiris Model Path Analysis dan Analisis Menggunakan SmartPLS. p. 150.

Posted

2023-08-25