Page 1 of 1

Permasalahan

Adakah pengaruh penerapan model pembelajaran PBL berbantuan quizizz dalam meningkatkan nilai hasil

belajar siswa SMK?

Apakah penerapan model pembelajaran PBL berbantuan quizizz terbukti lebih baik ketimbang model

pembelajaran konvensional dalam meningkatkan nilai hasil belajar siswa

Metode

Dalam penelitian ini peneliti melibatkan 2 kelas, yakni kelas yang diberi perlakuan dan kelas lain yang tidak di

beri perlakuan sebagai pembanding serta kelas yang melaksanakan pembelajaran informatika dan memiliki

masalah pada nilai dan partisipasi dalam kegiatan pembelajaran. Teknik pengumpulan data yang digunakan

dilakukan dengan cara memberi soal pretest dan juga posttest. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini

merupakan siswa kelas X RPL 1 dan X RPL 2 di SMK yang pada masing-masing kelas memiliki 36 siswa.

Instrumen analisis berupa soal pilihan ganda berbantuan media quizizz. Pengujian analisis penelitian ini

menggunakan uji t paired sample yang dilakukan menggunakan SPSS versi 26

Hasil dan pembahasan

Diperoleh nilai Sig. (2-tailed) 0,009 pada kelas kontrol dan Sig. (2-tailed) 0,000 pada kelas eksperimen sehingga

dapat diambil kesimpulan bahwa terdapat perbedaan rata-rata antara hasil nilai pretest dan nilai posttest pada

kelas kontrol dan ekperimen yang berarti terdapat pengaruh penerapan model pembelajaran konvensional

dan PBL berbantuan quizizz terhadap pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Rata-rata nilai

hasil posttest kelas eksperimen sebesar 71, lebih rendah dibandingkan rata-rata nilai hasil posttest kelas kontrol

yang sebesar 83. Namun perbedaan lainnya ada pada selisih nilai dari pretest dan posttest. Kelas kontrol

mempunyai selisih skor sebesar 12 poin dan kelas eksperimen mempunyai selisih skor sebesar 18 poin

MENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MODEL

PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) BERBANTUAN

MEDIA QUIZIZZ

Pendahuluan

Berdasarkan observasi hasil belajar di Sekolah Menengah Kejuruan Antartika 1 Sidoarjo diperoleh data nilai

harian siswa kelas X Rekayasa Perangkat Lunak dengan rata-rata siswa mendapat nilai dibawah kriteria

ketuntasan minimal yakni 75 dalam mata pelajaran informatika. Siswa hanya mendapat perlakuan dengan

sistem pembelajaran konvensional sehingga siswa hanya mendengarkan tanpa melakukan praktik tentang

materi yang diajarkan. Hal ini berdampak ketika sedang melakukan praktik tentang materi yang diajarkan

siswa cenderung bingung untuk mempraktikkannya dikarenakan materi yang diajarkan hanya diterima dari

guru tanpa adanya motivasi dari siswa sendiri untuk memahami materi.

Kesimpulan

Berdasarkan hasil dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan dalam penerapan model

pembelajaran PBL berbantuan quizizz dengan model pembelajaran konvensional. Hasil data yang didapat

peneliti membuktikan bahwa penerapan model pembelajaran PBL berbantuan quizizz terbukti dapat

meningkatkan kemampuan hasil belajar siswa. Hal ini dibuktikan dengan nilai sig 0.009 pada kelas kontrol dan

0.000 pada kelas eksperimen. Direkomendasikan untuk penelitian selanjutnya dapat menggunakan kelas lain

selain kelas RPL untuk menguji kelayakan penerapan PBL berbantuan quizizz dalam meningkatkan hasil

belajar Saran kepada guru untuk menggunakan model pembelajaran PBL berbantuan quizizz sebagai opsi lain

model pembelajaran selain pembelajaran konvensional yang biasa dilakukan. Bagi siswa, model pembelajaran

PBL berbantuan quizizz dapat memudahkan siswa untuk mencerna ilmu.dan menambah motivasi siswa untuk

belajar

NAMA MAHASISWA: SYAHRUL RAMADHAN 198320700002

NAMA DOSEN PEMBIMBING: DR. RAHMANIA SRI UNTARI S.PD, M.PD

E-MAIL DOSEN PEMBIMBING: RAHMANIA.SRIUNTARI@UMSIDA.AC.ID