Page 1 of 1
Permasalahan
Adakah pengaruh penerapan model pembelajaran PBL berbantuan quizizz dalam meningkatkan nilai hasil
belajar siswa SMK?
Apakah penerapan model pembelajaran PBL berbantuan quizizz terbukti lebih baik ketimbang model
pembelajaran konvensional dalam meningkatkan nilai hasil belajar siswa
Metode
Dalam penelitian ini peneliti melibatkan 2 kelas, yakni kelas yang diberi perlakuan dan kelas lain yang tidak di
beri perlakuan sebagai pembanding serta kelas yang melaksanakan pembelajaran informatika dan memiliki
masalah pada nilai dan partisipasi dalam kegiatan pembelajaran. Teknik pengumpulan data yang digunakan
dilakukan dengan cara memberi soal pretest dan juga posttest. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini
merupakan siswa kelas X RPL 1 dan X RPL 2 di SMK yang pada masing-masing kelas memiliki 36 siswa.
Instrumen analisis berupa soal pilihan ganda berbantuan media quizizz. Pengujian analisis penelitian ini
menggunakan uji t paired sample yang dilakukan menggunakan SPSS versi 26
Hasil dan pembahasan
Diperoleh nilai Sig. (2-tailed) 0,009 pada kelas kontrol dan Sig. (2-tailed) 0,000 pada kelas eksperimen sehingga
dapat diambil kesimpulan bahwa terdapat perbedaan rata-rata antara hasil nilai pretest dan nilai posttest pada
kelas kontrol dan ekperimen yang berarti terdapat pengaruh penerapan model pembelajaran konvensional
dan PBL berbantuan quizizz terhadap pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Rata-rata nilai
hasil posttest kelas eksperimen sebesar 71, lebih rendah dibandingkan rata-rata nilai hasil posttest kelas kontrol
yang sebesar 83. Namun perbedaan lainnya ada pada selisih nilai dari pretest dan posttest. Kelas kontrol
mempunyai selisih skor sebesar 12 poin dan kelas eksperimen mempunyai selisih skor sebesar 18 poin
MENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MODEL
PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) BERBANTUAN
MEDIA QUIZIZZ
Pendahuluan
Berdasarkan observasi hasil belajar di Sekolah Menengah Kejuruan Antartika 1 Sidoarjo diperoleh data nilai
harian siswa kelas X Rekayasa Perangkat Lunak dengan rata-rata siswa mendapat nilai dibawah kriteria
ketuntasan minimal yakni 75 dalam mata pelajaran informatika. Siswa hanya mendapat perlakuan dengan
sistem pembelajaran konvensional sehingga siswa hanya mendengarkan tanpa melakukan praktik tentang
materi yang diajarkan. Hal ini berdampak ketika sedang melakukan praktik tentang materi yang diajarkan
siswa cenderung bingung untuk mempraktikkannya dikarenakan materi yang diajarkan hanya diterima dari
guru tanpa adanya motivasi dari siswa sendiri untuk memahami materi.
Kesimpulan
Berdasarkan hasil dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan dalam penerapan model
pembelajaran PBL berbantuan quizizz dengan model pembelajaran konvensional. Hasil data yang didapat
peneliti membuktikan bahwa penerapan model pembelajaran PBL berbantuan quizizz terbukti dapat
meningkatkan kemampuan hasil belajar siswa. Hal ini dibuktikan dengan nilai sig 0.009 pada kelas kontrol dan
0.000 pada kelas eksperimen. Direkomendasikan untuk penelitian selanjutnya dapat menggunakan kelas lain
selain kelas RPL untuk menguji kelayakan penerapan PBL berbantuan quizizz dalam meningkatkan hasil
belajar Saran kepada guru untuk menggunakan model pembelajaran PBL berbantuan quizizz sebagai opsi lain
model pembelajaran selain pembelajaran konvensional yang biasa dilakukan. Bagi siswa, model pembelajaran
PBL berbantuan quizizz dapat memudahkan siswa untuk mencerna ilmu.dan menambah motivasi siswa untuk
belajar
NAMA MAHASISWA: SYAHRUL RAMADHAN 198320700002
NAMA DOSEN PEMBIMBING: DR. RAHMANIA SRI UNTARI S.PD, M.PD
E-MAIL DOSEN PEMBIMBING: RAHMANIA.SRIUNTARI@UMSIDA.AC.ID