Preprint / Version 1

Development of East Java Culture Educational Game on Pancasila Education Learning in Grade 4 Elementary Schools


Pengembangan Game Edukasi East Java Culture pada Pembelajaran Pendidikan Pancasila di Kelas 4 Sekolah Dasar

##article.authors##

  • Nuzulul Hidayati Universitas Muhammadiyah Sidoarjo
  • doses dosen Universitas Muhammadiyah Sidoarjo

DOI:

https://doi.org/10.21070/ups.1770

Keywords:

Education Game, Civil Education, Elementary School

Abstract

abstarak bahasa inggris

Downloads

Download data is not yet available.

References

gunakan format ieee

Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian : Suatu Pendekatan Praktik (4th ed., p. 412). Rineka Cipta.

Arikunto, S. (2014). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik (15th ed., p. 412). PT RINEKA CIIPTA.

Arikunto, S. (2016). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan (R. Damaayanti (ed.); 5th ed.). PT. Bumi Aksara.

Arikunto, S. (2017). Pengembangan Instrumen Penelitian Dan Penilaian Program (1st ed.). Pustaka Pelajar.

ASRI, D., & YERMIANDHOKO, Y. (2018). Pengembangan Game Edukasi Si Galang Berbasis Android Pada Mata Pelajaran Ips Materi Pakaian Adat Untuk Kelas Iv Sd. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 6(3), 254964.

Hanafi. (2017). Konsep Penelitian R&D Dalam Bidang Pendidikan. Jurnal Kajian Keislaman, 4(2), 129–150. http://www.aftanalisis.com

Marinda, L. (2020). Teori Perkembangan Kognitif Jean Piaget Dan Problematikanya Pada Anak Usia Sekolah Dasar. An-Nisa’ : Jurnal Kajian Perempuan Dan Keislaman, 13(1), 116–152. https://doi.org/10.35719/annisa.v13i1.26

Muhtar, N. A., Nugraha, A., & Giyartini, R. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran IPA berbasis Information Communication and Technology (ICT). PEDADIDAKTIKA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 7(4), 20–31. https://doi.org/10.17509/pedadidaktika.v7i4.26455

Nasikhah, A. N., Widihastrini, F., & Widodo, S. T. (2016). PENGEMBANGAN GAME EDUCATION PEMBELAJARAN PKn MATERI MENGHARGAI KEPUTUSAN BERSAMA KELAS V SD. Jurnal Kreatif, 81–91.

Nurrita, T. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. MISYKAT: Jurnal Ilmu-Ilmu Al-Quran, Hadist, Syari’ah Dan Tarbiyah, 3(1), 171. https://doi.org/10.33511/misykat.v3n1.171

Podungge, A. F. P. (2016). PENGEMBANGAN GAME EDUKASI “SMART WORM” BERBASIS ANDROID MATERI IPS KERAGAMAN RUMAH ADAT DI INDONESIA UNTUK SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR. 6(November), 1–23.

Pradanita, W. R. (2017). Pengembangan Game Edukasi Bertipe Role Playing Game (RPG) pada Mata Pelajaran Desain Multimedia di SMK Negeri 1 Jombang. It-Edu, 2(02), 263–272. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/it-edu/article/download/22747/20856

Purnomo, F. A., Pratisto, E. H., Taufiqurrakhman NH, T. N., Sahrul, F., & Lestari, I. P. (2016). Pembuatan Game Edukasi �Petualangan Si Gemul� Sebagai Pembelajaran Pengenalan Daerah Solo Raya Pada Anak. Simetris: Jurnal Teknik Mesin, Elektro Dan Ilmu Komputer, 7(2), 619–626. https://doi.org/10.24176/simet.v7i2.774

Riyana. (2012). Cepi Riyana Media Pembelajaran. http://cdn.trendhunterstatc.com/thumbs/pas-a-pas-

Rohmawati, I. (2019). Pengembangan Game Edukasi Tentang Budaya Nusantara “Tanara” Menggunakan Unity 3D Berbasis Android. Jurnal SITECH : Sistem Informasi Dan Teknologi, 2(2), 173–184. https://doi.org/10.24176/sitech.v2i2.3907

Saroh, I., & Zuhdi, U. (2021). Pengembangan Media Game Edukasi “ RAYAKU ” Berbasis Android Pada Pelajaran PPKn Materi Keberagaman Budaya di Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 9(3), 1981–1993.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D (21st ed., p. 456). CV. Alfabeta.

Zuhdi, U. (2021). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF “Bekal Saya” BERBASIS ANDROID PADA MATA PELAJARAN IPS MATERI KENAMPAKAN ALAM DAN …. Ejournal.Unesa.Ac.Id, 09, 3103–3113. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-penelitian-pgsd/article/view/42328

Downloads

Posted

2023-08-29